PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK

Aria Wira Yudha
Mustaji Mustaji
Achmad Noor Fatirul


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2517

Abstract


Permasalahan beberapa guru di SMKN 1 Mojokerto mengeluhkan banyak siswa yang mengalami penurunan motivasi belajar selama masa pendemi covid 19 ini, hal ini bisa di lihat dari keaktifan siswa mengakses materi online yang di berikan oleh guru, tugas yang terlambat di kumpulkan atau bahkan tidak di kumpulkan sama sekali. Untuk itu perlu adanya inovasi pembelajaran baru yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa dimasa pandemi saat ini. Model pembelajaran Blended learning diharapkan menjadi solusi pembelajaran yang dilaksanakan dengan pembelajaran tatap muka (pembelajaran langsung) dan pembelajaran secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan berpikir kreatif pada siswa yang mengikuti model blended learning dan pembelajaran tatap muka di sekolah; (2) perbedaan antara motivasi belajar siswa tinggi dan motivasi belajar siswa rendah terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa; (3) interaksi blended learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yaitu dengan mengujicobakan suatu perlakuan/treatment. Dalam penelitian eksperimen, peneliti memanipulasi setidaknya satu variabel independen, dan variabel lain yang relevan sebagai variabel kontrol, dan mengamati efeknya pada satu atau lebih variabel dependen. Sasaran dalam penelitian ini pada siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK Negeri 1 Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021, sampel yang di gunakan dalam penelitian ini kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2. Dalam penelitian ini tes yang yang dilakukan adalah bentuk angket dan tes tertulis berupa tes subjektif dengan bentuk tes soal uraian. Nilai signifikansi pada interaksi antara Model Pembelajaran dan motivasi didapatkan nilai F hitung sebesar 15.881 dengan tingkat signifikan 0.000, perbandingan dengan F tabel dan taraf signifikan = 0.05; (15.881 > 3.89), sehingga dapat dijelaskan bahwa model pembelajaran dan motivasi memiliki pengaruh terhadap kemampuan beripikir kreatif. Artinya ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMKN 1 Mojokerto.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


D. pratiwi, pentingnya belajar bagi manusia, 2012. https://www.kompasiana.com/dianpraatiwi/551af50e813311ee7e9de272/pentingnya-belajar-bagi-manusia.

A. Abdullah, dampak pandemi covid-19 terhadap pendidikan indonesia, stiabi riyadlul ulum, 2020. Https://www.stiabiru.ac.id/artikel_dampak-pandemi-covid-19-terhadap-pendidikan-indonesia_id-57.html.

R. s. martini and n. aminah, dalam meningkatkan mutu pendidikan oleh :, vol. 20, no. 1, pp. 5974, 2009.

Kemdikbud, smk di semua zona boleh pembelajaran tatap muka untuk praktikum, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/smk-di-semua-zona-boleh-pembelajaran-tatap-muka-untuk-praktikum.

A. n. fatirul and d. a. walujo, desain blended learning. surabaya, 2020.

Abdullah, w. (2018). model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. fikrotuna, 7(1), 855866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Wardani, deklara nanindya, et.al. (2018). daya tarik pembelajaran di era 21 dengan blended learning jurnal kajian teknologi pendidikan, 1(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852.

S. hadi, meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online akibat pandemi covid-19, lpmp lampung, 2020. https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-pembelajaran-online-akibat-pandemi-covid-19.

A. padma and r. sukanesh, meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online akibat pandemi covid-19, autom. classif. segementation brain tumor ct images using optim. domin. gray llvel run length texture featur., vol. 2, no. 10, pp. 5359, 2011.

P. produktif and d. i. smk, pengaruh model project based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran produktif di smk, vol. 06, pp. 5864, 2021.

L. sunadi, pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas xi ips di sma muhammadiyah 2 surabaya, j. pendidik. ekon., pp. 119, 2010.

D. supriyatni, pengaruh pemberian penghargaan terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di smk negeri 1 cimahi, j. edukasi sebel. april, vol. 3, no. 1, pp. 4757, 2019, [online]. available: https://jurnal.stkip11april.ac.id/index.php/jesa/article/view/65.

G. hermansyah and herayanti lovy, pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap, j. pendidik. fis. dan teknol., vol. i, no. 2, pp. 24076902, 2015, [online]. available: http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/jpft/article/view/242.

Sumartini, tina sri. (2015). peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah mosharafa: jurnal pendidikan matematika, 4(1). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1.

S.,eko putro, w. (2020). teknik penyusunan instrumen penelitian (delapan). pustaka pelajar.

Fatirul, noor, a., & rufii. (2020). evaluasi dan pengukuran (wiryokusumo;iskandar (ed.); 2020th ed.). adibuana universitas press.