ANALISIS PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SD

Musrifah Musrifah
Filian Yunita Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7885

Abstract


Pemecahan masalah merupakan aktivitas utama siswa dalam pembelajaran matematika sehingga penting untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Penelitian ini berfokus untuk untuk mengetahui pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SD. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Trans Bangsa Negara dan melibatkan 15 siswa kelas IV yang dipilih sebagai sampel penelitian melalui teknik sampling jenuh. Metode kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental tipe One-Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui tes uraian lima soal berdasarkan indikator pemecahan masalah Polya. Hasil analisis menggunakan uji paired sampel t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan PMRI. Artinya terdapat pengaruh penggunaan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SD.

Keywords


Desain pra-eksperimen; Pendekatan PMRI; Pemecahan masalah matematis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Chabibah, U., & Khoiri, M. (2025). Eksplorasi konsep matematika dalam aktivitas etnomatematika petani padi. 3(1).

Damayanti, N., & Kartini. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.691

Firdaus, A., Sugilar, H., & Aditya, A. H. Z. (2023). Teori Konstruktivisme dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis. Gunung Djati Conference Series, 28, 30–38. http://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1776

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantu alat peraga edukatif terhadap pemecahan masalah matematika di kelas iv sdn 14 way serdang mesuji Skripsi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Handayani, P., Satrio, A., Pd, A. S., & Pd, M. (2018). Studi Literatur : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Math Trails dengan PBL. 43–54.

Khaerani, A., & Lestari, R. T. (2024). Impelementasi Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa. 1(2), 168–173.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Madrasah Aliyah pada materi pola bilangan. Journal On Education, 1(2), 156–162. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/40

Matondang, K., Saragih, R. M. B., & Daulay, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 142–148. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595

Melyanti, R., Rohana, & Syahbana, A. (2019). Pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan adversity quotient. Jurnal Pendidikan Matematika (AdMathEdu), 9(2), 101–110. https://www.journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/11117

Nengsih, R. (2023). Penerapan pendekatan PMRI dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 10–18. https://ejournal.lppinpest.org/index.php/jipendik/article/view/11

Nopri. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran PMRI Pada Peserta Didik Kelas III B. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.32923/edugama.v9i1.3140

Nurhidayah, L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Soal Cerita Kelas IV SD Negeri 4 Sukadamai. 1–57.

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran. Matematika Realistik Indoneisa.THEOREMS, 2 (2)(2), 70–79. https://redirect.is/g7bat78. [diakses pada tanggal 20 November 2020

Pirmanto, Y., Farid Anwar, M., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-langkah Menurut Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384

Ramadhani, N. F., & Aini, I. N. (2020). (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 754–761.

Rosita, N., Rahayu, W., & Makmuri. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept matematis dengan pendekatan PMRI. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Sekolah Dasar, 3(2), 99–110. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/19448

Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). (2024). Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813–827. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3185

Salsabilla, A. (2020). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Indonesian Journal Of Education Mathematics, 1(1), 9–12.

Sari, I., Zuhri, M. S., & Rubowo, M. R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 391–400.

Sari, F.Y., Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri, Ely Susanti, & Duano Sapta Nusantara. (2024). Ratio Material Learning Design Using the Context of Cooking Rice to Help Elementary Students Understand Concepts. Inomatika, 6(1), 54–66. https://doi.org/10.35438/inomatika.v6i1.443

Sari, F. Y., Sukestiyarno, & Walid. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Adversity Quotient. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 357–368.

Sari F Y, Sugiman, Asikin M, Mulyono, & Agoestanto A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model means end analysis (MEA) berbatuan soal open ended. Musamus Journal of Mathematics Education, 5 (1), 1-10.

Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.690

Utami, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34720

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341