EVALUASI KESUKSESAN IMPLEMENTASI SAP DI MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN MODEL UTAUT 3 PADA PT. KAI

Lina Zulaikah
Warih Puspitasari
Lutfia Septiningrum


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i1.3278

Abstract


Penyedia layanan transportasi, PT KAI merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada sektor transportasi darat. Proses bisnis PT KAI didukung oleh integrasi sistem SAP sejak tahun 2012 hingga keadaan pandemi saat ini, ditemukan beberapa permasalahan dalam implementasi yaitu terjadinya penurunan nilai kinerja karyawan pengguna SAP pada PT KAI selama penerapan metode kerja hybrid yang merupakan imbas dari pandemi COVID-19. Perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja dalam implementasi sehingga dapat disimpulkan implementasi yang dijalankan ini termasuk dalam kategori berhasil atau gagal. Berdasarkan dari permasalahan tersebut penelitian ini berfokus pada analisa kesuksesan implementasi SAP yang dilihat dari sikap pengguna dalam menerima implementasi SAP dimasa pandemi COVID-19 melalui model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT-3) dengan variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Habit, Price Value, Behavioral Intention, Use Behaviour, dan Innovation. Hubungan antar variabel perlu diketahui untuk melihat persepsi serta perilakunya pengguna dalam penerimaan penggunaan implementasi SAP di masa pandemi. Penelitian dilakukan terhadap 20 responden pengguna SAP pada PT KAI yang diolah menggunakan aplikasi SmartPLS 3.3.9 melalui metode SEM-PLS. Analisa hasil responden dilakukan dan diketahui bahwa variabel Price Value memiliki pengaruh positif, signifikan, dan kuat terhadap Behavioral Intention, lalu variabel Innovation, dan Behavioral Intention berpengaruh positif, signifikan, dan kuat terhadap Use Behaviour. Variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, dan Hedonic Motivation berpengaruh negatif, tidak signifikan, dan lemah terhadap Behavioral Intention, serta variabel Habit berpengaruh negatif, tidak signifikan, dan lemah terhadap Use Behavior.

Keywords


UTAUT-3; SAP; SEM-PLS

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.

Sudaryo, Y., & Kusumawardani, A. (2020). Pengaruh Budaya dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Perusahaan Berbasis Human Resources (HR) Scorecard di PT LEN Industri Subdrive Bandung. Jurnal Indonesia Membangun.

Sudarsono, B. G., & Lestari, S. P. (2018). Kajian Literatur Model Konseptual Keberhasilan E-Government. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer).

Venkatesh, V. T. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology.

Farooq, M. S., Salam, M., Jaafar, N., Fayolle, A., Ayupp, K., Radovic-Markovic, M., & Sajid, A. (2017). Acceptance and use of lecture capture system (LCS) in executive business studies: Extending UTAUT2. Interactive Technology and Smart Education.

Hamid, Rahmad Soling, & Anwar, Suhardi M. (2019). Structural Equation Modeling SEM. Inkubator Penulis Indonesia.

Abdillah, W. (2018). Metode Penelitian Terpadu Sistem Informasi: Permodelan Teoritis, Pengukuran dan Pengujian Statistis.

Ghassan Amanullah, E. D. (2020). Perancangan dan Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) Modul Human Resource, Inventory, dan Sales pada PT. Global Insight Utama. e-Proceeding of Engineering : Vol.7, No.1 April 2020.

SAP AG, SAP01 Fundamental, SAP AG, 2006, pp. 219-222.

Bahrun, S. A. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran Dan Penjualan Berbasis Web.

Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk hubungan nonlinier dalam penelitian sosial dan bisnis.

Mauliddya, F. R. (2018). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Sayur Secara Online Di Kota Malang.

Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). SPSS complete: Teknik analisis statistik terlengkap dengan software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multiva-riate Dengan Program SPSS, Edisi Ke-4.

Ghozali, I. 2002. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS),Edisi Ke-3.

Chin, W.W. 1998. The Partial Least Squares Approach for Structural Equation Modeling, Modern Method for Business Resaearch, Mah-wah. New York: Erlbaum Associates.