Penguatan Strategi Pemasaran Dan Pengolahan Produk Secara Inovatif Sebagai Optimalisasi Eksistensi BUMDes Dan Pelaku UMKM di Era New Normal

Andreas Andrie Djatmiko
Bayu Cahyoadi


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i2.1792

Abstract


ABSTRAK

Sejumlah upaya pemerintah untuk mempertahankan dan mengembangkan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya yang ada di daerah pedesaan telah dilakukan. Namun dalam kenyatannya, akselerasinya sangat variatif sehingga diperlukan upaya terus menerus, apalagi dalam konteks kekinian. Sejak adanya Pandemic Covid-19 atau lebih tepatnya di era new normal ini upaya penguatan strategi pemasaran dan pengolahan produk secara inovatif perlu dilakukan oleh pemangku kebijakan yang ada di desa dalam rangka mengembangankan ekonomi desa. Salah satunya adalah dengan cara membentuk lembaga profesional seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mana selain bertujuan untuk melayani masyarakat, sisa hasil usahanya dapat pula menambah sumber pendapatan desa. Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu desa yang mempunyai sebuah potensi dalam menguatkan strategi pemasaran dan pengolahan produk-produk lokalnya secara inovatif yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM yang ada di desa tersebut. Namun memang harus diakui belum optimalnya Eksistensi BUMDes dan pelaku UMKM yang ada di desa Gondosuli menyebabkan potensi pemasaran dan pengolahan atas produk-produk lokalnya menjadi kurang maksimal. Melalui program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam menguatkan strategi pemasaran dan pengolahan produk-produk yang telah dihasilkan oleh masyarakat desa Gondosuli secara inovatif sebagai wujud dari optimalisasi eksistensi BUMDes dan para pelaku UMKM yang ada di desa Gondosuli khususnya pada era new normal ini.

Kata Kunci: Penguatan Strategi Pemasaran Dan Pengolahan Produk Secara Inovatif, Optimalisasi Eksistensi Bumdes Dan Pelaku UMKM Di Era New Normal

Article Metrics :

References


DAFTAR PUSTAKA

Ridlwan, Zulkarnain. (2014). Urgensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pembangun Perekonomian Desa. Jurnal Ilmu Hukum, Volume 8 Nomor 3.

Mahpud, Sujai. (2019). Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Desa Melalui Pembangunan Badan Usaha Milik Desa. Prosiding Seminar Nasional Bagian II Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI Revolusi Industri 4.0 dan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

UU No 18 Tahun 2012 tentang Pangan

Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu dan Gizi Pangan

Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia Nomor Hk.03.1.23.04.12.2205 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.

Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Industri Rumah Tangga Pangan.

Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kabupaten Tulungagung

Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2015 tentang Pedoman Pendirian Dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa

(https://radartulungagung.jawapos.com/read/2020/09/25/215712/pemkab-tulungagung-luncurkan-marketplace-lapakumkm)

(https://surabaya.tribunnews.com/2019/09/23/dinkes-tulungagung-dorong-produsen-makanan-dan-minuman-punya-izin-bpom-urusnya-mudah)