PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDUKATI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan Learning Management System (LMS) berbasis digital Edukati yang sesuai kebutuhan siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep materi aljabar. Materi aljabar sering dianggap sulit oleh siswa karena sifatnya yang abstrak dan kurangnya pemahaman konsep dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disseminate). Data dikumpulkan melalui wawancara guru, angket siswa, observasi, dan validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LMS berbasis Edukati dengan fitur-fitur interaktif seperti video pembelajaran, simulasi, animasi, latihan soal interaktif dengan umpan balik otomatis, dan forum diskusi, memberikan dampak positif terhadap motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran aljabar. Validasi ahli dan uji coba pada kelompok kecil siswa menunjukkan bahwa LMS ini layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep aljabar siswa. Pengembangan LMS ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep aljabar.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Ahmad, I. 2018. Proses Pembelajaran Digital Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. Kemenristek Dikti.
Ali, A., A. Apriyanto, T. Haryanti, and H. Hidayah. 2024. Metode Pembelajaran Inovatif: Mengembangkan Teknik Mengajar Di Abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Amran, Suhendra, Rita Wulansari, and Fini Farrahatni. 2021. “Jurnal Basicedu.” 5(6):5179–87.
Azizah, N., S. Suratno, and H. Irawati. 2024. “Peran Media Pembelajaran Berbasis TIK Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Atas.” … Pendidikan Matematika (58):55–62.
Borg, W. R., and M. D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction, 4th Edition. 4th editio. Longman Inc.
Engineering, Electronics. 2025. “SMART APPLICATION OF CLASS XI MATHEMATICS.” 7:55–62.
Fauzy, Alwan, and Puji Nurfauziah. 2021. “Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID- 19 Di SMP Muslimin Cililin.” 05(01):551–61.
Gusti, I., Agung Ngurah, Trisna Jayantika, Ni Made, and Putri Andini. 2022. “Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains XI(2):1.
Hapizah, Indaryanti, Ely Susanti, Jeri Araiku, Scristia, Novita Sari, and Zuli Nuraeni. 2022. “Pengembangan Keterampilan Guru Matematika Kota Pagaralam Dalam Mendesainan Bahan Ajar Menggunakan Geogebra Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Anugerah 4(2):121–34. doi: 10.31629/anugerah.v4i2.5158.
Hasmawati, Hasmawati, Usman Usman, and Ahsan. 2022. “PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENJUMLAH BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LUAS DAERAH DI KELAS VII MTs.N 1 ENREKANG.” Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli) 1(1):17–32. doi: 10.35905/jmlipare.v1i1.3259.
Hilmi, Rafiqi Zul, Ratih Hurriyati, and Lisnawati. 2018. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE PADA MATERI BANGUN RUANG.” 3(2):91–102.
Kurniawan, Indra, and Andri Rahadyan. 2021. “Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI Dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Analysis of Class XI Students’ Numeracy Ability in Solving AKM Type Questions on Three Variable Systems of Linear Equatio.” Didactical Mathematics 3(2):84–91. doi: 10.31949/dm.v3i2.1810.
Lee, H., J. Lee, and M. Kim. 2020. “Society 5.0 and Its Realization through AIoT.” Sustainability 12(7):2928.
Lestari, Indri. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep.” GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):26. doi: 10.30656/gauss.v1i1.634.
Mardiana, Novi, and Ahmad Faqih. 2019. “Pemanfaatan Learning Management System Dalam Proses Pembelajaran Matematika Diskrit.” Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT) 5(1):16. doi: 10.25134/jes-mat.v5i1.1730.
Masitah. 2018. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD Terhadap Masalah Banjir.” Proceeding BiologyEducation Conference 15(1):40–44.
Nila, Kesumawati. 2008. “Pemahaman Konsep Matematik Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta 229–35.
Siregar, N. .. 2017. “Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game.” Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 224–32.
Siti Hasnani, Rizki, Riana Irawati, Prodi Pgsd, Kampus Sumedang, and Penulis Korespondensi. 2017. “Desain Didaktis Untuk Mengatasi Hambatan Belajar Siswa Sd Pada Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika) 10(2):370–80.
Suryadi Didi. 2018. Prosidang Seminar Nasional Matematik Dan Pendidikan Matematika. Vol. 27.
Susilawati, Wati. 2020. Belajar Dan Pembelajaran Matematika.
Tandirerung, Veronika Asri, and Riana T.Mangesa. 2022. “Pengembangan E-Learning Berbasis Edukati Pada Sekolah Menengah Atas.” Information Technology Education Journal 1(3):46–49. doi: 10.59562/intec.v1i3.252.
Thiagarajan, S., D. S. Semmel, and M. L. Semmel. 1974. “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.” Journal of School Psychology 14(1):75. doi: https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2.
Toyib, Muhamad, Nuqthy Faiziyah, Sri Sutarni, and Titis Rohmat Hasan. 2023. “Pelatihan Dan Pendampingan Guru Matematika Dalam Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Ethnomathematics Pada Pembelajaran Matematika Smp Di Kartasura Jawa Tengah.” Jurnal Terapan Abdimas 8(2):195. doi: 10.25273/jta.v8i2.15004.
Wibowo, H. S. 2023. Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran Yang Inovatif Dan Efektif. Tiram Media.