PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SD

Chatarina Yunita Ayu Kusuma
Danang Setyadi - [ https://orcid.org/0009-0008-1886-7645 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7518

Abstract


Salah satu kesulitan siswa sekolah dasar adalah memahami penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk soal cerita, hal ini diduga karena mayoritas siswa belajar hanya menggunakan buku matematika tradisional yang berisi mengenai soal-soal latihan saja. Buku tersebut dirasa kurang sesuai dengan perkembangan kognitif menurut Piaget, hal ini karena berdasarkan Piaget anak usia 7-11 tahun masuk pada tahap berfikir operasional konktet berdasarkan teori tersebut anak seharusnya belajar dengan menggunakan benda-benda konkrit atau gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar yang valid dan praktis. Media yang dikembangkan adalah buku cerita bergambar berjudul “Pisang Moni” materi penjumlahan dan pengurangan untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan mengunakan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi, yang digunakan untuk mengetahui kavalidan buku tersebut untuk digunakan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara angket oleh responden yang terdiri dari guru kelas I dan 5 orang tua siswa dari SD Kanisius Jimbaran serta guru kelas I dan 5 orang tua siswa SD Negeri Poncoruso. Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan memiliki tingkan validasi 91% dan kepraktisan 94 %. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar materi penjumlahan dan pengurangan untuk siswa SD valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Buku cerita bergambar; Penjumlahan dan Pengurangan; Pengembangan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Asih Mandarti, M. P., Hengkang Bara Saputrom M.Pd., & Yeyen Febrilia, S. Pd. (2023). PERKEMBANGAN KOGNITIF MATEMATIKA SEKOLAH DASAR (1st ed.). K-Media.

Dewi, V., & Ompusunggu, K. (2022). PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN MANFAATNYA DI SMPNEGERI 1 PARANGINAN THE USE OF MEDIA IN MATHEMATICS LEARNING AND THEIR BENEFITS IN SMP NEGERI 1 PARANGINAN (Vol. 1, Issue 18).

Dr.Paul Suparno. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piagest. KANISIUS.

Ellyana. Elfi, Jayanti, I. S., & Milasari, D. (2023). 41160-109972-1-PB (4). Jurnal Bina Desa, 5(Buku Matematika Bergambar untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika), 1. https://journal.unnes.ac.id/nju/jurnalbinadesa/article/download/41160/14048?

Faudya Harsyanda, E., Luthviyah, S., Manda, A., Kurnia, B., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Nusa Putra, U., Sukabumi, K., & Jawa Barat, P. (n.d.). JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V.

Fitriyani, D., Saefurohman, A., Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah, J., Tarbiyah dan Keguruan, F., Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U., & Pendidikan Guru Madrasah Ibtida, J. (2023). Analysis of Learners’ Learning Difficulties on Addition and Subtraction Materials. In Desember (Vol. 10, Issue 2).

Hanifa Hafiza, Widia Riska Fitriani, & Titik Mariyani. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI BERBAGAI MACAM MEDIA PEMBELAJARAN. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 154–167. https://doi.org/10.32665/abata.v4i2.3391

Hasanah, U., & Author, C. (2023). EDUKASI: JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 2 SD.

Imanulhaq, R., & UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, P. (2022). ANALISIS TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA TAHAP ANAK USIA OPERASIONAL KONKRET 7-12 TAHUN SEBAGAI DASAR KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal WANIAMBEY : Journal of Islamic Education, 3(2).

Jala, W. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas IV SD Inp. Maulafa. In REFLEKSI (Vol. 13, Issue 1). https://p3i.my.id/index.php/refleksi

Karolina Tanjung, M., Panjaitan, M. B., Thesalonika, E., & Pematang Siantar, N. (2022). Pedagogika:Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 1 SD NEGERI 095130 SENIO BANGUN. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 162–168. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2year2022

Kristina, O. :, & Permatasari, G. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH (Vol. 17).

Mirnawati, & Penelitian. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa ABSTRAK. 9(1). https://jurnaldidaktika.org/

Muchtadi, M., Haryadi, R., & Sapitri, M. (2023). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR ANIME MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA MATERI LINGKARAN. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 19. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8203

Nainggolan, E. (2023). Penggunaan Sumber Belajar Dalam Pengajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 1(4), 46–56. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i4.1465

Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN MANFAATNYA DI SEKOLAH DASAR SWASTA PLUS AR-RAHMANIYAH. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Nurhayati, I. D., Bachri, B. S., & Fitri, R. (2024). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 600–609. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.705

Purwaningrum, J. P., Slamet Kusmanto, A., Ahyani, L. N., & Purwoko, R. Y. (2023). JURNAL EDUPEDIA. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia

Rohmah, U. (2025). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan dan Pendidikan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 130–138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.5918

Siarnagama, L., Peranginangin, H., & Rahim, A. (2023). 4921-17498-1-PB. Jurnal Pendidikan Mandal, 8(Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika), 290–293. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/download/4921/3538?

Siswanto, E. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8.

Suganda M, V. A., Toybah, T., Laihat, L., Oktavia, M., & Maharani, M. (2021). Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 Berbasis Cerita Bergambar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 262–268. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1849