PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN HYZINE-FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYA DI KELAS IV SD

Muhammad Hamzah Haiban
Novanita Windhi Arini


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.8815

Abstract


Penelitian difokuskan untuk pengembangan e-modul berbantuan Hyzine-flipbook pada mata pelajaran IPAS materi Gaya untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data diperoleh menggunakan angket dan tes yang melibatkan validasi ahli dan uji coba siswa di SDN 10 Johar Baru Pagi dan SDN Menteng Atas 01 Pagi. Data penelitian menginterpretasikan pengembangan e-modul mencapai kelayakan sangat baik dengan rata-rata persentase validasi 92% dari tiga ahli. Efektivitas pembelajaran terbukti melalui peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, dengan peningkatan 42% di SDN Johar Baru 10 Pagi dan 59% di SDN Menteng Atas 01 Pagi. Uji coba respons siswa menunjukkan umpan balik positif dengan persentase di atas 85%, mengindikasikan tingginya minat dan motivasi terhadap teknologi flipbook dalam pembelajaran. E-modul berhasil mengatasi permasalahan pembelajaran IPAS melalui penyajian konten interaktif, visual menarik, dan kemudahan akses. Media ini berkontribusi positif mendukung pembelajaran mandiri, memfasilitasi berbagai gaya belajar siswa, dan membantu guru menyampaikan materi lebih efektif. Model ADDIE terbukti sistematis dan sesuai untuk menghasilkan media pembelajaran digital berkualitas.

Keywords


e-modul; Hyzine-flipbook; pendidikan; media

Article Metrics :

References


Agung Pribowo, M., Hadiati, E., & Sufian, M. (2024). Pengembangan E-Modul Pendidikan Agama Islam Interaktif Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. 6(4), 1163–1177. https://doi.org/10.19109/tadrib.v60i4

Ayuardini, M. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook pada Pembahasan Biologi. Faktor Exacta, 15(4), 259. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i4.14924

Brenda, R., 1, S., Budiono, H., Guru, P., Dasar, S., Jambi, U., Kunci, K., Pengembangan, :, & Ajar, B. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Web pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 1341–1349. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.414

Budiati, Y. M., & Muhadi, FX. (2022). PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (LINTAS MINAT) DI SMA NEGERI 1 KALASAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(2), 1–10. https://doi.org/10.24071/jpea.v15i2.4600

Fadhilah, R., & Mulyani, P. K. (2024). Developing Problem-Based Learning Flipbook Media to Enhance Natural Sciences Education in Fifth Grade. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 7322–7331. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.7804

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127

Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024a). Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Vokasi dan Pengembangan Guru. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68–82. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.47

Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024b). Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Vokasi dan Pengembangan Guru. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68–82. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.47

Hariyasasti, Y. (2025). Literasi Teknologi dan Pemanfaatan Alat Digital di Sekolah Dasar. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL, POLICY AND LAW (IJOSPL), 6(3). https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.8888/ijospl.v6i3.196

Hartutik, A. R. (2024). Pengembangan Wordwall: Inovasi Media Pembelajaran Digital Terintegrasi Hartutik1, Rapita Aprilia2. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2). https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.58230/27454312.564

Herzegovina, L., Laurensia M. Perangin Angin, Simbolon, N., Sitohang, R., & Mailani, E. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 9 Subtema 3 SDN 107418 Bangun Sari Baru T.A 2022/2023. Journal of Student Developement Information System (JoSDIS), 3 Nomor 2, 189–198.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Melati, E., Dara Fayola, A., Putu Agus Dharma Hita, I., Muh Akbar Saputra, A., & Ninasari, A. (n.d.). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 06(01), 732–741.

Muliana, A., Damayanti, S., Nurmayanti, N., & Syamsunir, S. (2024). Development of science flipbook to increase student learning activities. Journal of Research in Instructional, 4(2), 333–344. https://doi.org/https://doi.org/10.30862/jri.v4i2.424

Nengsih, D. , F. W. M. J. D. D. (202 C.E.). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka (Dona Nengsih; Winda Febrina; Maifalinda; Junaidi). https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.35446/diklatreview.v8i1.1738

Oktavia Sukmana. (2024). Analisis Permasalahan Belajar Matematika Siswa SD Negeri Cikampek Kota. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 81–87. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2918

Prameswari, C., Pinkan Amita T.P, S.Pd., M. P., & Naniek Kusumawati, S.Pd., M. Pd. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Menambah Pemahaman Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Siswa Kelas V SDN Glonggong 04 Kabupaten Madiun. Jurnal Perseda, VI(3), 162–171. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v6i2.2113

Rahma, D., Nupus Ihwani, N., & Sofia Hidayat, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.13298

Ristiantita, M., Sari, A. Y., Azahra, N. A., Winarsih, I. O., Alkhoiri, M. F., Mubarak, M. F., & Mayarni, M. (2024). Analisis Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Kelas 5. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.290

Setiadi, H. (2020). SISTEM PEREDARAN DARAH Pengayaan Materi IPA SD Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Science. Sistem Peredaran Darah, 1, 36.

Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Perkembangan Sosial Aud Berbasis Karakter Menggunakan Software Flipbook Maker. Inspiratif Pendidikan, 10(2), 1. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.23519

Syamsiani. (2022). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI PENYALUR PESAN Syamsiani STIT Misbahul Ulum Gumawang. Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 1–10. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.274

Wardatun Nisa, A., & Dewi Purwati, P. (2024). PENERAPAN E-FLIPBOOK BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04

Wiratman, A. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK TEMA elektronik . E-modul memegang peran penting dalam pembelajaran . Penggunaan e-modul agar peserta didik lebih berminat dan tertarik untuk membaca modul , karena modul elektronik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1432–1440. https://doi.org/https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.897

Wisnu Pramana, M., Nyoman Jampel, I., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 8, Issue 2). https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921


Tips Main yang Aman dan Seru

judi bolavipbet88vipbet88bolago88