PENGEMBANGAN MODUL HARD MIMIC SIMULATOR MATA PELAJARAN SISTIM PENDORONG KAPAL PERANG REPUBLIK INDONESIA

Muhammad Suprapto
M. Subandowo
Atiqoh Atiqoh


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2474

Abstract


Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sebuah modul hard mimic simulator pada mata pelajaran sistem pendorong Kapal Perang Republik Indonesia agar para taruna dapat mudah memahami penerapan yang ada dilapangan dengan praktis dan tepat. Harapan adanya penelitian dan pengembangan ini dapat menumbuhkan motivasi membaca taruna untuk mempelajari konsep konsep dasar dan langkah kerja penggunaan hard mimic simulator. Para taruna tidak diperbolehkan membawa handphone dan laptop ketika menjalani pendidikan sehingga modul ini dibuat semenarik mungkin berupa buku cetak full color untuk menumbuhkan minat baca para taruna yang sedang menjalani pendidikan. Adapun tahapan pengujian validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli isi, uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan 9 tahapan saja karena keterbatasan kondisi dan situasi pandemi saat ini. Sasaran penelitian ini merupakan Taruna Korps Teknik Akademik Angkatan Laut Surabaya. Hasil validasi modul hard mimic simulator dari para ahli diantaranya yaitu ahli desain pembelajaran dengan rata-rata 85%, dan hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 84% Sedangkan pengujian teman sejawat dengan hasil rata-rata 86%, pada pengujian kelompok kecil memperoleh dengan rata-rata 90%, dan pada pengujian kelompok besar memperoleh 91%. Berdasarkan hasil validasi para ahli dan uji coba yang telah dilakukan maka modul hard mimic simulator pada mata pelajaran sistem pendorong Kapal Republik Indonesia ini dinyatakan layak dan dapat digunakan oleh taruna Korps Teknik Akademik Angkatan Laut Surabaya dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Buku petunjuk Pengasuhan Taruna Akademi TNI AL yang disahkan berdasarkan Keputusan Gubernur AAL nomor Kep/02/I/2014

Buku petunjuk pembinaan pendidikan TNI yang disahkan berdasarkan Keputusan Panglima TNI nomor Kep/23/VII/2005.

Keputusan Kasal Nomor 1039/VIII/2007 Tanggal 15 Agustus 2007 tentang Kurikulum Pendidikan Pertama Perwira TNI Angkatan Laut Tingkat Akademi (Pola 1 Tahun + 3 Tahun).

Muhammad H, Hasan H dan Said Iqbal. 2014. Perancangan Sistem Propulsi Kapal Perikanan Dengan Motor Penggerak Diesel-Elektrik. Celebes Ocean Science and Engineering Seminar. 138-145.

Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Skep/213/VI/2005 tanggal 1 Juni 2005 tentang Petunjuk Induk Pendidikan Prajurit TNI.

Abdul Majid, 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2011. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Setyosari, 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Malang: Kencana Prenada Media Group.

Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. 4 (2): 129-150.

Degeng, I.N.S. 1989. Teori Pembelajaran I: Taxonomy Variabel.Jakarta: Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Terbuka

Aminingsih dan Izzati Nur. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis STEM Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Education. 1 (2): 67-76.

Arifin Zaenal. 2017. Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal Theoremes. 2 (1): 28-36.

Ulwawiyah Idfi. Pengembangan Bahan Ajar Dan Implementasi Online Assessment Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D & 3D Untuk Kelas XI MM Di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Faculty of Education State University of Surabaya.

A Syafii, Mustaji, Achmad N.F (2021). Pengembangan flipbook sistem komputer menggunakan virtual library multiplatform bagi siswa smk. JIPI, 6(1) https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1595.

Susilo Agus, Siswandari dan Bandi. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N I Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Sosial. 1 (26): 50-56.

Kartikasari dkk. 2016. Konstruksi dan Validasi Model Desain Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Edu-Desain. 1 (5): 56-68.

Jayawardana dan Djukri. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA/MA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1 (2): 167-177.

Ariska D, Darmadi dan Murtafiah W. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Berbasis Metakognisi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Edumatica. 1 (8): 83-97.