Aplikasi JANETRA (Jasa Pijat Tuna Netra) Untuk Penderita Cacat Netra

Sri Hariyani
Hari Lugis Purwanto
Trija Fayeldi - [ http://orcid.org/0000-0001-8564-7898 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i2.1756

Abstract


Pemerintah melalui panti rehabilitasi bina netra menyediakan sarana pelatihan pijat bagi penyandang cacat tuna netra. Namun, masalah mulai muncul ketika terapis telah menjadi juru pijat dan siap bekerja, terapis penyandang cacat tuna netra harus berjuang menghadapi situasidi masyarakat yang penuh dengan persaingan. Ini karena profesi pijat tidak hanya ditekuni oleh para penyandang cacat tuna netra, melainkan juga ditekuni oleh orang-orang non disabilitas. Solusi dari permasalahan tersebut adalah penyediaan aplikasi layanan pijat tuna netra berbasis website. Adapun target luaran berupa website aplikasi janetra (layanan pijat tuna netra). Metode pelaksanaan meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Pada tahap persiapan, pengabdi melakukan konsultasi rancangan aplikasi pijat tuna netra kepada ahli IT. Pada tahap pelaksanaan, Tim merancang website aplikasi janetra. Pada tahap evaluasi, website janetra kemudian disosialisasikan kepada terapis penyandang cacat tuna netra. Tindaklanjut sosialisasi adalah pelatihan penggunaan aplikasi bagi admin. Untuk penyempurnaan hasil pelatihan, tim melakukan perbaikan website janetra sesuai masukan.

Kata kunci: terapis pijat; tuna netra; website; aplikasi janetra


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Alexander, J., Bambury, E., Mendoza, A., Reynolds, J., Veronneau, R., & Dean, E. (2012, December). Health education strategies used by physical therapists to promote behaviour change in people with lifestyle-related conditions: A systematic review. Hong Kong Physiotherapy Journal. https://doi.org/10.1016/j.hkpj.2012.07.003

Awal, R., Wahyuni, S., Sari, M., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi EDMODO bagi Guru SMP dan SMA Smart Indonesia Pekanbaru. Universitas Lancang Kuning; Jl. Yos Sudarso KM 8 Rumbai, Telp, 3(1), 5310853236.

Bervoets, D. C., Luijsterburg, P. A. J., Alessie, J. J. N., Buijs, M. J., & Verhagen, A. P. (2015). Massage therapy has short-term benefits for people with common musculoskeletal disorders compared to no treatment: A systematic review. Journal of Physiotherapy, 61(3), 106116. https://doi.org/10.1016/j.jphys.2015.05.018

Bezner, J. R. (2015). Promoting Health and Wellness: Implications for Physical Therapist Practice. Physical Therapy, 95(10), 14331444. https://doi.org/10.2522/ptj.20140271

Fadiana, M., & Citra Dewi Rosalina. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940

Field, T. (2019, March 1). Social touch, CT touch and massage therapy: A narrative review. Developmental Review. Mosby Inc. https://doi.org/10.1016/j.dr.2019.01.002

Hall, H., Munk, N., Carr, B., Fogarty, S., Cant, R., Holton, S., Lauche, R. (2020). Maternal mental health and partner-delivered massage: A pilot study. Women and Birth, 111. https://doi.org/10.1016/j.wombi.2020.05.003

Hariyani, S., Kartika, E., & Sari, W. (2018). Kemitraan Masyarakat Bersama Kelompok Pendamping Anak Autis di Kota Malang. PEDULI - Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 19.

Kennedy, A. B. (2020). Equity, Diversity, and Inclusion in the Massage Therapy Profession. International Journal of Therapeutic Massage and Bodywork, 13(3), 15. Retrieved from https://www.ijtmb.org/index.php/ijtmb/article/view/571/599

Murniasih, T. R., Hariyani, S., & Ferdiani, R. D. (2019). Pelatihan Penggunaan Buku Saku untuk Membangun MinatBelajar Siswa SMP. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , 3(1), 9699.