PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBASIS MEDIA KARTU BERGAMBAR MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS III SDN 130/II PASIR PUTIH

Siska Siska
Sundahry Sundahry
Elvima Nofrianni


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.8825

Abstract


Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perolehan belajar IPAS siswa kelas III SDN 130/II Pasir Putih, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi yang disebabkan oleh kurangnya variasi metode belajar serta minimnya penerapanmedia yang menarik. Kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh peran aktif pendidik, sementara peserta didik cenderung pasif dan mudah kehilangan minat. Berangkat dari kondisi tersebut, penelitian ini diarahkan untuk mengoptimalkan proses serta capaian pembelajaran IPAS dengan penerapan metode kooperatif tipe “Make A Match” yang mengintegrasikan media kartu bergambar. Pendekatan kajian yang dipakai ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan partisipan sebanyak 14 siswa kelas III di SDN 130/II Pasir Putih. Temuan penelitian menunjukkan adanya perkembangan signifikan dalam keterlibatan proses pembelajaran maupun hasil akhir belajar siswa. Aktivitas pendidik meningkat dari level “Baik” pada siklus pertama ke level “Sangat Baik” di siklus kedua. Partisipasi peserta didik pun menunjukkan peningkatan, yang terlihat dari bertambahnya jumlah siswa dengan kategori “Sangat Baik”, dari 3 orang menjadi 7 orang. Tingkat ketuntasan capaian belajar IPAS juga terdapat lonjakan dari 64,29% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II. Sebagaimana data tersebut, dapat menyimpulkan bahwasanya strategi pembelajaran kooperatif “Make A Match” berbasis kartu bergambar terbukti efektif dalam memajukan kualitas proses serta capaian belajar siswa kelas III di SDN 130/II Pasir Putih.

Keywords


Make A Match; kartu bergambar; hasil belajar; kognitif; IPAS

Article Metrics :

References


Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662 ISSN

Apdoludin, Saleh, K., Hamzah, I., Zunarti, R., Nafis, M., & Kurniawan, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach. DEEPUBLISH. www.penerbitdeepublish.com

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta.

Arisa, siti nur. (2018). ANALISIS AKTIVITAS PESERTA DIDIK DAN GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH. 96–103.

Arsini, K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 173–184. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46323

Efendi, F. K., & Suastra, I. W. (2023). Implementation of The Independent Curriculum in Elementary Schools. 2(56), 149–153. https://doi.org/https://doi.org/10.56855/ijcse.v2i2.363

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Ilmiyati, N., & maladona, adi. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Konsep Dasar Kurikulum Prototipe) (efitra (ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=Q7OpEAAAQBAJ

Jasiah, J., Mayasari, M., Haniko, P., Munisah, E., Pebriani, E., Apriza, B., & Hita, i putu agus dharma. (2023). Media Kartu Bergambar untuk Anak Usia Dini : Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Motivasi Belajar ? 7(6), 7149–7157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5599

Nikma, A. K., Mustafa, & Hadis, A. (2022). KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID AUTIS KELAS III DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR “The Use Of Picture Words On The Beginning Of Reading Ability In Class Iii Autist Students in SLB Negeri 1 Makassar.” Pinisi Journal of Education, 2(4). http://eprints.unm.ac.id/23216/1/PJE 2021%28ANNISA KHAERUL NIKMA%29.pdf

Putra, i ketut dedi agung susanto, & Widiari, P. R. (2024). PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 ABUAN. 6(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i2.184

Rofiq, muhammad aunur. (2020). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD). (H. Ibda (ed.)). CV. Pilar Nusantara.

Rusman. (2019). Model-model Pembelajaran. PT. Raja grafindo persada.

Sahrul, Marfu’ah, S., Afiyah, A., Amaliyah, S., Khotimah, W. J. H., Nabilah, S. V., & Kusbiantari, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Aud di TK Kusuma Indonesia Kabupaten Temanggung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4). https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.650

Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. In Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Suhelayanti, Syamsiah, Z., Rahmawati, I., Kunusa, wiwin rewini, Suleman, N., Nasbey, H., Tangio, julham s, & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). yayasan kita menulis.

Sumarni. (2021). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyesuaian Diri Dengan Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1281

Yuliyanto, A., Sofiasyari, I., Fasrikhin, L., & Rogibah. (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Sekolah Dasar. In ahmad abdul Rochim (Ed.), CV Eureka Media Aksara (cetakan pe). CV Eureka Media Aksara.


Tips Main yang Aman dan Seru

judi bolavipbet88vipbet88bolago88