MEMORISED REASONING: ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM NUMERASI

Zulfa Maziidah
Toto Nusantara
Mochammad Hafiizh


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7520

Abstract


Penalaran matematis merupakan kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi persaingan global yang semakin kompleks. Penalaran berkaitan erat dengan proses kognitif dalam numerasi sehingga termasuk sebagai komponen yang diukur dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM numerasi berdasarkan perspektif Lithner, khususnya tipe memorised reasoning. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP Kota Malang terakreditasi “A”. Data dikumpulkan melalui pemberian soal AKM numerasi kepada 60 siswa dengan kemampuan matematika heterogen dan wawancara dengan subjek terpilih melalui purposive sampling. Butir soal dan pedoman wawancara disusun oleh peneliti dan divalidasi ahli. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Sedangkan keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian siswa dengan Memorised Reasoning (MR) dalam soal AKM numerasi masih didominasi oleh hafalan tanpa pemahaman konseptual yang mendalam. Siswa cenderung mengajukan dugaan dengan meniru pola penyelesaian yang pernah mereka pelajari tanpa memahami konsepnya. Siswa menuliskan jawaban secara instan tanpa memberikan alasan yang mendukung dan kurang cermat dalam mengidentifikasi informasi penting. Manipulasi matematika dilakukan secara mekanis dengan berorientasi pada hasil akhir tanpa menunjukkan proses yang rinci. Hal ini menyebabkan kesimpulan yang diperoleh tidak selalu valid karena kurang dapat dipertanggungjawabkan secara logis. Kondisi ini menunjukkan bahwa penalaran berbasis hafalan belum cukup efektif dalam menghadapi soal yang lebih kompleks dan menuntut pemahaman yang lebih mendalam.

Keywords


Asesmen Kompetensi Minimum; Memorised Reasoning; Numerasi; Penalaran Matematis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Amalia, A., Fathurrohman, M., & Fatah, A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 278–288. Retrieved from http://www.jurnal.untirta.ac.id/ index.php/wilangan

Annisa, R. W. S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aplikasi Turunan Ditinjau dari Penguasaan Materi Prasyarat (Turunan Fungsi) Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karanganom Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPPM), 3(6), 590–599. Retrieved from https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v3i6.38132

Anwar, L., Sa’dijah, C., & Murfafi’ah, W. (2022). Asesmen Berbasis HOTS dan Numerasi (1st ed., pp. 51–59). Magetan: AE Media Grafika.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4. Retrieved from https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66

Brodie, K., Coetzee, K., Lauf, L., Modau, S., Molefe, N., & O’Brien, R. (2010). Teaching mathematical reasoning in secondary school classrooms. In Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. Springer US. Retrieved from https://doi.org/10.1007/978-0-387-09742-8

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 103–112. Retrieved from https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1404

Eliza, R., Sepriyanti, N., & Husniyah, U. (2023). Penerapan Pendekatan Berpikir Metaforis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Mathema Journal, 5(2). Retrieved from https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2678

Elvandari, N. N., & Hanifah, U. (2022). Analisis Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. Masamus Jurnal of Mathematics Education, 5(1), 11–17. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mathematics

Fadhila, Y., & Sukmawati. (2023). Analisis Penalaran Pada Soal Bilangan Dalam Buku Matematika Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1, 44–56. Retrieved from https://pusdikra-publishing.com/index.php/jisc

Hajar, S., Sofiyan, & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 2(2), 32–36. Retrieved from https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413

Herdiansyah, A., Rahardi, R., & Irawati, S. (2023). Pengembangan LKS Beracuan Problem Based Learning untuk Mendeskripsikan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–43. Retrieved from https://doi.org/ 10.31004/cendekia.v8i1.1893

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., Pujia, D., & Balkist, S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. PRISMA, 8(1), 68–79. Retrieved from https://jurnal.unsur.ac.id/prisma

Izzuddin, Moch. (2018). Profil Penalaran Plausible Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Dibedakan Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. (Unpublished bachelor’s thesis) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia.

Jelita, L., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, Universitas Singaperbangsa, Karawang, (pp. 803–808).

