PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI E-LEARNING UMKM SALATIGA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Yosef Agil Prayogi
Nina Setiyawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4218

Abstract


E-Learning merupakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengaktifkan pelajar, mahasiswa, dan juga pelaku bisnis untuk belajar kapanpun dan diamanapun. Peningkatan pelayanan UMKM menjadi prioritas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat daya saing bisnis. Pelayanan pada UMKM Salatiga, Jawa Tengah menjadi sebuah aspek penting dalam memperkuat sektor ekonomi lokal. Dalam peningkatan pelayanan dapat mencangkup strategi seperti pelatihan, penerapan teknologi informasi, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan. Proses perancangan user interface dan user experience pada website UMKM.EDU memerlukan pemahaman terhadap permasalahan user pada umumnya saat menggunakan e-learning, oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode Design Thinking. Pada metode ini terdapat lima tahapan yang akan dilakukan diantaranya Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pada tahap testing yang dilakukan pada prototype yang sudah dibuat didapatkan metric Single Ease Question (SEQ) pada setiap task berada pada nilai rata – rata 5.6 – 6.8 dari 5 responden dan 5 scenario task. Hasil testing tersebut dapat diartikan bahwa UX pada prototype tersebut dapat berjalan dengan mudah dan telah menjawab kebutuhan dari users.


Keywords


Design Thinking; User Interface; User Experience; Online Learning; UMKM; E-Learning

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., 2016. An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135.

Waller, V. and Wilson, J. 2001. A definition for e-learning. TheODL QC Newsletter, pp. 1-2.

R. Czarny et al., “DESIGN THINKING REPORT Part 1,” no. C, pp. 1–14, 2020.

Pressman, A. (2019). Design Thinking - A Guide To Creative Problem Solving For Everyone. Routledge.

S. H. Cho and S. H. Kim, “Suggestion for Collaboration-Based UI/UX Development Model through Risk Analysis,” J. Inf. Process. Syst., vol. 16, no. 6, pp. 1372–1390, 2020, doi: 10.3745/JIPS.04.0200.

N. Setiyawati, H. D. Purnomo, and E. Mailoa, “User Experience Design on Visualization of Mobile-Based Land Monitoring System Using a User-Centered Design Approach,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 16, no. 3, pp. 47–65, 2022, doi: 10.3991/IJIM.V16I03.28499.

“The Basics of User Experience Design BY INTERACTION DESIGN FOUNDATION.”

E. Susilo, F. Danang Wijaya, and R. Hartanto, “Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application,” 2018.

R. A. Yudarmawan, A. A. Kompiang, O. Sudana, D. Made, and S. Arsa, “Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan,” 2020.

A. Nurlifa and S. Kusumadewi, Pro s id in g SNATIF Ke-1 Ta hun 2 01 4 ANALISIS PENGARUH USER INTERFACE TERHADAP KEMUDAHAN PENGGUNAAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SEORANG DOKTER. [Online]. Available: www.dxmate.com

“Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi,” 2020, doi: 10.35138/organu.

Kang, M. (2019). Customer service management in small and medium-sized enterprises. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 5(2), 46. doi:10.3390/joitmc5020046

Kurniawan, A., Ristiani, D., & Rismayani, R. (2021). The role of small and medium enterprises towards improving the economy in Salatiga City, Central Java. Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues, 24(1), 1-7.

Fatimah, R., Sari, S. L., & Fuady, M. (2020). E-learning as a solution to improve entrepreneurial skills of micro, small, and medium enterprises (MSMEs) in Indonesia. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2227, No. 1, p. 020079). AIP Publishing LLC.

Purwanto, A., & Adisendjaja, Y. H. (2019). E-Learning Adoption in Indonesia: A Literature Review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(19), 150-165.

Santia, T. (2020). Berapa Jumlah UMKM di Indonesia? Ini Hitungannya. Retrieved October 25, 2020, from Liputan6.com website: https://www.liputan6.com/bisnis/read/43 46352/berapa-jumlah-umkm-diindonesia-inihitungannya#:~:text=Menurut Badan Pusat Statistik (BPS,usaha yang beroperasi di Indonesia

Krjogja.com, “Jumlah UMKM di Salatiga Mencapai 22.995 Usaha” https://www.krjogja.com/berita-lokal/read/494169/jumlah-umkm-di-salatiga-mencapai-22995-usaha#:~:text=Kepala%20Bidang%20UMKM%20pada%20Dinas,20%2F02%2F2023).

Traxler, J. (2010). Distance and E-Learning in Transition: Learning Innovation, Technology, and Social Challenges. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 11(3), 1-9.

Liaw, S. S., Huang, H. M., & Chen, G. D. (2007). Surveying instructor and learner attitudes toward e-learning. Computers & Education, 49(4), 1066-1080.

Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Seti

awan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 219. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549.

Lynch, P. J., & Horton, S. (2016). Web style guide: Foundations of user experience design. Yale University Press.

Ogedebe, P.M.,& Jacob, B.P. , 2012, Software Prototyping: A Strategy to Use When User Lacks Data Processing Experience. ARPN Journal of Systems and Software. VOL. 2, NO.6 , 2012, http://scientificjournals.org/journalofsystemsandsoftware/archive/vol2no6/vol2no6_4.pdf

E. C. Gunderson, “Chapter 2: Background,” IAQ Investig. Guid. 2nd Ed., pp. 3–7, 2009, doi: 10.3320/978-1-931504-68-3.3.

W. Budiaji, “The Measurement Scale and Number of Responses in Likert Scale,” J. Agric. Fish. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 127–133, 2013, doi: 10.31227/osf.io/k7bgy.

Kemenku, “Mengenal Design Thinking” https://bppk.kemenkeu.go.id/balai-diklat-keuangan-pontianak/artikel/mengenal-design-thinking-278789

Soedewu. S, Mustikawan. A, Swasty. W,”Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci,” vol. 10, no. 2, April 2022.

Kemenkopukm,”E-learning KUKM” https://edu.kemenkopukm.go.id/

Vokasi, “Kursus Online” https://vokasi.co.id/program/kursus-online/

Jurnal Moestopo,”Pemanfaatan Program E-Learning Di Era Pandemi Covid-19 Divisi Humas Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah” https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dinamika/article/view/2106

Rizky. S. H, Putri. S. I, DKW. T. Y,”Pemanfaatan Smartphone dan Media Sosial Untuk Promosi Online Serta Aplikasi Pembukuan Guna Memaksimalkan Kemajuan Teknologi Pada UMKM Di Keluarga Joglo Kecamatan Banjarsari” Vol. 1, No. 1 (2020).

Jurnal Komunika, “Strategi Pemanfaatan E-Learning Berbasis Resource Sharing Untuk Pengembangan SDM UMKM” https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/view/2749

Smith,J., & Johnson, A. (2018). Enchancing E-Learning through Design Thinking. Journal of Online Learning, 42(3), 156-170.

Johnson, R., & Anderson, L. (2016). Applying Design Thinking to E-Learning Design: A Case Study. Educational Technology, 24(4), 42-55.