Modul Pembelajaran Berdasarkan Masalah ( Problem-Based Instruction) Dilihat Dari Gaya Belajar Dan Kecerdasan Emosional

RATRI CANDRA HASTARI


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v4i2.602

Abstract


A

Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: untuk meningkatkan pengetahuan mengenai model pembelajaran, kecerdasan emosional, maupun gaya belajar peserta didik kepada pendidik dan mahasiswa program studi pendidikan matematika pada matakuliah microeaching sebagai calon pendidik dan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa program studi pendidikan matematika pada matakuliah microeaching sebagai calon pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif. Metode yang dipilih dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah pembuatan modul untuk mata kuliah microteaching dengan materi pembelajaran berdasarkan masalah, kecerdasan emosional anak, dan gaya belajar anak. Mahasiswa akan diberikan modul ini sebagai modul pendamping buku pedoman microteaching. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Modul Pembelajaran Berdasarkan Masalah ( Problem-Based Instruction) Dilihat Dari Gaya Belajar Dan Kecerdasan Emosional. Modul model pembelajaran berdasarkan masalah dilihat dari gaya belajar dan kecerdasan emosional bisa digunakan sebagai modul pendamping mahasiswa magang.

Kata kunci : Modul, PBI, Gaya Belajar, Kecerdasan Emosional


Article Metrics :

References


Baharudin. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

De Porter, Bobby dkk. 2009. Quantum Teaching. Bandung: kaifa.

Ibrahim, Muslimin dan Nur, Mohamad. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya : University Press. Unesa.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja o persada

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT rineka Cipta.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo persada

Uno, Hamzah. 2014. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.