PENGEMBANGAN PERMAINAN ENGKLEK BANGUN DATAR UNTUK PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD

Fifi Fitriyani - [ https://orcid.org/0009-0006-5174-9179 ]
Destiniar Destiniar
Eka Fitri Puspa Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7915

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media yang valid, praktis, dan efektif yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model addie (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas iv sekolah dasar untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran matematika materi bangun datar . Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan engklek bangun datar yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat valid berdasarkan oleh penilaian ketiga validator dengan skor rata-rata 89,44% termasuk kategori “sangat valid” . Permainan engklek bangun datar juga dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan uji coba one to one total skor rata-rata 92,5% dikategorikan “sangat praktis” dan small group dengan skor 91,33% termasuk kategori “sangat praktis” dan permainan engklek bangun datar memperoleh skor 85,18% menggunkan tes kelompok besar untuk mengetahui kefektifan produk yang di kembangkan di kategorikan “sangat efektif ” . Sehingga, dari data-data di atas bahwa pengembangan permainan engklek bangun datar dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk mengoptimalkan penguasaan peserta didik dalam mengusai materi matematika.

Keywords


ADDIE; bangun datar; permainan engklek

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Adesfiana, Z. N., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model Addie. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147–152.

Eyan, E., Syafruddin, S., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Permainan Engklek Pada Materi Alat Gerak Manusia Untuk Siswa Kelas V (Lima) Sekolah Dasar.

Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66.

Hamzah, U., & Masri, U. (2015). mengelola kecerdasan dalam pembelajaran sebuah komsep pembelajaran berbasis kecerdasan (Y. Fatna (ed.)).

Hermawan, M. A. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 138–142.

Kemendikbudristek. (2022). laporan pisa kemendikbudristek tahun 2022. Khasanah, S. P., Kom, M., Indrawan, D., Lusiana, M. P., Ni’ma, M. A., Abroto, S. P., Dewi, H. R., SP, M. P., Fitria, Z., & Marvida, T. (2022). Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran (C. Puput (ed.)). Cendikia Mulia Mandiri.

Lukmantya, S. A. (2023). Tantangan dan Inovasi dalam Manajemen Kurikulum Abad ke-21. Proceedings Series of Educational Studies, 1 (1).

Neng, M., Ahmad, J., Irnin, A., & Indica, O. (2023). Etnofisika dalam seri permainan tradisional (I. Nazli (ed.)).

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar.

Rahman, A., Simatupang, N., & Sinulingga, A. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional Terhadap Kemapuan Gerak Manipulatif Pada Anak Sekolah Dasar.

Rhama, S. (2022). permainan tradisional nusantara.

Sa’adilla, S., Sofiyan, S., & Fadilah, F. (2022). Dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament ( Tgt ) Pada Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(1), 28–35. Sofiyati, A. A. (2024). pengembangan permainan “gemas (game engklek pembagian modifikasi)” untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas ii sekolah dasar. s1-pgmi iain Syekh Nurjati.

Sri, S., Yoni, S., Rheina, arifin stefany, & Majla, N. (2023). kapita selekta matimatika dasar ( bangun datar dan bangun ruang sisi datar) (Rusli (ed.)).

Sugiyono. (2020). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)).

Sukmawati, R., & Tarmizi, M. I. (2022). pengembangan media pempelajaran engklek berbasis culturally responsive teaching dalam pembelajaran ipas di kelas IV sd negeri tambaksogra 2. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.

Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., Safitri, T., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Brunner pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–349.

Yoga, P., & Laksmi, D. (2023). pengembangan kokurikulum : menumbuhkan potensi, meraih merdeka belajar (A. Amsal & A. Juwintari (eds.)).