PENDIDIKAN JARAK JAUH DI SMK DAN KENDALANYA SELAMA PANDEMI COVID-19

Wahyu Robby Cahyadi
Sudirman Rizki Ariyanto - [ http://orcid.org/0000-0002-9099-5982 ]
Bagas Surya Hadi
Muhammad Yandi Pratama


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2712

Abstract


Pandemi Covid-19 tidak hanya menutup bisnis dan membahayakan ekonomi dunia tetapi juga menghambat proses pendidikan. Penyebaran virus Covis-19 mengakibatkan 107 negara menutup sekolah sehingga siswa diwajibkan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah. Hal ini menyebabkan ketidak efisienan kegiatan belajar terutama pembelajaran praktik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sehingga siswa tidak optimal dalam menerima materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu (1) dampak dan kendala dari Pembelajaran Jarak Jauh di SMK selama pandemi virus covid-19; dan (2) cara mengantisipasi atau mengatasi kendala tersebut. Penelitian berjenis studi kepustakaan ini menggunakan sumber data sekunder yang dikumpulkan melalui artikel ilmiah, buku, website, dan sumber-sumber lain yang relevan. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan model Miles and Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa di masa pandemi ini guru SMK harus mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka karena meskipun dalam masa pandemi materi pembelajaran tetap harus tersampaikan dengan baik kepada siswa. Solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang bisa diakses oleh semua siswa dimana saja dan kapan saja. Youtube dapat memberikan siswa maupun guru kebebasan dalam berekspresi, berkolaborasi di dalam dunia kependidikan, serta dapat mendapatkan pengalaman berharga dalam meningkatkan kapabilitas mereka. Siswa maupun guru dapat membuat suatu video berbasis kependidikan lalu mengunggahnya ke kanal Youtube. Lalu mereka dapat menonton dan memberikan tanggapan atas video yang telah diunggah, dalam bentuk saran, pendapat, maupun kritik terhadap materi yang diberikan.

Keywords


Pandemi Covid-19, pembelajaran jarak jauh, sekolah menengah kejuruan, berpikir kritis, kreatif, dan youtube

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


E. A. Iboi, O. O. Sharomi, C. N. Ngonghala, and A. B. Gumel, Mathematical Modeling and Analysis of COVID-19 pandemic in Nigeria, medRxiv, 2020.

D. Cecilio-Fernandes, M. C. R. Parisi, T. M. Santos, and J. Sandars, The COVID-19 pandemic and the challenge of using technology for medical education in low and middle income countries, MedEdPublish, 2020, doi: 10.15694/mep.2020.000074.1.

P. Soto-Acosta, COVID-19 Pandemic: Shifting Digital Transformation to a High-Speed Gear, Inf. Syst. Manag., 2020, doi: 10.1080/10580530.2020.1814461.

G. D. Novanda, Advocacy and Legal Aid During Covid-19 Pandemic: How Indonesia Survives?, Indones. J. Int. Clin. Leg. Educ., 2020, doi: 10.15294/ijicle.v2i2.38331.

F. Reimers, A. Schleicher, J. Saavedra, and S. Tuominen, Supporting the continuation of teaching and learning during the COVID-19 pandemic. Annotated resources for online learning, Oecd, 2020.

H. Kr, H. Aksoy, and H. Erbay, Comparison of the Proficiency Level of the Course Materials (Animations, Videos, Simulations, E-books) Used in Distance Education, Procedia - Soc. Behav. Sci., 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.05.150.

S. Soeryanto, W. Warju, M. Nurtanto, S. R. Ariyanto, and N. Kholifah, The use of Google Classroom in improving Learning Achievement on Apprenticeship Program in Vocational Schools, Interciencia J., vol. 46, no. 2, pp. 221231, 2021.

Bakhrunujar, 98 persen SMK terapkan pembelajaran daring selama pandemi - PON XX Papua & Peparnas XVI Papua ANTARA News, 2020. https://pon.antaranews.com/berita/1545308/98-persen-smk-terapkan-pembelajaran-daring-selama-pandemi (accessed Jan. 16, 2022).

S. N. Aldina, Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam masa pandemi, J. Phys. A Math. Theor., vol. 44, no. 8, p. 287, 2020.

