SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMASOK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING STUDI KASUS PT. KAYU PUTIH ABC

Riza Akhsani Setyo Prayoga


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i4.2816

Abstract


PT. Kayu Putih ABC merupakan Perusahaan yang bergerak di produksi minyak kayu putih. Tak jarang perusahaan ini kesusahan dalam memilih pemasok yang sesuai dengan kriteria perusahaan tersebut. Karena perusahaan tersebut membutuhkan bahan baku yang banyak dan tentunya kualitas yang bagus agar konsumen terus menggunakan produk minyak kayu putih tersebut. Maka perlu sebuah sistem untuk membantu dalam pengambilan keputusan agar perusahaan tersebut bisa memilih pemasok yang terbaik dan tentunya dengan kriteria yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting dimana metode ini cukup mudah untuk diterapkan dan bisa memberikan rekomendasi bagi perusahaan untuk menentukan pemasok mana yang terbaik. Hasil dari penelitian ini didapatkan 4 kriteria yang nantinya digunakan untuk acuan perusahaan dalam mendapatkan pemasok yang terbaik seperti harga, kualitas, waktu kirim, biaya kirim. Sehingga dari 4 kriteria tersebut nantinya akan dilakukan perhitungan dengan alternatif pemasok yang sudah disediakan. Kemudian hasilnya akan menampilkan nilai tertinggi dari alternatif pemasok hingga nilai terendah alternatif pemasok. Nilai tertinggi dari alternatif pemasok tersebut yang nantinya bisa dijadikan rekomendasi untuk perusahaan dalam membuat kerjasama dengan pemasok untuk menyuplai bahan baku. Hasil pengujian Black Box didapatkan bahwa sudah valid dan sesuai sistem serta uji akurasi metode SAW memberikan akurasi yang baik meskipun dengan data tahun pemasok yang berbeda

Keywords


Pemasok; Sistem Pendukung Keputusan; Simple Additive Weighting

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


N. Putra, D. R. Habibie, and I. F. Handayani, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER PADA TB. NAMEENE DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW), JURISMA (Joournal Sistem Informasi dan Manajemen), vol. 8, no. 1, pp. 4551, 2020.

N. Nuris, SISTEM KEPUTUSAN METODE SAW DAN TOPSIS UNTUK PEMILIHAN STAFF PEDULI LAKA STUDI KASUS: PT EXPRESS POOL CIPAYUNG, 2017.

N. Wardhani and D. M. A. Nur, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT KOS UNTUK MAHASISWA DI LUWUK BANGGAI DENGAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING), JTRISTE, vol. 4, no. 1, pp. 914, 2017.

J. Simatupang, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SAW STUDI KASUS AMIK MAHAPUTRA RIAU, Journal Intra - Tech, vol. 2, no. 1, pp. 7482, 2018.

Y. A. Prasetyo, R. Indriati, and Sucipto, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT PADI UNGGUL MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW), SIMKI - TechSains, vol. 2, no. 6, pp. 110, 2018.

R. Taufiq, A. Aditya Permana, T. Cahyanto, and R. Adha, Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Simple Additive Weighting Studi Kasus PT. Trafoindo Prima Perkasa, 2018.

K. Yasdomi, M. Rifqi, H. Maradona, and H. Kurniawan, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW), 2019.

K. S. Hermawan and K. D. Hartomo, Sistem Pendukung Keputusan Sistem Pendukung Keputusan Menyeleksi Saham LQ45 untuk Generasi Milenial Menggunakan Metode SAW, Journal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, vol. 5, no. 2, 2021, doi: 10.30743/infotekjar.v5i2.3455.

A. Yulandari and S. Risqika, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Ketua OSIS Menggunakan Metode Saw Pada Sma Negeri 3 Sigi Berbasis Website, 2020.

F. B. Hartono and H. J. Prasetyo, SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) GUNA MENENTUKAN PRODUK UNGGULAN DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL, Journal Teknika, vol. 11, no. 1, pp. 26204770, 2019.