ANALISIS MEDIA BOARD GAME PADA PENGENALAN PERBANDINGAN MATEMATIKA DASAR UNTUK AUD: STUDI SLR

Siti Rohmah
Kartika Rinakit Adhe
Andi Kristanto
Miftakhul Jannah
Ruqoyyah Fitri


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8009

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan board game dalam mengenalkan konsep perbandingan matematika dasar kepada anak-anak di usia dini. Konsep-konsep seperti lebih besar, lebih kecil, dan sama dengan adalah elemen penting dalam perkembangan kognitif anak dan merupakan dasar yang krusial untuk pembelajaran matematika ke depannya. Mengingat bahwa anak-anak usia dini biasanya belajar melalui pengalaman langsung dan bermain, board game dianggap sebagai alat pembelajaran yang menarik dan bermanfaat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tinjauan Literatur Sistematis (SLR), dengan melakukan analisis terhadap sepuluh artikel ilmiah yang relevan dari berbagai jurnal baik nasional maupun internasional. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa meskipun ada banyak penelitian yang membahas penggunaan board game dalam pembelajaran matematika, sangat sedikit yang secara khusus mengkaji pemanfaatannya untuk mengenalkan konsep perbandingan kepada anak usia dini. Oleh karena itu, penelitian ini tidak hanya merangkum temuan yang ada, tetapi juga memberikan rekomendasi strategis bagi guru dan pengembang media pembelajaran untuk menciptakan board game yang sesuai dengan konteks dan tahap perkembangan kognitif anak.

Keywords


Board game; perbandingan; matematika; anak usia dini

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Alotaibi, M. S. (2024). Game-based Learning in early Chilhood Education : A Systematic Review and Meta-analysis. Frontiers in Psychology. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1307881

Annisa, N., & Suryana, D. (2024). PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF SMART GEOBOARD TERHADAP MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTINI KABUPATEN KERINCI. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 99–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.24802

Balladares, J., Miranda, M., & Cordova, K. (2024). The Effects of Board Games on Math Skills in Children Attending Prekindergarten and Kindergarten: A Systematic Review. ERIC, 25.

DePascale, M., & Ramani, G. B. (2024). The Role of Math Games for Children’s Early Math Learning: A Systematic Review. Research Gate. https://doi.org/10.31234/osf.io/xkvhb

Himmawan, D. F., & Juandi, D. (2023). Games based learning in mathematics education: A systematic literature review. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30738/union.v11i1.13982

Jumadi, Kristiana, D., & Azam, M. (2025). Pelatihan Penyusunan Modul Pra Matematika (MOPRAMAT) Dalam Mengenalkan Konsep Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.61692/solutif.v3i1.221

Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidelines for performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering.

Liwis, N., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V KECAMATAN BULELENG. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11403

Lubis, N. A., & Umar, A. (2022). Pengenalan Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i1.429

Marini, Murnaka, N. P., & Kusbiantari, D. (2023). Analisis Permainan Petak Umpet dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika pada Anak Usia Dini. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 7(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3478

Mufida, A., & Abidin, M. R. (2021). PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 6-10 TAHUN. Barik : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jdkv.v2i3.42217

Muniroh, A. (2023). Pengenalan Konsep Matematika terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Sentra: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1515/qg7dxs17

Ningtyas, S. I. (2023). PENGGUNAAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH BERPIKIR KREATIF SISWA. Research and Development Journal of Education, 9(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19392

Riani, D., & Maryani, K. (2022). Penggunaan Alat Peraga dalam Pengenalan Konsep Matematika pada Anak Usia Dini di TK AlFalah Kota Cilegon. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5211

Sa’adah, I. I., & Maulidiyah, E. C. (2024). Analysis of Outdoor Learning Programs for Early Childhood at TK Labschool UNESA. JPPI: Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(1).

Salsabila, F. N., Yuhana, U. L., Yuniarno, E. M., & Purnomo, M. H. (2020). Sifte-Math, A Sifteo based Mathematics Assessment Serious Game for Deaf Children. IES: International Electronics Symposium, 620–625. https://doi.org/10.1109/IES50839.2020.9231578

Salwa, S., Amini, A. A. K., Khasanah, A. fatwa, & Hasanah, L. (2022). PENGENALAN KONSEPPENGUKURAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA DONAT SUSUN. Jurnal Kajian Perkembangan Anak, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52484/al_athfal.v5i2.357

Sousa, C., Rye, S., Sousa, M., Torres, P. J., Perim, C., Mansuklal, S. A., & Ennami, F. (2023). Playing at the school table: Systematic literature review of board, tabletop, and other analog game-based learning approaches. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1160591

Sun, L., Kangas, M., Ruokamo, H., & Siklander, S. (2023). A systematic literature review of teacher scaffolding in game-based learning in primary education. Science Direct, 40. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.edurev.2023.100546

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Suryaningrum, C. W., Misyana, & Jatmikowati, T. E. (2022). Playing Mathematics in Early Childhood Based on Semiotics. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 6(2), 601–610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1341

Svane, R. P., Willemsen, M. M., Bleses, D., Krøjgaard, P., Verner, M., & Nielsen, H. S. (2023). A systematic literature review of math interventions across educational settings from early childhood education to high school. Frontiers in Education. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1229849

Syairahma, D., & Widjayatri, D. (2023). SIMULASI GAME EDUPEARL BOARD TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TK ISTIQOMAH. Jurnal Ana’ Bulava, 4(2).

Utami, C. P., & Eliza, D. (2022). Pengaruh Loose Parts Play Terhadap Pengenalan Konsep Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mutiara Ceria Pasaman Barat. JECED: Journal of Early Chilhood Education and Development, 4(2), 183–191. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v4i2.2244

Wulandari, D. T. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME DALAM PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH DASAR. UIN Raden Intan Lampung.