PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER INSTRUCTION FLIPPED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA

Dewi Sukma Handriyati
I Nyoman Sudana Degeng
Nurmida Catherine Sitompul


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2482

Abstract


Permasalahan pembelajaran di SMP Negeri 6 Sidoarjo, kebanyakan siswa kurang antusias dalam literasi Sains. Hal ini di karenakan guru sering menggunakan strategi pembelajaran konvensional serta tanpa membuat perencanaan pembelajaran sebelumnya. Dari hasil belajar siswa kelas 7 pada materi Ilmu Pengetahuan Alam rata-rata belum memenuhi nilai Kreteria Ketuntasan Minimum. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya hal ini disebabkan oleh rendahnya minat baca siswa tentang materi Sains. Kenyataannya guru sudah memberikan tindakan pembelajaran dengan berbagai macam strategi pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik akan tetapi hasil belajar yang diperoleh tetap kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran peer instruction flipped terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri 6 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dan populasi penelitian di SMP Negeri 6 Sidaorjo dengan sampel 80 siswa secara random. Berdasarkan analisis hasil diperoleh nilai F hitung untuk strategi pembelajaran peer instruction flipped dengan strategi konvensional adalah 86,52. Sedangkan F tabel dF1 = 2, dF2= 5.37 adalah 6,01, dengan tingkat signifikan 0,001 < 0,05. Maka berarti Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara penerapan strategi pembelajaran peer instruction flipped terhadap literasi Sains pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri 6 Sidoarjo.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Budiyanto, M., Sudibyo, E., & Qosyim, A. (2019). Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan E-Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), 82. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p82-86

Sitompul, N. (2012). Perilaku Komunikasi Nonverbal Guru Dalam Kelas Pembelajaran: Maknanya Bagi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(1), 3849.

Inzanah, I., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Smp. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(1), 459. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n1.p459-467

Noveriyanto, T. S., Sitompul, N. C., & Wiyarno, Y. (2020). The Development of Fin Swimming Instruction Package for Naval Cadets Academy. International Journal of ASRO, Volume 11 (02), pp 208220.

Degeng, I. N. S. dan Degeng, P.D.D (2018). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Yogya-karta: Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia.

Fudoil, M., Degeng, N., & Sitompul, N. (2019). the Impact of Creative Problem Solving Strategy Vs Learning Cycle Model and Cogni-tive Style on the Understanding of Comparison Concept. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 7482. https://doi.org/10.17977/um039v4i12019p074

Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4, 3849. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1638

Susanti, W., Supena, A., & Cahyana, U. (2020). Effect of Flippeed Classroom Models and Creative Thinking of Science Literation Stu-dents. Journal of Nonformal Education, 6(1), 5160. https://doi.org/10.15294/jne.v6i1.23936

Adhitiya, E. N. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampu-an Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7451

Uno, H. B. (1996). Pengaruh Strategi Pengajaran dan gaya Kognitif Terhadap Perolehan Belajar Geometri di Sekolah Menengah Umum. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 3, pp. 211227).

Ruswana, A. M. (2019). Appl?cat?on Of Fl?pped Classroom Learn?ng Models W?th Peer Instruct?on Fl?pped Type To Improve The Math-emat?cal Problems Solv?ng Ab?l?ty Of Pre- Prosperous Students. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 168183.

Syamsiah,Puspitawati,Widodo (2012). Kualitas Instrumen Penilaian Literasi Sains Siswa kelas VII pada materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Sains, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Sains

Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates eval-uation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026

Hariapsari, K. W. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Suhu dan Perubahannya. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 4(02), 15.

Johnson, Graham Brent. 2013. Student Perceptions Of The Flipped Classroom. University of British Columbia. http://hdl.handle.net/2429/44070.

Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta. Fairuz Media

Rindaningsih, I. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 5160. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1380

Andriyani,Suhendri (2019) . Model Flipped Classrom menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pemberdayaan: Pub-likasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 287292.

Degeng,INS (2013).The science of variable classification development for the development of theory and research.Bandung :Aras Media

Yuliyatno, Mustaji, & Sitompul, N. C. (2019). Exploring the implementation of weblog-based flipped classroom in teaching civics: Is it feasible and effective? International Journal of Instruction, 12(4), 239250. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12415a

Rusdi, R., Evriyani, D., & Praharsih, D. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Instruction Flip Dan Flipped Classroom Ter-hadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1519. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.3

Ridha, M., Setyosari, P., Kuswandi, D., Universitas, T. P., & Malang, N. (2016). Pengaruh Flipped Mastery Classrom Kognitif Maha-siswa. Jurnal Pendidikan,1(2),655661. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6211/2646