D. DeWitt, N. Alias, S. Siraj, M. Y. Yaakub, J. Ayob, and R. Ishak, The Potential of Youtube for Teaching and Learning in the Performing Arts, Procedia - Soc. Behav. Sci., 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.439.

F. Rahim Almoswai and B. Rashid, THE EFFECTIVENESS OF USING YOUTUBE VIDEO ON EFL IRAQI COLLEGE STUDENTS PERFORMANCE IN GRAMMAR AT MISSAN UNIVERSITY, PEOPLE Int. J. Soc. Sci., 2017, doi: 10.20319/pijss.2017.s31.391402.

H. Snyder, Literature review as a research methodology: An overview and guidelines, J. Bus. Res., 2019, doi: 10.1016/j.jbusres.2019.07.039.

F. Y. Hermanto, S. Sutirman, B. Hidayati, and M. Sholikah, The need of practical teaching in vocational high school of Automation and Office Management Program, J. Pendidik. Vokasi, 2019, doi: 10.21831/jpv.v9i3.26734.

Dampak pandemi Covid-19 terhadap pendidikan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Dampak_pandemi_Covid-19_terhadap_pendidikan (accessed Jan. 16, 2022).

UNESCO, Education: From disruption to recovery. https://en.unesco.org/covid19/educationresponse (accessed Jan. 16, 2022).

R. M. Viner et al., School closure and management practices during coronavirus outbreaks including COVID-19: a rapid systematic review, Lancet Child Adolesc. Heal., 2020.

Impact of Coronavirus Pandemic on Education, J. Educ. Pract., 2020, doi: 10.7176/jep/11-13-12.

Q. Brummet, The effect of school closings on student achievement, J. Public Econ., 2014, doi: 10.1016/j.jpubeco.2014.06.010.

R. H. Kay and S. Lauricella, Exploring the Benefits and Challenges of Using Laptop Computers in Higher Education Classrooms: A Formative Analysis, Can. J. Learn. Technol. / La Rev. Can. lapprentissage la Technol., 2011, doi: 10.21432/t2s598.

J. Gikas and M. M. Grant, Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media, Internet High. Educ., 2013, doi: 10.1016/j.iheduc.2013.06.002.

N. N. Chan, C. Walker, and A. Gleaves, An exploration of students lived experiences of using smartphones in diverse learning contexts using a hermeneutic phenomenological approach, Comput. Educ., 2015, doi: 10.1016/j.compedu.2014.11.001.

?. Gkearslan, F. K. Mumcu, T. Ha?laman, and Y. D. evik, Modelling smartphone addiction: The role of smartphone usage, self-regulation, general self-efficacy and cyberloafing in university students, Comput. Human Behav., 2016, doi: 10.1016/j.chb.2016.05.091.

W. W. F. Lau, Effects of social media usage and social media multitasking on the academic performance of university students, Comput. Human Behav., 2017, doi: 10.1016/j.chb.2016.11.043.

Y. Kim, Y. Wang, and J. Oh, Digital Media Use and Social Engagement: How Social Media and Smartphone Use Influence Social Activities of College Students, Cyberpsychology, Behav. Soc. Netw., 2016, doi: 10.1089/cyber.2015.0408.

S. P. Walsh, K. M. White, and R. M. Young, Young and connected: Psychological influences of mobile phone use among Australian youth, Mob. Media 2007, 2007.

S. Siddiqui and T. Singh, Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects, Int. J. Comput. Appl. Technol. Res., 2016, doi: 10.7753/ijcatr0502.1006.

M. Kwon et al., Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS), PLoS One, 2013, doi: 10.1371/journal.pone.0056936.

P. C. Sun, R. J. Tsai, G. Finger, Y. Y. Chen, and D. Yeh, What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction, Comput. Educ., 2008, doi: 10.1016/j.compedu.2006.11.007.

K. K. Szpunar, S. T. Moulton, and D. L. Schacter, Mind wandering and education: From the classroom to online learning, Frontiers in Psychology. 2013, doi: 10.3389/fpsyg.2013.00495.