Karimah, L. N., Halisa, D. N., Salwa, L. N., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Siswa Kelas V SD. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 202–211. Retrieved from https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3964

Khadijah, S., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 1–12. Retrieved from https://doi.org/10.24256/ jpmipa.v8i1.838

Kollosche, D. (2021). Styles of reasoning for mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 107(3), 471–486. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s10649-021-10046-z

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Lestari, I., & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1–12. Retrieved from https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1179

Lestari, M., Subanji, & Irawati, S. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Matriks. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 550. Retrieved from https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4577

Lithner, J. (2003). Students’ Mathematical Reasoning in University Textbook Exercises. Educational Studies in Mathematics, 29–55. Retrieved from https://doi.org/10.1023/A:1023683716659

Lithner, J. (2006). A framework for Analysing Creative and Imitative Mathematical Reasoning. Education Studies in Mathematics, 67, 255–276. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s10649-007-9104-2

Lithner, J. (2008). A research framework for creative and imitative reasoning. Educational Studies in Mathematics, 67(3), 255–276 Retrieved from. https://doi.org/10.1007/s10649-007-9104-2

Marian, F. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Materi Himpunan. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 2–13.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV Irdh.

Mukuka, A., Balimuttajjo, S., & Mutarutinya, V. (2023). Teacher efforts towards the development of students’ mathematical reasoning skills. Heliyon, 9(4). Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14789

Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Genta Mulia, 1, 6–12. Retrieved from https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.212

Najahah, L., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesalahan yang Dilakukan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS: Analisis Newman. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(3), 2654–4210. Retrieved from https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8387

Nugroho, P. B., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Handayani, R. (2020). Critical Thinking Disposition: The Persistence of Skeptical Students in Completing Mathematical Problems. SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019), 10–17. Retrieved from https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.109

Nurussalamah, A., & Marlina, R. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5). Retrieved from https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1255-1268

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) (PISA). OECD. Retrieved from https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Özaydin, Z., & Arslan, Ç. (2022). Assessment of Mathematical Reasoning Competence in Accordance with PISA 2021 Mathematics Framework. Kuramsal Eğitimbilim, 15(3), 453–474. Retrieved from https://doi.org/10.30831/akukeg.1027601

Pertiwi, S., & Muttaqien, A. (2022). Reasoning and Mathematical Understanding Ability of Junior High School Stucents on the Pythagorean Theorem Material. Paper presented at The 3rd UMY Grace 2022, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta, (pp. 309–313).

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kemendikbudristek.

Pusat Asesmen Pendidikan. (2023). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) (Revisi Tahun 2023). Kemendikbudristek.

Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2). Retrieved from https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP. PRISMA, 9(2). Retrieved from https://jurnal.unsur.ac.id/prisma

Rokhayah, S., Khamdun, & Ulya, H. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(1). Retrieved from https://doi.org/10.22460/p2m.v8i1p63-73.2456

Sanit, I. N., Subanji, & Sulandra, I. M. (2019). Profil Penalaran Aljabaris Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1213–1221. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Sapa’at, A. (2020). Pengembangan Keterampilan Berpikir Matematis Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 10(1).

Sari, F. E. R. (2023). Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Sukirwan, Darhim, D., & Herman, T. (2018). Analysis of students’ mathematical reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). Retrieved from https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012036

Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. (2018). Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampuan Awal. IMED: Issues in Mathematics Education, 3(2), 111–118. Retrieved from https://doi.org/10.35580/imed11047

Ulpa, F., Maharani, S. A., Marifah, S., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. Retrieved from https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. Retrieved from https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika (T. Sutanti, Ed.). Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Wicaksana, Y. (2017). Penalaran Matematis dan Kerja Keras Siswa Pembelajaran Matematika Berorientasi Teori APOS Berbantuan Permainan Monopoli. PRISMA. Paper presented at Seminar Nasional Matematika X, Universitas Negeri Semarang, Semarang, (pp. 305-311)

Wildaniati, Y. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Dewantara, 8(2), 265–276. Retrieved from https://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/ view/119

Yanti, A. W., & Laily, A. R. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Gaya Kognitif dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 244–263. Retrieved from https://doi.org/ 10.31004/cendekia.v8i1.2842