ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT TIPE CAMPER

Adiba Maftuha
Susiswo Susiswo
Sisworo Sisworo


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7550

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari  adversity quotient tipe camper. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Sumenep. Subjek pada penelitian ini sebanyak 3 siswa kelas X dengan tipe camper. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencakup angket adversity quotient, tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif, serta wawancara.. Terdapat tiga tahap teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil dari penelitian ini adalah ketiga subjek tipe camper memenuhi aspek bepikir keatif yang berbeda-beda. S1 memenuhi aspek fluency, S2 memenuhi aspek fluency dan flexibility, dan S3 memenuhi aspek flexibility dan novelty. Namun, siswa dengan tipe camper tidak berupaya lebih lanjut untuk mencari jawaban yang benar dan hanya mengerjakan sebatas kemampuannya. Adversity quotient bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi kreativitas berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Oleh sebab itu, dibutuhkan upaya-upaya guru untuk meningkatkan berpikir kreatif dengan membiasakan siswa menyelesaikan masalah matematika yang memfasilitasi siswa berpikir kreatif.


Keywords


Berpikir Kreatif; Masalah Matematika; Adversity Quotient; Camper

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Damayanti, N., & Kartini. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.691

Hasan, M. F., Supandi, & Happy, N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th Senatik), 4, 100–112.

Haylock, D. W. (1987). Mathematical Creativity in Schoolchildren. The Journal of Creative Behavior, 21(1), 48–59. https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.1987.tb00452.x

Hidayah, N., Darmono, P. B., & Purwaningsih, W. I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 114–123. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/ jurnal phythagoras/article/view/2644

Imanda, K. N., Rahardi, R., & Rahardjo, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Tipe Campers dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1517–1526. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1372

Kurniasih, A. W., Purwanto, Hidayanto, E., & Subanji. (2022). Teachers’ Skills for Attending, Interpreting, and Responding to Students’ Mathematical Creative Thinking. Mathematics Teaching-Research Journal, 14(2), 157–185.

Mahareni, D. M., & Wijayanti, P. (2018). Profil Siswa Smp Dalam Memecahkan Soal Timss Ditinjau Dari Tingkat Adversity Quotient. MATHEdunesa, 7(3), 663–668. https://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/mathedunesa/article/view/26115

Marsitin, R., Sa’dijah, C., Susiswo, S., & Chandra, T. D. (2022). Creative Mathematical Reasoning Process of Climber Students in Solving Higher Order Thinking Skills Geometry Problems. TEM Journal, 11(4), 1877–1886. https://doi.org/10.18421/TEM114-56

Munir, A., & Awan, O. A. (2022). Creative Thinking: Its Importance and How to Cultivate It. Academic Radiology, 29(10), 1610–1612. https://doi.org/10.1016/j.acra.2021.06.001

Nurfajrianti, N., Hidayat, E., & Natalliasari, I. (2023). Proses Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Kongruen, 2(4), 198–201. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen/article/ view/10963%0 Ahttps://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen/article/viewFile/10963/3383

Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 161–172. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2228

Nurhayati, N., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2022). Proses Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Mason Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 615–634. https://doi.org/10.31004/ cendekia.v6i1.1239

Pertiwi, N. L. C., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Hubungan Antara Adversity Quotient (Aq) Dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(2), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21707

Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2118

Putri, Aprila, P., & Masriyah. (2020). PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT-INTROVERT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Rafiqa, S., Rochaminah, S., & Rizal, M. (2020). Creative Thinking Profile of Senior High School Class X Students in Mathematics Problem-Solving in Reviewed of Adversity Quotient. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.22487/j25490192.2019.v3.i1.pp45-53

Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121. https://doi.org/10.31000/ prima.v4i2.2668

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263

Silver, E. A. (1997). Kreativität fördern durch einen unterricht, der reichist and situationen des mathematischen problemlösens und aufgabenerfindens. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x

Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Students ’ Creative Thinking in Solving. IndoMs JME, 1(1), 17–40.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity quotient: Turning obstacles into opportunities = Adversity quotient: Mengubah Hambatan menjadi Peluang. Jakarta: PT Grasindo.

Supriyono, & Purwaningsih, W. I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(2), 157–167.

Susiswo, S., Rosyadi, A. A. P., Utami, O. R. P., Sudirman, S., Lestyanto, L. M., & Azizah, A. (2022). Eksplorasi Persepsi Calon Guru Dalam Menyelesaikan Masalah Kontroversial Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2977. https://doi.org/ 10.24127/ajpm.v11i4.6163

Syaibani, H. A., A, D., & A, H. (2017). The Analysis of Student’s Creative Thinking Skills in Solving “Rainbow Connection” Problem through Research Based Learning. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(7). https://doi.org/10.18535/ijsshi/v4i8.14

Widiyanto, A., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Adversity Quotient Pada Materi Dimensi Dua. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 64. https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.45442