STRATEGI REPRESENTASI VISUAL DAN PEMECAHAN MASALAH NUMERASI: ANALISIS METODE GIOIA PADA SISWA SMP

Maulidatul Hassanah
Toto Nusantara
Rustanto Rahardi


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7626

Abstract


Masalah numerasi masih menjadi tantangan bagi banyak siswa SMP, terutama dalam memahami, menganalisis, dan menyelesaikan soal berbasis konteks dunia nyata. Kesulitan ini sering kali disebabkan oleh keterbatasan dalam merepresentasikan informasi masalah secara visual maupun simbolik, yang berdampak pada kurangnya keterampilan dalam menyusun strategi pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi representasi visual dan pemecahan masalah numerasi yang digunakan siswa SMP dengan pendekatan metode Gioia. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan subjek tiga siswa kelas VIII SMPN 1 Sampit yang dipilih secara purposif yakni berdasarkan kategori representasi lengkap. Data dikumpulkan melalui tugas pemecahan masalah numerasi dan wawancara semi-terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan tiga tahap metode Gioia: first-order concept, second-order theme, dan aggregate dimension. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap first-order concept, kutipan langsung siswa diklasifikasikan menjadi strategi awal. Pada tahap second-order theme, strategi tersebut dikelompokkan menjadi pola umum yang lebih abstrak, Selanjutnya, pada tahap aggregate dimension, pola-pola tersebut dikonstruksi menjadi enam strategi utama dalam pemecahan masalah numerasi: (1) pemanfaatan representasi visual untuk memahami masalah, (2) penggunaan strategi simbolik untuk menyederhanakan analisis, (3) pendekatan sistematis dalam penyelesaian masalah, (4) pengambilan keputusan berbasis logika dan kuantifikasi, (5) adaptasi solusi terhadap kendala praktis, dan (6) evaluasi serta validasi solusi dalam konteks dunia nyata. Strategi ini membantu siswa mengorganisasi informasi, menyusun perhitungan yang lebih efisien, serta menyesuaikan solusi dengan kondisi nyata. Oleh karena itu, pembelajaran matematika perlu menekankan penguatan keterampilan representasi, berpikir sistematis, dan reflektif untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah numerasi secara efektif.

Keywords


metode Gioia; pemecahan masalah numerasi; pendekatan sistematis; representasi simbolik; representasi visual

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ahmad, A., Salim, S. S., & Zainuddin, R. (2008). Supporting Mathematical Communication in Word Problem Solving Through a Cognitive Tool 3 Communication in Word Problem Solving. WSEAS TRANSACTIONS on COMPUTERS, 7(4), 30–34

Ahyansyah. (2019). Kemampuan Literasi Matemaika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional, Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 78–87

Ali, S. R., & NorainiIdris, D. D. (2013). A Model to Identify the Level of Numeracy Understanding of Primary School Pupils: A Case Study. International Journal of Computer Applications, 67(5), 41–49. https://doi.org/10.5120/11395-6694

Boonen, A. J. H., Van Wesel, F., Jolles, J., & Van der Schoot, M. (2014). The role of visual representation type, spatial ability, and reading comprehension in word problem solving: An item-level analysis in elementary school children. International Journal of Educational Research, 68, 15–26. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2014.08.001

Chasanah, A., Faradiba, S. S., & Ilmi, Y. I. N. (2023). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Pengetahuan Metakognitif. Jurnal Penelitin, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18, 1–9

Duval, R. (2006). A Cognitive Analysis of Problems of Comprehension in a Learning of Mathematics. Educational Studies in Mathematics, 61(1–2), 103–131. https://doi.org/10.1007/s10649-006-0400-z

Faradiba, R., Susiswo, & As’ari, A. R. (2019). Representasi Visual Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4, 885–891. https://doi.org/10.31597/ja.v1i1.164

Fatimah, Y., Budi Waluya, S., & Mashuri. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Representasi Matematis Pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 808–813. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471

Garderen, D. van. (2004). Focus on inclusion reciprocal teaching as a comprehension strategy for understanding mathematical word problems. Reading and Writing Quarterly, 20(2), 225–229. https://doi.org/10.1080/10573560490272702

Gioia, D. A., Corley, K. G., & Hamilton, A. L. (2013). Seeking Qualitative Rigor in Inductive Research: Notes on the Gioia Methodology. Organizational Research Methods, 16(1), 15–31. https://doi.org/10.1177/1094428112452151

Goldin, G. A. (2008). Perspectives on Representation in Mathematical Learning and Problem Solving. Handbook of International Research in Mathematics Education, 2, 176–201. https://doi.org/10.4324/9780203930236.ch32

Hadiawati, H. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kerinci Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 784–790. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1061

Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology and Society, 10(2), 191–212.

Iswara, H. S., Ahmadi, F., & Ary, D. Da. (2022). Numeracy Literacy Skills of Elementary School Students through Ethnomathematics-Based Problem Solving. Interdisciplinary Social Studies, 2(2), 1604–1616. https://doi.org/10.55324/iss.v2i2.316

Komala, E., & Sarmini, S. (2020). Kemampuan Representasi Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning. Prisma, 9(2), 204–212. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1078

Lestari, N. D. S., Murtafi’ah, W., Lukitasari, M., Suwarno, & Putri, W. S. (2022). Identifikasi Ragam dan Level Kemampuan Representasi pada Desain Masalah Literasi Matematis dari Mahasiswa Calon Guru. Kadikma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 11–23.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Maulana, S. D., & Santosa, C. A. H. F. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA pada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 7(1), 94–105. https://doi.org/10.31539/judika.v7i1.8341

Mellyzar, M., Novita, N., Muliani, M., Marhami, M., & Retnowulan, S. R. (2023). the Literacy and Numeracy Ability Profile Which Are Viewed From Minimum Assessment Components (Akm). Lantanida Journal, 11(2), 168. https://doi.org/10.22373/lj.v11i2.19866

Muhazir, A., Hidayati, K., & Retnawati, H. (2020). Literasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Ditinjau dari Perbedaan Kebijakan Sistem Zonasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 227–245. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36255

Nuraini, I., Lubis, D. I., & Wandini, R. R. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Visual Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2211–2216.

Nursidrati, N. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Soal-soal Investigasi. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(1), 134–146. https://doi.org/10.47165/jpin.v5i1.251

OECD. (2023a). PISA 2022 Results: Factsheets- Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

OECD. (2023b). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In Perfiles Educativos (Issue 183). OECD Publishing. https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Piaget, J. (2008). Intellectual Evolution from Adolescence to Adulthood. Human Development, 51(1), 40–47. https://doi.org/10.1159/000112531

Polya, G. (1973). How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method (Second ed). Princeton University Press.

Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1169–1180. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1169-1180

Ramadhani, M. H., Kartono, K., Haryani, S., Marwoto, P., & Mulyono, S. E. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri Ngijo 02 Gunungpati. Jurnal Educatio, 9(1), 168–176. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4518

Sholehah, M., Wisudaningsih, E. T., & Lestari, W. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience, 1–321. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10121-7

Stylianou, D. A. (2010). Teachers’ Conceptions of Representation in Middle School Mathematics. Journal of Mathematics Teacher Education, 13(4), 325–343. https://doi.org/10.1007/s10857-010-9143-y

Suwartia, Ramadani, Y., Fajri, A., Syaiful, & Maison. (2022). Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Mathedunesa, 7, 796–809.

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving: A case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(17), 279–308.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090