PERANCANGAN MANAJEMEN INFORMASI BERDASARKAN STANDAR NASIONAL AKREDITASI RUMAH SAKIT (SNARS) DAN JOINT COMMISSION INTERNATIONAL (JCI) PADA RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) MARANATHA

Dwi Kurnianto Utomo
Iqbal Santosa
Widyatasya Agustika Nutrisha


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i4.3193

Abstract


Pengolahan data dan informasi di Rumah Sakit menjadi hal penting seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) di zaman sekarang. Hal ini terlihat hampir seluruh RS di Indonesia sudah mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Dengan menggunakan SIMRS yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi internal maupun eksternal RSGM dapat membuat RS semakin cepat dalam mengolah data dan informasi serta mengambil keputusan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat luas. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana kondisi eksisting manajemen informasi, bagaimana hasil analisis kesenjangan manajemen informasi, bagaimana rekomendasi yang dapat diberikan kepada RSGM, dan bagaimana implementasi tata kelola TI di RSGM berjalan sesuai roadmap. Penelitian ini menggunakan SNARS dan standar JCI sebagai acuan utama dengan implementasi menggunakan metodologi COBIT 2019. Berdasarkan Analisa yang dilakukan peneliti, diperoleh kesimpulan bahwa kondisi eksisting pada RSGM Maranatha bahwa SIMRS dan aplikasi lainnya yang digunakan belum terintegrasi secara penuh, bahkan pada beberapa pengolahan data dan informasi masih paper-based. Hasil analisis kesenjangan yang dilakukan pada area manajemen informasi menghasilkan rekomendasi perancangan pada aspek people berupa penyesuaian posisi, perincian tugas pokok dan fungsi, perencanaan pelatihan dan workshop, serta komunikasi dalam bentuk rapat. Pada aspek process menghasilkan SOP. Pada aspek technology berupa penambahan aplikasi dan pembaharuan fitur.Penelitian ini juga dapat membantu RSGM dalam menjalankan rekomendasi sesuai dengan roadmap yang sudah disesuaikan dengan rencana jangka panjang RSGM sehingga RSGM dapat memprioritaskan tata kelola TI agar pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat.

Keywords


Manajemen Informasi; RSGM; Tata Kelola TI; SNARS; JCI

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Menteri Kesehatan, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. 2019.

Pemerintah Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan. 2021.

S. Poerwani and E. Sopacua, Akreditasi sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit, Pus. Penelit. dan Pengemb. Sist. dan Kebijak. Kesehat., 2018.

ISACA, COBIT 2019 Framework: introduction and methodology. Schaumburg: ISACA, 2018.

ISACA, COBIT 2019 IMPLEMENTATION GUIDE: Implementing and Optimizing an Information and Technology Governance Solution. Schaumburg: ISACA, 2018.

L. Sihombing, Manajemen Informasi, Praxis Framework, 2019. https://www.praxisframework.org/id/knowledge/information-management (accessed Nov. 28, 2021).

M. R. Tri Putra, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (Di Bidang Perusahaan Teknologi dan Kesehatan), 2019.

H. Nugroho, Proposed IT Governance at Hospital Based on COBIT 5 Framework, IJAIT (International J. Appl. Inf. Technol., vol. 1, no. 02, pp. 5258, Aug. 2017, doi: 10.25124/ijait.v1i02.875.

R. Septian Hardinata et al., Audit Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Cobit 5 (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Panca Budi Medan), J. Tek. DAN Inform., vol. 6, Jan. 2019, Accessed: Nov. 20, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/Juti/article/view/476/450.

Menteri Kesehatan, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013 Tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. 2013.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit, Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1. 2017.

Joint Commission International, Joint Commission International Standart Accreditation for Hospital 5th Edition, 5th ed. 2013.

Joint Commission International, Joint Commission International Standart Accreditation for Hospital 4th Edition, 4th ed., no. January. 2011.

Kementerian Kesehatan, Peraturan Menteri Kesehatan No 25 Tahun 2019 Tentang Penerapan Manajemen Risiko Terintegrasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan. 2019, pp. 19.

Unit TI RSGM, Laporan Daftar Risiko TI - RSGM, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha, Bandung, 2018.