Pengembangan Kapasitas Media Terhadap Pondok Pesantren Daarul Hidaayah
Abstract
ABSTRAK
Pesantren berperan strategis dalam pendidikan Islam di Indonesia, baik dalam hal pengembangan karakter maupun pembinaan sumber daya manusia yang berakhlak mulia. Namun, di era digital, pesantren menghadapi tantangan besar untuk tetap relevan di masyarakat dan secara efektif menanamkan nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis upaya pengembangan media di Pondok Pesantren Darul Hidayah dalam rangka mendukung kegiatan belajar mengajar, dakwah dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan participatory action research (PAR) yang mana penekanannya pada partisipasi aktif anggota masyarakat di setiap tahap penelitian telah menjadikannya pendekatan yang populer dalam pekerjaan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan kapasitas media di Pondok Pesantren Darul Hidayah meliputi peningkatan keterampilan dalam manajemen media, pengadaan infrastruktur media yang tepat, dan pengembangan media digital untuk menyampaikan informasi tentang pondok pesantren. Memposisikan pesantren sebagai lembaga pendidikan modern. Oleh karena itu, pengembangan media diharapkan dapat memberikan model yang dapat digunakan oleh pesantren lainnya untuk menjawab tantangan era digital, tanpa meninggalkan nilai-nilai tradisional yang menjadi identitas pesantren.
Kata kunci: Pengembangan, Media, Pondok Pesantren
ABSTRACT
Islamic boarding schools play a strategic role in Islamic education in Indonesia, both in terms of character development and fostering noble human resources. However, in the digital era, pesantren face great challenges to remain relevant in society and effectively instill Islamic values. The purpose of this research is to analyze the media development efforts at Darul Hidayah Islamic Boarding School in order to support teaching and learning activities, da'wah and communication. This research uses a participatory action research (PAR) approach whose emphasis on the active participation of community members at every stage of the research has made it a popular approach in community service work. This research found that media capacity building at Darul Hidayah Islamic Boarding School includes improving skills in media management, procuring appropriate media infrastructure, and developing digital media to convey information about the boarding school. Positioning the pesantren as a modern educational institution. Therefore, media development is expected to provide a model that can be used by other pesantren to answer the challenges of the digital era, without leaving the traditional values that are the identity of pesantren.
Keywords: Development, Media, Boarding SchoolFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aeif Zunaidi, S. M. (2024). METODOLOGI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. (U. S. Hidayatun, Penyunt.) Yayasan Putra Adi Dharma.
ufriyah, D. P. (Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022). Penggunaan Media Sosial Dikalangan Santri Pondok Pesantren Al-Batoqiah. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika.
Zuhud Rozaki, N. R. (2023). PENGEMBANGAN KAPASITAS MEDIA DIGITAL. Abdimas Galuh.