PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GOOGLE SITES TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Febriyanto Ekosantoso
Muhammad Cholik
Soeryanto Soeryanto
Heru Arizal


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.7615

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemandirian belajar siswa dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Media pembelajaran interaktif seperti Google Sites diyakini dapat memberikan pengalaman belajar yang fleksibel, menarik, dan mendukung pengembangan kemandirian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Google Sites terhadap kemandirian belajar siswa serta membandingkan tingkat kemandirian belajar siswa yang menggunakan media ini dengan yang tidak. Rumusan masalah penelitian adalah: (1) Apakah penggunaan media pembelajaran interaktif Google Sites berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa? (2) Apakah terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa antara media pembelajaran interaktif Google Sites dengan tanpa media tersebut? Populasi penelitian terdiri dari 120 siswa Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 7 Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan 33 siswa sebagai kelas kontrol dan 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif Google Sites berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa. Siswa di kelas eksperimen memiliki tingkat kemandirian belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa yang menggunakan Google Sites dan yang tidak. Penelitian ini memberikan manfaat praktis dengan menunjukkan efektivitas Google Sites dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hasil ini dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran untuk mendukung pembelajaran mandiri.

Keywords


Google Sites; learning independence; inter-active media

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


H. Hanikah, A. Faiz, P. Nurhabibah, dan M. A. Wardani, “Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, hal. 7352–7359, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3503.

H. I. Sumakul, S. V. Tendean, dan A. L. Lonto, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran,” Tumoutou Soc. Sci. J., vol. 1, no. 1, hal. 21–30, 2024, doi: 10.61476/xy1xwh12.

A. T. Devega, H. Herasmus, dan R. Lapisa, “Android Technology in Interactive Learning for Multimedia Animation Courses,” vol. 24, no. 2, hal. 75–84, 2024.

E. Melati, A. D. Fayola, I. P. A. D. Hita, A. M. A. Saputra, Z. Zamzami, dan A. Ninasari, “Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar,” J. Educ., vol. 6, no. 1, hal. 732–741, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.2988.

S. Wardani, I. Mudzalipah, dan E. Hidayat, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 18, no. 2, hal. 167, 2014, doi: 10.18269/jpmipa.v18i2.7.

A. Fricticarani, A. Hayati, R. R, I. Hoirunisa, dan G. M. Rosdalina, “Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0,” J. Inov. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, hal. 56–68, 2023, doi: 10.52060/pti.v4i1.1173.

S. Said, “Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21,” J. PenKoMi Kaji. Pendidik. Ekon., vol. 6, no. 2, hal. 194–202, 2023.

V. P. Cahyaningtias dan M. Ridwan, “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi,” Riyadhoh J. Pendidik. Olahraga, vol. 4, no. 2, hal. 55, 2021, doi: 10.31602/rjpo.v4i2.5727.

A. T. Devega dan G. P. Suri, “Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk siswa SMK,” Eng. Technol. Int. J., vol. XIII, no. 2, hal. 8, 2019.

J. T. B. Santoso, A. Prabawati, dan S. N. Octavianto, “Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 2 Tebo,” Bus. Account. Educ. J., vol. 4, no. 3, hal. 329–336, 2023, doi: 10.15294/baej.v4i3.78256.

D. Pitri, D. P. Musdansi, R. Murwindra, dan J. O. M. F. T. K. Uniks, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Google Sites Pada Sub Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon Di SMA / MA Islam Kuantan Singingi,” Jom Ftk Uniks, vol. 4, no. 2, hal. 426–432, 2024.

M. A. Febrian, M. Irwan, dan P. Nasution, “Efektivitas Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kolaboratif : Perspektif Teoritis dan Praktis,” J. Pendidik., vol. 11, no. 2, hal. 152–159, 2024.

H. Hidayat, O. S. Hidayat, dan W. Widiasih, “Development of Google Sites-Based Learning Resources to Improve Mastery of Concepts and Process Skills in Electrical Circuit Materials,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 6, hal. 4624–4631, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i6.3612.

H. Johdi, Gunawan, S. Ayub, dan Kosim, “The Effectiveness of Interactive Google Sites-Based Learning Media on Students’ Conceptual Understanding,” Indones. J. STEM Educ., vol. 6, no. 2, hal. 55–62, 2024.

E. Susanti, S. Septiana, S. Meilinda, dan I. M. Rosa, “Effectiveness of Using Google Sites-Based E-Modules to Optimize Critical Thinking Skills: Student Perceptions Analysis,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 12, hal. 10555–10561, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i12.5887.

D. Murtado, I. P. A. D. Hita, D. Chusumastuti, S. Nuridah, A. H. Ma’mun, dan M. D. Yahya, “Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas,” J. Educ., vol. 6, no. 1, hal. 35–47, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.2911.

P. A. Maharani, E. Risdianto, dan I. Setiawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 15, no. 1, hal. 31–42, 2024, doi: 10.26877/jp2f.v15i1.17458.

T. Maysuri dan J. Sopacua, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada SMA Negeri 3 Maluku Tengah,” JIM J. Ilm. Mhs. Pendidik. Sej., hal. 566–580, 2024.

El. Ratnawulan dan Rusdiana, Evaluasi Pembelajaran. Bandung, 2014. [Daring]. Tersedia pada: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

M. Afandi, E. Chamalah, dan O. P. Wardani, Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang, 2013.