PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA PADA MATERI STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Laila Mufida
Marianus Subandowo Subandowo
Wawan Gunawan


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2498

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan dasar tujuan pengembangan e-modul Kimia khususnya materi struktur atom. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D model (Define, Design, Development, and Diseminate). Untuk mengukur kelayakan dari e-modul yang disusun dilakukan proses validasi ahli dan uji kelayakan produk. Uji validasi ahli melibatkan 1 ahli materi, 1 ahli desain pembelajaran dan 1 ahli media pembelajaran. Ahli media menguji kelayakan aplikasi e-modul, ahli desain menguji kelayakan desain e-modul dan ahli materi menguji kedalaman materi struktur atom. Uji kelayakan produk mengikutsertakan 3 siswa pada uji perorangan, 9 siswa pada uji kelompok kecil, serta pada uji lapangan melibatkan 21 siswa dan 1 guru Kimia untuk memberikan penilaian setelah menggunakan e-modul. Untuk memperoleh data pada proses validasi dan uji kelayakan digunakan angket. Setelah melalui uji kelayakan, e-modul diukur efektivitasnya pada pembelajaran di kelas selama 8 pertemuan dengan 34 siswa yang dipilih secara acak. Pada uji efektivitas, data diperoleh dengan melakukan pretest dan posttest. Data pada uji efektivitas dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Berdasarkan hasil validasi, ahli materi menilai 86,3%, ahli desain pembelajaran menilai 86,5% dan ahli media menilai 92,7%. Siswa dan guru kimia juga merespon positif terhadap pengembangan e-modul. Kelayakan e-modul sebesar 80,5% pada uji perorangan, 92,7% pada uji kelompok kecil dan 90,9% pada uji lapangan. Pada Uji efektivitas e-modul terbukti efektif dalam meningkatkan capaian belajar siswa

Keywords


Pengembangan E-modul Kimia, struktur atom, pembelajaran online, 4D model

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning Amid the COVID-19 Pandemic: Students Perspectives. Journal of Pedagogical Research, 1(2), 4551.

Akbar, P. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI di SMA Negeri 1 Banuhampu. Universitas Negeri Padang.

Alfiana, H. (2021). Peningkatan Model SAMR serta Penerapannya untuk Pembelajaran Online yang Mendalam. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42026

Alfiana, H., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Analisis Butir Tes Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pengetahuan Prosedural Grammar Bahasa Inggris. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran), 8(1), 12. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p020

Apriani, H., Rizkiana, F., & Khairunnisa, Y. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Zat dan Karakteristiknya. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 135148.

Arini, Y. S. W. E., Gunawan, W., & Subandowo, M. (2021). Pengembangan Modul IPA Terapan Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Pembelajaran Mandiri di SMK. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2).

Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2018). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN (Kajian Tahapan Penelitian & Pengembangan). Jakad Publishing.

Fatirul, N. A. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan: Kajian Tahapan Penelitian dan Pengembangan. CV. Zifatama Jawara

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fristi, R., Linda, R., & Azmi, J. (2020). Penerapan Strategi Belajar SQ4R untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Struktur Atom di Kelas X Mia SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 5(1), 3338.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Hanggara, Y., & Aini, R. N. (2020). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VIII Smpn 11 Bintan. JIPMat, 5(2), 240247. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.3962

Helsy, I., & Andriyani, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Kesetimbangan Kimia Berorientasi Multipel Representasi Kimia. Jurnal Tadris Kimiya, 2(1), 104108.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186.

Hirzan, L., & Yuhendri, M. (2020). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 142146.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264270.

Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. K. (2015). Likert scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), 396.

Leksono, I. P., & Fitriatien, S. R. (2021). Development of Mathematic Learning Set Based On Pedagogical Content Knowledge to Improve Mathematics Problem Solving Ability. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 159170.

Likert, R. (1932). A Technique for the Measurement of Attitudes. Archives of Psychology.

Linda, R., Zulfarina, Z., Masud, M., & Putra, T. P. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTS. Pendidikan Sains Indonesia, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom , Google Form , Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom , Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1626. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129

Mursanti, A. E., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dasar Tata Rias Wajah untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) Tata Rias. Edcomtech, 5(1), 7687.

Nikita, P. M., Lesmono, A. D., & Harijanto, A. (2018). Pengembangan E-modul Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA kelas XI. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 175180.

Nugroho, R., Mustaji, M., & Suhanadji, S. (2018). Development Learning Tools with CTL Approach for Elementary School Students. 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018) Development, 212, 137141.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi melalui e-modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1732.

Prayitno, M. A., Wijayanti, N., & Mursiti, S. (2017). Penerapan Modul Kimia Berpendekatan Chemoentrepreneurship untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup dan Motivasi Belajar. Journal of Educational Science and Technology, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.13951

Prihatiningtyas, S., & Tijanuddarori, M. W. (2021). Media Interaktif E-Modul Biologi Materi Virus Sebagai Pendukung Pembelajaran Daring di MAN 3 Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(3), 18.

Rahmah, L. H., Nurlaela, L., Maspiyah, M., & Rijanto, T. (2021). Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19: Implementasi Flipped Classroom Berbantuan Youtube Di Lembaga Pendidikan dan Keterampilan. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2060

Rejeki, H. W., Rufii, R., & Subandowo, M. (2019). Membangun Tingkah Laku Asertif Melalui Pengembangan Modul Teknik Soma Untuk Mencegah Dan Mengatasi Bullying. Jurnal Education and Development, 7(2), 241247.

Retnosari, D. S., & Hakim, L. (2021). E-Modul Interaktif Perbankan Syariah Sebagai Bahan Ajar Alternatif dalam Menunjang Perkuliahan Daring Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 206214.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran dan Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Di Sma Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 9097. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i2.2088

Sabila, A. A., & Gunawan, W. (2019). 21st century learning skills: The investigation of Indonesian students perspective on the use of duolingo as language learning strategy. ACM International Conference Proceeding Series.

Sadago, M. V. (2020). Penggunaan e-modul sebagai media pembelajaran daring dalam menunjang minat belajar siswa kelas IX. Universitas Pelita Harapan.

Sani, F. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Kimia (TTK) Berbasis Android pada Materi Struktur Atom untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA/SMK. Universitas Islam Indonesia.

Solikin, I. (2018). Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi).

Suardana, I. N., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Dasar Berbasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 6273.

Sujanem, R., & Suwindra, I. N. P. (2020). Efektivitas E-Modul Sukaberma dalam Uji Coba Terbatas untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Singaraja. Seminar Nasional Riset Inovatif.

Thiagarajan, S., Semmel, S. D., & Semmel, I. M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. ERIC.

Utari, R., Andayani, Y., Savalas, L. R. T., & Anwar, Y. A. S. (2021). Pemanfaatan Hasil Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Untuk Menanamkan Sikap Konservasi Lingkungan di Sekolah MAN 2 Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).

Wahyuni, D., Sari, M., & Hurriyah, H. (2020). Efektifitas E-Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 180189. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v6i2.1709

Warsih, W., Pohan, L. A., & Hasanah, U. (2019). Implementasi Stad Menggunakan Modul dan Handout terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 3(1), 2126.

Yuniarti, N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Vektor Berbasis Pembelajaran Elektronik. Edcomtech, 5(2), 162169.