PKM Kelompok Industri Kreatif Pengrajin Limbah Kayu Untuk memperkuat Ekonomi Lokal di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo

Ludfi Arya Wardana
Misdiyanto Misdiyanto


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v7i1.1161

Abstract


Tujuan program PKM ditujukan kepada masyarakat produktif (UKM) di wilayah Kota Probolinggo Kecamatan Mayangan. UKM dimaksud yaitu bergerak dalam pengolahan limbah kayu milik Bapak Eko Nur Widyanto beralamat Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Permasalahan yang ada yaitu, lamanya proses pendesain, pemotong dan penghalusan kayu yang dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Belum optimalnya jaringan pemasaran yang dilakukan manual hanya perangkat hp dengan aplikasi facebook. Solusi kongkrit yang dilakukan pengusul untuk mengatasi permasalahan yaitu dengan membuat dan mendesain mesin pemotong kayu lasser, pembuatan website pemasaran dan pelatihan penggunaan website. Luaran dari program ini berupa mesin pemotong kayu lasser, website pemasaran, pelatihan penggunaan website pemasaran.

Kata Kunci: limbah kayu, mesin pemotong kayu lasser, website pemasaran


Article Metrics :

References


Arinana, Haneda, dkk. 2010. Eating Termites Palatability ofSome Composition Baiting as Media Life Nematodes Entomopathogen.Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia XIII; Bali, 10-11 Nov 2010. Bali : Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia. hlm 321-326.Direktorat Jenderal Perkebunan. 2008. Undang-undang No. 20 Tahun 2008 mengenai usaha mikro, kecil dan menengah, usaha mikro. 28 Juni 2018.Irawan. 2013. Volume dan klasifikasi limbah eksploitasi hutan. Jurnal Penelitian Hasil Hutan 3 (1): 27-31Rachman & Malik. 2011. Pemanfaatan Kayu Limbah Pemanenan Hutan. Suatu Tinjauan Dalam Rangka Optimasi Pemanfaatan Sumber DayaHutan. Info Hasil Hutan 6 (1): 17-24.