PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI BISNIS PRODUKSI SUSU MENGGUNAKAN TOGAF ADM (STUDI KASUS: KOPERASI PETERNAK SAPI BANDUNG UTARA)

Mega Fitri Yani
Luthfi Ramadani
Hadi Hariyanto


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4168

Abstract


Ketahanan pangan merupakan salah satu dari tujuh belas tujuan SDGs. Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) merupakan koperasi di Jawa Barat yang bergerak dalam sektor perkebunan. Bisnis utama KPSBU adalah produksi susu. Angka produksi susu sapi KPSBU dari tahun ketahun terlihat stabil dan cenderung meningkat setiap tahunnya. KPSBU menerapkan sistem pencatatan manual dan belum terintegrasi sehingga kesulitan untuk mengatur jumlah penawaran dan permintaan secara real time. Diperlukan sistem termaksud yang dapat mengelola kegiatan peternakan mulai dari produksi hingga produk susu hingga ke konsumen. Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan Enterprise Architecturedalam sektor pemeliharaan di KPSBU. Penelitian ini dibangun menggunakan framework TOGAF ADM, dengan pendekatan penelitian melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Agar dapat menangkap kondisi yang ada , pengembangan Entreprise Architecture KPSBU dimulai dengan tahap initial phase, architecture vision sampai technology architecture. Diharapkan melalui penelitian ini diperoleh gambaran kondisi eksisting dan targeting yang dapat dijadikan acuan dalam pengembangan proyek sistem informasi dalam menunjang peningkatan produksi bisnis susu pada KPSBU Lembang.

Keywords


Enterprise Architecture, Peternakan, Produksi Susu, TOGAF ADM

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


B. Triatmanto, MENGGAGAS PERCEPATAN PENCAPAIAN SUSTAINABILITY DEVELOPMENT GOAL’S (SDG’S) (dengan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia). 2021.

T. Sudaryanto dan E. Jamal, “PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PETERNAKAN MELALUI PENDEKATAN CORPORATE FARMING UNTUK MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN NASIONAL,” 2000.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat, [Daring]. Tersedia pada: https://bandungbaratkab.bps.go.id/indicator/24/238/1/produksi-telur-unggas-dan-susu-sapi-menurut-kecamatan.htm

A. Hevner dan J. Park, “Design Science in Information Systems Research,” 2004. [Daring]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/201168946

F. Saleem dan B. Fakieh, “Enterprise architecture and organizational benefits: A cASE sTUDY,” Sustainability (Switzerland), vol. 12, no. 19, Okt 2020, doi: 10.3390/su12198237.

S. Bente, U. Bombosch, dan S. Langade, “Collaborative Enterprise Architecture Enriching EA with Lean, Agile, and Enterprise 2.0 Practices Title page Copyright Dedication Acknowledgments,” 2012.

T. O. Group, “The TOGAF ® Standard,” 2005. [Daring]. Tersedia pada: www.opengroup.org/legal/licensing.

E. Wati dan F. Devita, “Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2018 SENSITEK 2018 STMIK Pontianak,” 2018.

R. Yunis dan K. Surendro, “PERANCANGAN MODEL ENTERPRISE ARCHITECTURE DENGAN TOGAF ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHOD,” Jl. Ganesha, no. 10, hlm. 2500940.

N. Sasgita dan S. Assegaff, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan Kerangka Kerja Togaf ADM Pada Dinas Perkebunan Dan Peternakan Kab. Muaro Jambi,” 2022.

T. R. Sari, E. Rahmawati, dan H. Harafani, “TOGAF ADM to Improve The Promotion of Farm Edu-Tourism in Pondok Rangon Area,” SinkrOn, vol. 3, no. 2, hlm. 280, Apr 2019, doi: 10.33395/sinkron.v3i2.10108.

A. Anindhita, R. Afwani, I. Bagus, dan K. Widiartha, “PERANCANGAN ENTERPRISE ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF PADA KOPERASI BUDI KARYA (De-sign of Enterprise Architecture Information Technology Using TOGAF on Koperasi Budi Karya),” 2019. [Daring]. Tersedia pada: http://jtika.if.unram.ac.id/index.php/JTIKA/