ANALISIS PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Iwan Tegar Mandiri
Adi Nur Cahyono


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7904

Abstract


Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika masih menunjukkan kecenderungan rendah, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang tepat guna mengatasinya. Salah satu alternatif solusi yang potensial adalah pemanfaatan multimedia interaktif berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan membandingkan tingkat efektivitas multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika berdasarkan hasil studi-studi terdahulu yang dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional selama periode 2018–2025. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur. Data diperoleh melalui penelusuran artikel ilmiah dari database Google Scholar dan Scopus dalam rentang waktu 2019–2024, dengan fokus pada efektivitas penggunaan multimedia interaktif dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan multimedia interaktif mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kategori sedang hingga tinggi, dengan rentang nilai normalized gain antara 0,37 hingga 0,815. Elemen-elemen interaktif yang disajikan dalam media tersebut memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong keterlibatan aktif siswa dan membangun kemampuan berpikir kritis dalam konteks pembelajaran matematika.

Keywords


multimedia; interaktif; berpikir kritis; matematika

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Al Husna, L., MZ, Z. A., & Rian Vebrianto. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159

Balqis, P. (2019). Implementasi Permainan Tradisional Patak Suku dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 10–15. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.29027

Enrekang, U. M., & Pembelajaran, M. (n.d.). Literature Review : Media Game Edukasi Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. 5(4), 4382–4390.

Fauzi, Y. N., Riana Irawati, & Ani Nur Aeni. (2022). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1537–1549. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2749

Husna, L., Studi, P., Matematika, P., & Raya, U. S. (2025). PERANCANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL. 6(1), 232–239.

Irawan, E., & Suryo, T. (2017). Implikasi Multimedia Interaktif Berbasis Flash Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 33. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.17

Isnaneny, F. Y., Sajidan, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Ums Pada Materi Sistem Gerak Manusia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 111. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19798

Jannah, R., Soraya, R. A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. 1991–1998.

Ni’mah, N., & Zutiasari, I. (2023). Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator (SAC) to Improve Student Learning Outcomes. 8(2), 143–150. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-302-3_18

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p361-370

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Oktaviani, I., Triana, T., & Purwanto, E. (2024). Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Duta Abdimas, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.47701/abdimas.v3i1.3765

Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 125. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746

Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEM PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEM PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA, 1(3), 36–46. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103

Pratiwi, yeni putri. (2012). Pengaruh Model. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(November 2012), 368–378.

Ramadhani, A., & Aufa. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Game Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2691–2700.

Riset, J., & Pendidikan, H. (2024). Kognitif. 4(September), 1226–1240.

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Deskripsi Kebutuhan E-Modul Berbantuan Smartphone Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(3), 203. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i3.13292

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Susanti, S., Pomalao, S., Resmawan, R., & Hulukati, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menggunakan Multimedia Interaktif. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(1), 37–46.

Ulviah, L. (2024). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 7(3), 1–23.

Widiyatmoko, A., Utaminingsih, S., & Santoso. (2021). Android-based math learning to improve critical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012091

Wulandari, E., Annidya Putri, I., & Napizah, Y. (2022). Multimedia Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22834

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891