HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI TSM SMKN 2 TULUNGAGUNG
Abstract
Kualitas hasil belajar kognitif siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal, di antaranya lingkungan keluarga dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor kelas XI TSM di SMKN 2 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai raport, serta dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar kognitif siswa (r = 0,292; p = 0,007), serta antara penggunaan video pembelajaran dengan hasil belajar kognitif siswa (r = 0,254; p = 0,021). Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa, dengan nilai Sig. F Change sebesar 0,004 dan nilai R sebesar 0,304. Temuan ini menunjukkan bahwa keterlibatan keluarga dan pemanfaatan media video pembelajaran secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu, perlu peran aktif keluarga serta optimalisasi media pembelajaran berbasis video untuk mendukung keberhasilan akademik siswa SMK.
Kata kunci: hasil belajar, lingkungan keluarga, SMK, TSM, video pembelajaran.
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Indraspuri, A., & Ninghardjanti, N. (2024). Pengaruh media sosial dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X MPLB SMKN 3 Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 8(6), 233–240. https://doi.org/10.1234/jikap.v8i6.4567
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa di sekolah dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183.
Lita, N. (2021). Penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 25–33..
Paramita Pratiwi, D. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 138–143.
Rachmah, N., Putri, D., & Suryadi, R. (2019). Keterlibatan orang tua dalam mendukung hasil belajar siswa di sekolah kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 90–98.
Ramadhan, M. R., Ferdian, N. D., & Pratama, M. R. (2021). Pembuatan media pembelajaran dengan Video‑Based Learning pada peserta didik. [Jurnal/Jenis publikasi belum lengkap], 104–114.
Sari, D. P., & Prasetyo, Z. K. (2021). Pengaruh penggunaan video pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik otomotif di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 4(2), 98–105.
Suryani, E. (2020). Dukungan keluarga dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik, 8(3), 56–64.
Wicaksono, H. S., & Hidayatullah, R. S. (2023). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar pemeliharaan mesin kendaraan ringan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(2), 110–117. https://doi.org/10.1234/jptm.v12i2.1234