ANALISIS PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Al Husna, L., MZ, Z. A., & Rian Vebrianto. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159
Balqis, P. (2019). Implementasi Permainan Tradisional Patak Suku dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 10–15. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.29027
Enrekang, U. M., & Pembelajaran, M. (n.d.). Literature Review : Media Game Edukasi Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. 5(4), 4382–4390.
Fauzi, Y. N., Riana Irawati, & Ani Nur Aeni. (2022). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1537–1549. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2749
Husna, L., Studi, P., Matematika, P., & Raya, U. S. (2025). PERANCANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL. 6(1), 232–239.
Irawan, E., & Suryo, T. (2017). Implikasi Multimedia Interaktif Berbasis Flash Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 33. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.17
Isnaneny, F. Y., Sajidan, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Ums Pada Materi Sistem Gerak Manusia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 111. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19798
Jannah, R., Soraya, R. A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. 1991–1998.
Ni’mah, N., & Zutiasari, I. (2023). Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator (SAC) to Improve Student Learning Outcomes. 8(2), 143–150. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-302-3_18
Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p361-370
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Oktaviani, I., Triana, T., & Purwanto, E. (2024). Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Duta Abdimas, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.47701/abdimas.v3i1.3765
Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 125. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746
Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEM PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS STEM PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA, 1(3), 36–46. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103
Pratiwi, yeni putri. (2012). Pengaruh Model. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(November 2012), 368–378.
Ramadhani, A., & Aufa. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Game Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2691–2700.
Riset, J., & Pendidikan, H. (2024). Kognitif. 4(September), 1226–1240.
Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Deskripsi Kebutuhan E-Modul Berbantuan Smartphone Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(3), 203. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i3.13292
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Susanti, S., Pomalao, S., Resmawan, R., & Hulukati, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menggunakan Multimedia Interaktif. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(1), 37–46.
Ulviah, L. (2024). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 7(3), 1–23.
Widiyatmoko, A., Utaminingsih, S., & Santoso. (2021). Android-based math learning to improve critical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012091
Wulandari, E., Annidya Putri, I., & Napizah, Y. (2022). Multimedia Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22834
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891