META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Muhamad Rizki Subarkah - [ http://orcid.org/0009-0005-1638-5966 ]
Wardono Wardono
Bambang Eko Susilo


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8045

Abstract


Literasi matematika merupakan kemampuan penting yang memungkinkan peserta didik untuk mempertimbangkan, merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika sebagai jalan keluar untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Berbagai model pembelajaran telah diimplementasikan untuk meningkatkan literasi matematika, namun belum banyak penelitian yang secara spesifik menganalisis efektivitasnya terhadap satu jenjang pendidikan, sehingga belum bisa melihat sampai sejauh mana pengaruh model pembelajaran dapat bekerja. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui dampak dari model instructional (pembelajaran) tertentu yang memiliki efek atau pengaruh kuat dibandingkan model lainnya dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metaanalisis. Implementasi pedoman dari riset ini yaitu Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) yang berguna untuk menyeleksi studi-studi terdahulu yang relevan. Hasilnya diperoleh bahwa nilai efek gabungan dari seluruh studi yang dianalisis sebesar 0.994 ≈ 1,0 yang berarti model atau pendekatan pembelajaran yang diterapkan pada kelompok eksperimen memberikan dampak yang lebih besar dalam mengoptimalkan literasi matematika dibandingkan kelompok kontrol.


Keywords


meta analisis; model pembelajaran; literasi matematika; SMP

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ariati, C., Anzani, V., Juandi, D., & Hasanah, A. (2022). Meta-Analysis Study: Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Student's Mathematical Literacy Ability. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4, 2953-2963. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6182

As Salafy, Y. W., & Susanah. (2022). Perbandingan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities (Meas) dan Pembelajaran Konvensional. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 302-310. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p302-310

Borenstein, M., Hedges, L., & Rothstein, H. (2007). Meta-Analysis Fixed effect vs. random effects. Comprehensive meta-analysis.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education 6th Edition. New York: Taylor & Francis e-Library.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Reseach Methods in Education 8th Edition. London: Routledge.

Dachi, R. A. (2017). Proses dan Analisis Kebijakan Kesehatan: Pendekatan (Suatu Konseptual). Yogyakarta: Deepublish.

Dinata, O. I. (2022). Meta Analisis Penggunaan Model PBL Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 67–76. https://doi.org/10.33365/jm.v4i2.2018

Fatwa, V. C., Septian, A., & inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389-398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.575

Fritz, C. O., Morris, P. E., & Richler, J. J. (2012). Effect size estimates: current use, calculations, and interpretation. Journal of Experimental Psychology: General, 14(1), 2-18. 10.1037/a0024338

Giro, A., Hanifah, & Haji, S. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis. Jurnal Equation, 7(1), 15-31

Greenhouse, J. B., & Iyengar, S. (2009). Sensitivity Analysis and Diagnostics. In H. Cooper, V. L. Hedges, & J. C. Valentine (Ed.), The Handbook of Research Synthesis and Meta-Analisis 2nd Edition.

Hendracita, N. (2021). Model Model Pembelajaran SD. Serang: Multi Kreasi Press.

Higgins, J., Thomas, J., Chandler, J., Cumpston, M., Li, T., Page, M., & Welch, V. (2024). Cochrane Handbook for Systematic Reviews of Interventions (versi 6.5), Bab 10: Analysing data and undertaking meta analyses. Chichester: Cochrane Training.

Idris, I., Kurniasih, A. W., & Junaedi, I. (2025). Systematic Literature Review: Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pemecahan Masalah Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 149-161). Semarang: Jurusan Matematika, Universitas Negeri Semarang.

Jannah, R. R., Waluya, S. B., Asikin, M., & Zaenuri. (2021). Systematic Literatur Review: Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 227-234.

Kemendikbudristek. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Jakarta: kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi.

Mboeik, V. (2023). Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1, 781-788. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1421

Nurzaki, R. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Quantum Teaching. Bandung: Universitas Pasunadan.

Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. Ciamis: Deepublish.

Sriwahyuni, A., Rahmatudin, J., & Hidayat, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 25-31. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3528

Sugandi, M. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 95-105. https://doi.org/10.36526/tr.v3i02.753

Umbara, U., & Nuraeni, Z. (2019). Analisis Interaksi antara Pembelajaran RME Berbantuan Adobe Flash CS6 dengan Kemampuan Awal Matematika dalam Meningkatkan Literasi Matematis. Jurnal Elemen, 5(2), 140– 154. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1057

Wahyudi. (2024). Studi Meta-Analisis Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Matematis Siswa. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1-12. https://doi.org/10.51878/secondary.v4i1.2771

Wiguna, D., Ihsanudin, & Khaerunnisa, E. (2020). Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. WILANGAN: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 114-127. http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v1i2.8128

Yartati, R., Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design (Mid) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Operasi Aljabar Kelas VII. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 10(1), 202-211. https://doi.org/10.30743/mes.v10i1.9743