PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF BATIK LOKATMALA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agus Dede Anggiana. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2).
Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2565–2576.
Cahya, N., & Siregar, B. H. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3229–3243. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2923
Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/jk.v7i2.4556
Finariyati, Arief Aulia Rahman, & Yuli Amalia. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Maju, 7(1), 89–97.
Fitri Amaliah, & Sutirna. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Luas dan Volume Kubus Balok. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 194–199.
Hidayat, T., & Rachmani Dewi, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Berorientasi Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan Heyzine Flipbooks Bernuansa STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 235–243. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Kurniawan, A., & Hidayah, R. (2021). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. JPPMS, 5(2), 92–97. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/
Mardhiyah, R. H., Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Nurniyati, T., Djafar, S., S, P., & Nurdin, N. (2024). Meta Analisis Pendekatan Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 1981–1993. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3526
Nurul Fadilah, A., & Haerudin. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Ix Pada Materi Spldv Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1049-1060
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Rachmatika, & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Setiani, A., Suryani Lukman, H., Muhammadiyah Sukabumi, U., & Muhammadiyah Sukabumi, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping (Vol. 9, Issue 2). https://jurnal.unsur.ac.id/prisma
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S. Pd. In ALFABETA, cv.
Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung (p. 297).
Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian & pengembangan research and development. In Bandung: Alfabeta.
Sulistyaningsih, D., Waluya, B., Isnarto, I., & Sugiman, S. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Materi Pola Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6, 1006–1012. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Sundayana, R. (2020). Statistik Penelitian Pendidikan (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
Susanti, E. D., Sholihah, U., Matematika, T., Uin, P., Ali, S., & Tulungagung, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. JESS : Jurnal Education Social Science, 2(1), 213–244. https://doi.org/10.21274