SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PERENCANAAN BANGUNAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FRAMEWORK CODEIGNITER 3

Sawindri sawindri Sawindri
Agung Triayudi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2557

Abstract


Estimasi perencanaan perhitungan biaya bangunan yang akan dibutuhkan nantinya disebut dengan RAP (Rencana Anggaran Pelaksanaan). RAP merupakan tahapan perencanaan mengatur kebutuhan material dan tenaga kerja secara detail untuk tahapan awal sebelum melakukan pembangunan proyek. Sistem aplikasi ini dibangun dan didesain dengan menggunakan framework codeigniter 3. Untuk bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman php (Hypertext Preprocessor), dan untuk tempat penyimpanan database-nya menggunakan software XAMPP (phpMyAdmin). Framework codeigniter 3 merupakan sebuah kerangka dasar pembangun sistem informasi web, yang didalamnya terdapat kumpulan class dan function serta konsep yang telah ditata dengan struktur arsiteknya pada konsep MVC (model view controller). Aplikasi RAB ini bertujuan untuk mendata dan menghitung berapa jumlah anggaran biaya dan berapa lama proses berlangsungnya pekerjaan akan selesai sesuai target pelaksana. Adapun aplikasi perhitungan ini ditujukan untuk menghitung estimasi Perencanaan Desain Berulang Pembangunan Rumah Susun Tahun 2019. Pengujian pada sistem aplikasi RAB dilakukan dengan menggunakan pengujian Black-Box, dimana dengan pengujian ini dapat dipastikan apakah sistem aplikasi web ini berjalan dengan baik ataupun mengalami kendala pada saat penggunaan menu dan tools yang ada pada sistem

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Munzil Asri, Jafar Siddik & Supardin, TINJAUAN RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN MATANG BEN-PULO BLANG KABUPATEN ACEH UTARA, JURNAL SIPIL SAINS TERAPAN VOLUME 02 NOMOR 02 September 2019.

Napu I, Wikarsa L, Suwanto T, Aplikasi Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Pembuatan Rumah Tinggal Berbasis Web, JURNAL REALTECH

Arief Herdiansah, System Development for Learning Process Monitoring in Private Lesson Institution Using Co.deigniter Framework, JISA (Jurnal Informatika dan Sains), Vol. 04, No. 01, June 2021.

Robby Yuli Endra, Ahmad Cucus & M. Aditya Wulandana S, Perancangan Aplikasi Berbasis Web Pada System Aeroponik untuk Moni-toring Nutrisi Menggunakan Framework CodeIgniter, Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan In-formatika), Vol.11 no.1|Juni 2020.

Achmad Fikri Sallaby & Indra Kanedi, Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter, Jurnal Media Infotama Volume. 16 Nomor. 1 Februari 2020.

A Subari, S Manan and E Ariyanto, Design of E-office system in vocational school Diponegoro University using code igniter frame-work, IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 801 (2020).

Suci Imani Putri & Yudistira Arya S, Perancangan Sistem Perpustakaan Online Menggunakan Metode Model View Controller (MVC) Studi Kasus STMIK Asia Malang, Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia ASIA (JITIKA) Vol.10, No.2, Agustus 2016, ISSN: 0852-730X.

Yeni Anggraini, Donaya Pasha, Damayanti & Aan Setiawan, SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS : ORBIT STATION), Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) Vol. 1, No. 2, Desember 2020, 64 - 70 E-ISSN: 2746-3699.

I Wayan Darma Yasa, DKK, Framework CodeIgniter pada Rancang Bangun Prili (Primakara Library), Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Uni-versitas Jambi, Volume 4 Nomor 2 Desember 2020.

Abdul Mubarak, RANCANG BANGUN APLIKASI WEB SEKOLAH MENGGUNAKAN UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE) DAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP (PHP HYPERTEXT PREPROCESSOR) BERORIENTASI OBJEK, JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer) Ternate, Vol. 02 No. 1, April 2019.