PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA ISLAMI BERBASIS PERMAINAN PADA MATERI SATUAN WAKTU KELAS II SD/MI

Hilda Wahyuni - [ https://orcid.org/0009-0003-7254-4867 ]
Abdussakir Abdussakir
Wahyu Henky Irawan


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8117

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah merancang bahan ajar matematika bernuansa islami dengan pendekatan permainan khusus pada topik satuan waktu bagi siswa kelas II SD/MI, serta untuk mengetahui kelayakan dan efektivitasnya. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep waktu, rendahnya motivasi belajar, serta minimnya bahan ajar yang menarik dan terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman melatar belakangi penelitian ini. Jenis penelitian RnD dengan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas II SD Islam Al Ghaffaar Malang, guru kelas, serta ahli materi dan ahli media sebagai validator. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, hasil pretest-posttest dan dokumentasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar berada pada kategori sangat valid dengan skor rata-rata 86,67%. Respon guru dan siswa terhadap bahan ajar juga sangat positif dengan rata-rata 88,82%. Dari segi efektivitas menunjukkan adanya hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari rata-rata pretest sebesar 59,41 menjadi 85,29 pada posttest. Dengan demikian, bahan ajar yang dirancang terbukti valid, layak, juga efektif diterapkan pada aktivitas pembelajaran. Serta mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pendekatan yang menyenangkan dan bernilai religius.

Keywords


Bahan ajar Matematika; Nuansa Islami; Permainan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Afifah, U., Masykur, R., Putra, R. W. Y., & Ambarwati, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bernuansa Islam Dilengkapi Rumus Cepat Materi Aritmatika Sosial. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 59. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11330

Eliza, Y. G., & Ain, S. Q. (2024). Pengembangan Media Jam Materi Mengenal Satuan Waktu Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II SDN 17 Pekanbaru. Jurnal Kependidikan, 13(1), 475–482. https://jurnaldidaktika.org475

Erlina, T., Purwati, P. D., & Afwan, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Waktu melalui Media Jam Analog dengan Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) Kelas II. 1163–1170.

Fauzan, H., & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2802

Nada, Y. Q., & Ulpah, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Konteks Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII. Polynom: Journal in Mathematics Education, 2(1), 608–617. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14421/polynom.2022.021-04

Pradizka, A., Rizki, N. R., & Febriyanti, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVSI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JMPS), 10(2), 187–190. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6036 ISSN : 2460-593X E-ISSN : 2685- 5585 PENGEMBANGAN

Rahmat, A. S. (2018). Games Book Sebagai Media Pembelajaran Aktif Kolaboratif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknodik, 22(2), 133–142. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.339

Safira, S., & Muthi, I. (2024). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Budaya, 3(3), 220–230. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3994

Sari, P. P. (2024). Kenapa Banyak Anak Muda Kesulitan Membaca Jam Analog? Ini Penyebab Utamanya. Medcom.Id. https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/yNLB44yk-kenapa-banyak-anak-muda-kesulitan-membaca-jam-analog-ini-penyebab-utamanya

Suhandri, S., & Syahwela, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Keislaman untuk Menumbuhkan Karakter Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 926–937. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2228

Usmadi, Iftitahurrahmah, & Ergusni. (2022). Pengembangan Modul Bernuansa Islami dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Statistika untuk Peserta Didik SMA Kelas XI IPA. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 1–12. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2968%0Ahttp://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/download/2968/2088

Wahyuni, H., & Sutiah. (2024). ANALISIS URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DAN BAHAN AJAR BERBASIS TEKNOLOGI DALAM KEBERHASILAN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(4), 322–336.

Yonanda, P., Susanti, E., Triana, N., Ramadhona, N. F., Selatan, S., Matematika, D., Sriwijaya, U., Selatan, S., Selatan, S., Selatan, S., Media, G. L., Math, I., To, S., & Student, I. (2025). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. JMES: Journal Mathe,Atics Education Sigma, 6(1), 41–53. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jmes.v6i1.20794