Pemberian Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Kepada Anak Asuh di Panti Asuhan Yatim Ahmad Yani Al Muslimun Tulungagung

TITIK LINA WIDYANINGSIH
BASIRON BASIRON


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v4i1.632

Abstract


Pentingnya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional merupakan hal tidak bisa kita pungkiri. Tuntutan semacam ini membawa dampak yang besar dalam dunia pendidikan khususnya. Oleh sebab itu, di Indonesia pengajaran Bahasa Inggris telah dilaksanakan mulai dari Sekolah Dasar hingga tingkat universitas agar nantinya generasi bangsa Indonesia diharapkan siap terhadap tantangan di era globalisasi. Di sisi lain, muncul berbagai lembaga kursus Bahasa Inggris yang memasang tarif begitu fantastis. Kesenjangan ekonomi dalam masyarakat menjadikan Bahasa Inggris tidak dapat dinikmati oleh semua orang, terutama masyarakat ekonomi bawah. Diperlukan suatu wadah yang dapat memberikan alternatif pemecahan masalah, yaitu adanya kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris secara gratis, namun tidak mengabaikan faktor kualitas hasil dan indahnya proses. Anak asuh di Panti Asuhan Yatim Ahmad Yani Al Muslimun pun merasakan hal yang sama. Banyak dari mereka yang berminat belajar Bahasa Inggris diluar jam sekolah namun kondisi yang ada sangat tidak memungkinkan bagi mereka untuk melakukannya. Oleh sebab itulah maka pengabdian masyarakat ini merupakan hal yang sangat tepat sasaran untuk dilakukan.

Kata kunci: Bimbingan Belajar, Bahasa Inggris, Anak Asuh di Panti Asuhan


Article Metrics :

References


Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Brown, James Doan, (1995) The Elements of Language Curriculum: a Systematic Approach to Program Development. Boston, U.S.A: An International Thomson Publishing Company.

Degeng, I Nyoman Sudana, (2013) Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Arasmedia.

Dick, Carey & Carey. (2009) The Systematic Design of Instruction.United States of America: Pearson.Edu

Himpunan Peraturan Perundang-undangan tentang Perlindungan. (2002). Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak, Departemen Sosial RI.

Muchti. (2000). Pandangan Umum Mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori Terkait. [on-line]. http://library.gunadarma.ac.id/go.php?id=jiptumm-gdl-sl-2003.

Richey,R.,Klein & Tracey. 2011. The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research, and Practice. New York. Routledge

Santoso, Harianto. (2005). Disini Matahariku Terbit. Jakarta: PT Gramedia.

Sharifian, Farzad (2009). English as International Language. Great Britain: MPG Books ltd.