S. R. Ariyanto, A. S. Ardiyanta, S. Soeryanto, W. Warju, R. S. Hidayatullah, and Y. Dianastiti, Pelatihan Pembelajaran Daring Sebagai Langkah Persiapan Guru SMK dalam Melaksanakan Learning From Home di Masa Pandemi Covid-19, J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, p. 311, Dec. 2020, doi: 10.12928/jp.v4i3.2263.

D. R. Garrison and M. Cleveland-Innes, in Online Learning : Interaction Is Not Enough, Am. J. Distance Educ., 2005.

K. Swan, Building Learning Communities in Online Courses: the importance of interaction, Educ. Commun. Inf., 2002, doi: 10.1080/1463631022000005016.

S. Dahiya, S. Jaggi, K. K. Chaturvedi, A. Bhardwaj, R. C. Goyal, and C. Varghese, An eLearning System for Agricultural Education, Indian Res. J. Ext. Edu, 2012.

S. Sohibun and F. Y. Ade, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive, Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 2, no. 2, p. 121, 2017, doi: 10.24042/tadris.v2i2.2177.

D. A. Back, F. Behringer, N. Haberstroh, J. P. Ehlers, K. Sostmann, and H. Peters, Learning management system and e-learning tools: an experience of medical students usage and expectations., Int. J. Med. Educ., vol. 7, pp. 26773, Aug. 2016, doi: 10.5116/ijme.57a5.f0f5.

V. Atikahani, T. Iriani, and R. Arthur, Pengembangan Media Flashcard Mata Kuliah Teknolgi Beton Di Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta, J. PenSil, 2018, doi: 10.21009/pensil.7.2.2.

S. A. Romadhon and M. T. Qurohman, THE ADVANTAGES OF YOUTUBE TO ENHANCE STUDENTS VOCABULARY IN MECHANICAL ENGINEERING CLASSROOM, Wiralodra English J., 2017, doi: 10.31943/wej.v1i1.13.

N. rafika Ayu, R. Arthur, and A. Neolaka, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Konstruksi Bangunan 1, J. PenSil, 2019, doi: 10.21009/jpensil.v8i1.10628.

I. Irwandani, M. Iqbal, and S. Latifah, Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring, Inov. Pembang. J. Kelitbangan, 2019, doi: 10.35450/jip.v7i2.140.

R. Lestari, Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris, Semin. Nas. Kedua Pendidik. Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progress. Fun Educ. Semin., 2013.

I. IWANTARA, M. Sadia, and M. Suma, Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa, J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., 2014.

H. O. Alwehaibi, The Impact Of Using YouTube In EFL Classroom On Enhancing EFL Students Content Learning, J. Coll. Teach. Learn., 2015, doi: 10.19030/tlc.v12i2.9182.

M. M. A. Ebied, S. A. A.-S. Kahouf, and S. A. Abdel Rahman, Effectiveness of Using Youtube in Enhance the Learning of Computer in Education Skills in Najran University, Int. Interdiscip. J. Educ., 2016, doi: 10.12816/0035903.

M. Suwarno, Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika, Pi Math. Educ. J., 2017, doi: 10.21067/pmej.v1i1.1989.

M. Y. Kamhar and E. Lestari, Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi, Intel. J. Ilmu Pendidik., 2019.

S. Wigati, D. S. Rahmawati, and S. A. Widodo, PENGEMBANGAN YOUTUBE PEMBELAJARAN BERBASIS KI HADJAR DEWANTARA UNTUK MATERI INTEGRAL DI SMA, Pros. Semin. Nas. Etnomatnesia, 2014.

Y. Saputra and A. S. Fatimah, The use of TED and YOUTUBE in Extensive Listening Course: Exploring possibilities of autonomy learning, Indones. JELT Indones. J. English Lang. Teach., 2018, doi: 10.25170/ijelt.v13i1.1451.

B. S. Narmaditya, D. Wulandari, and S. R. B. Sakarji, Does Problem-Based Learning Improve Critical Thinking Skill?, J. Cakrawala Pendidik., vol. 37, no. 3, Oct. 2018, doi: 10.21831/cp.v38i3.21548.

M. Jordaan and D. Jordaan, Using YouTube as a reflection tool for a service-learning module, in Sasee 2017, 2017, no. June, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/317414601_Using_YouTube_as_a_reflection_tool_for_a_service-learning_module.