ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal on Education, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.31004/JOE.V1I1.5
Ariani, S., Prayitno, S., Yulis Tyaningsih, R., & Arjudin, A. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Materi Barisan Dan Deret Di Masa Pandemi COVID-19. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 931–941. https://doi.org/10.29303/GRIYA.V2I4.250
Astuti, P., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Soal-Soal Materi Segi Empat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 807. https://doi.org/10.22460/JPMI.V1I4.P807-818
Cahya, I. M., Effendi, K. N. S., & Roesdiana, L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 62–70. https://doi.org/10.24176/ANARGYA.V4I1.6080
Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1928–1934. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I5.695
Creeswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288–296. https://doi.org/10.31004/JOE.V1I2.66
Fariha, M., & S, I. R. K.-K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Ice Breaking Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTs Zia Salsabila. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 490–501. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6406
Fatunnisa, S. H., & Fitri, H. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII.4 SMP N 1 2 X 11 Kayutanam. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 39–51. https://doi.org/10.28918/CIRCLE.V1I02.3930
Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.24815/JDM.V7I1.14371
Fitriani, A., & Yusri, F. (2022). Tingkat Kemandirian Belajar Pada Remaja. Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.37064/CONSILIUM.V9I1.11332
Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., Hanggara, Y., & Kepulauan, U. R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/ABSIS.V4I1.894
Lukmanul, H., Sukestiyarno, Y. L., & Zaenuri, Z. (2022). Mathematical Reasoning Ability from Student Learning Independence Side in Problem Based Learning Assisted Ethnomathematical Comics Module. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/50792
Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2020). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.31000/PRIMA.V4I1.2081
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Prayito, M. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Belajar Garis dan Sudut dengan GeoGebra. Dalam Suska Journal of Mathematics Education (Vol. 2, Nomor 1).
Poakuma, Y. A., Samo, D. D., & Udil, P. A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Kupang Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Haumeni Journal of Education, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.35508/HAUMENI.V3I2.11866
Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.34312/EULER.V8I1.10392
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Universitas Pendidikan Indonesia. https://www.academia.edu/10346582/BERFIKIR_DAN_DISPOSISI_MATEMATIK_APA_MENGAPA_DAN_BAGAIMANA_DIKEMBANGKAN_PADA_PESERTA_DIDIK
Suryani, N. E., Utami, C., & Husna, N. (2023). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 21–39. https://doi.org/10.33222/JUMLAHKU.V9I1.2820
Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602–2614. https://doi.org/10.24127/AJPM.V10I4.4369
Wardhani, S. (2008). Analisis SKI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan.
Wulandari, A. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 1(2), 151–162. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.3648
Yanuarto, W. N., & Qodariah, L. N. (2020). Deskripsi Literasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 41–53. https://doi.org/10.31002/MATHLOCUS.V1I2.1070