PENGARUH GAME ONLINE DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKN 2 TULUNGAGUNG.

Fahri Zulviyan
Rico Andhika Putra
Yelma Dianastiti


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v2i1.8318

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penggunaan game online dan media sosial terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Tulungagung, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi nilai akademik. Sampel terdiri dari 100 siswa kelas X dan XI jurusan Teknik Ototronik yang dipilih secara acak sederhana. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS IBM Statistic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan game online berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai r = 0,239 dan R² = 0,057, serta t = 2,440 dan sig. = 0,016 < 0,05; (2) penggunaan media sosial juga berpengaruh positif dan signifikan, dengan r = 0,518 dan R² = 0,269, serta t = 6,001 dan sig. = 0,000 < 0,05; dan (3) secara simultan, game online dan media sosial memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan R = 0,519, R² = 0,269, F = 17,834, dan sig. = 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital seperti game online dan media sosial memiliki pengaruh yang berarti terhadap prestasi belajar, baik secara individu maupun gabungan. Oleh karena itu, dibutuhkan bimbingan dan kontrol dari pihak sekolah dan orang tua untuk memastikan pemanfaatan yang positif dalam mendukung keberhasilan akademik siswa.Isi abstrak harus merangkum ringkasan ruang lingkup, tujuan, metode, data, hasil dan kesimpulan utama dari tulisan.

Article Metrics :

References


S. W. Adiningtiyas, “PERAN GURU DALAM MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE,” KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, vol. 4, pp. 28-40, 2017.

S. Marisa, “PENGARUH MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN SISWA UPAYA MENGATASI PERMASLAHAN BELAJAR,” Tausiah: Jurnal Hukum, Pendidikan, dan Kemasyarakatan, vol. 9, pp. 20-27, 2019.

T. R. Ariantoro, “DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PELAJAR,” JUTIM, vol. 1, pp. 45-50, 2019.

A. Budhiman dan H. Purnomo, “PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD,” Khazanah Pendidikan, vol. 16, pp. 99-103, 2022.

A. Achadah dan E. L. Sari, “GAME ONLINE TERHADAP PERUBAHAN AKHLAK,” Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, vol. 3, pp. 222-232, 2022.

A. Suryaningsih, “DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK,” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, vol. 7, pp. 1-10, 2020.

R. J. Diebert, “The Road to Digital Unfreedom: Three Painful,” Jurnal of Democracy, vol. 30, pp. 25-39, 2019.

Q. Aini, H. dan S. , “Hubungan Media Sosial TikTok Terhadap Konsentrasi Belajar,” At-Taujih: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, vol. 2, pp. 1-12, 2023.

E. Namaziandost dan M. Nasri, “The Impact of Social Media on EFL Learners’ Speaking Skill:,” Journal of Applied Linguistics and Language Research, vol. 6, pp. 199-215, 2019.

Y. Zendrato dan H. O. N. Harefa, “Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 1, p. 139–148, 2022.

M. Transmawati dan W. Sartika, “PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR REMAJA,” Jurnal Universitas PGRI Palembang, pp. 650-657, 2019.

N. P. Putri, F. Yasmi dan R. Kardo, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta,” Journal on Education, vol. 5, pp. 13710-13717, 2023.