PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 34 BANDAR LAMPUNG

Hana Sajidah
Rini Asnawati
Santy Setiawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7708

Abstract


Penelitian ini menyelidiki pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan menggunakan metode kuasi-eksperimental, penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 34 Bandar Lampung pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025, yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Dua kelas - VIII-3 dan VIII-5, masing-masing terdiri dari 30 siswa - dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain posttest-only. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes deskriptif yang terdiri dari tiga soal yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis untuk memastikan bahwa data terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Data kemudian dianalisis menggunakan independent samples t-test. Hasilnya menunjukkan bahwa t-hitung melebihi nilai t-tabel, yang mengarah pada penolakan hipotesis nol. Temuan ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik dalam kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan RME dan siswa yang menerima pengajaran konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME secara positif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis siswa

Keywords


realistic mathematics education; berpikir kritis matematis; pengaruh

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Facione, P. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. https://www.researchgate.net/publication/251303244

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096

Halim, A. (2023). Application of a Realistic Learning Model to Improve Student Learning Outcomes with Division and Multiplication Material in Class IV MIN 19 Bireuen (Indonesia, Trans.). Jurnal Pendidikan Intelektium, 2, 55–64. https://doi.org/10.37010/int.v4i2.1134

Irawati, Jafar, & Arapu La. (2022). 21356-89180-1-PB. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10, 435–448. https://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/21356/17285

Isnaini, R. N., & Aini, N. (2024). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika SDN Ploso. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1462–1471. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3279

Karim, N. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JUCAMA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Vol. 3, Issue 1).

Kurnia Asih, A., Bambang Irawan, E., & Sa’dijah, C. (2017). PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2, 524–530. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pandia, W., & Sitepu, I. (2022). Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematika. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6, 1943–1944. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.40

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Rahayu, B. N. A., & Dewi, N. R. (2022). 54190-Article Text-154757-1-10-20220205 (1). PRISMA, 5, 297–303.

Rani, F. N., Napitupulu, E., & Hasratuddin. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education DI SMP Negeri 3 Stabat.

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TIPE PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi

Sachdeva, S., & Eggen, P.-O. (2021). Learners’ Critical Thinking About Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0644. https://doi.org/10.29333/iejme/11003

Setyaningsih, R., Haryanto, H., & Rhosyida, N. (2021). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1658. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3859

Soraya, F. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN RAWAJATI 06 PAGI. 4(2), 2614–0136. https://doi.org/10.26555/jpsd

Sugiyono. (2017). metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-r-ampamp-d-prof-dr-sugiyono-2017_compress (25th ed.). Alfabeta.

Trimahesri, I., Tyas, A., Hardini, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. TSCJ, 2(2).

Triwidayati, N., Sunardi, & Ketut Budiastra, A. (2024). ELSE (Elementary School Education Journal) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal), 8, 160–169. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd

Uyen, B. P., Tong, D. H., Loc, N. P., & Thanh, L. N. P. (2021). The effectiveness of applying realistic mathematics education approach in teaching statistics in grade 7 to students’ mathematical skills. In Journal of Education and e-Learning Research (Vol. 8, Issue 2, pp. 185–197). Asian Online Journal Publishing Group. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2021.82.185.197

Wahyuni, M., & Erna Lira, P. (2023). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Journal of Education Research, 4(4), 2023.

Widyastuti, S., Pujiastuti, P., Widyastuti, N. S., Sd, P., Yogyakarta, T., & Yogyakarta, U. N. (2014). PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR LOGIS SISWA. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193.

Yunianingsih, E., Meliasari, & Jaya, I. (2024). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan Visualisasi Spasial. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 147–160. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta