PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ISPRING SUITE 11 DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PELUANG KELAS VIII

Astri Fitrianti
Depi Ardian Nugraha
Depi Setialesmana


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8133

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menilai tingkat kelayakan dan mengetahui respon dari peserta didik pada media pembelajaran interaktif yang dirancang menggunakan iSpring Suite 11, dengan mengintegrasikan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada topik materi peluang. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model PPE yang terdiri dari tiga tahap utama: perencanaan, produksi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket identifikasi gaya belajar, lembar validasi dari para ahli, serta angket untuk mengetahui respon peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi angket gaya belajar, lembar validasi ahli materi dan media, serta angket respon peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini mencakup ahli materi, ahli media, dan peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinilai “sangat layak” oleh ahli materi dan ahli media, masing-masing dengan persentase kelayakan sebesar 97% dan 89%. Penilaian dari ahli materi mencakup relevansi isi media dengan tujuan pembelajaran, sementara ahli media menilai aspek teknis dan tampilan dari media tersebut. Selain itu, hasil analisis angket respon peserta didik menunjukkan tingkat kepraktisan media mencapai 92%, yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”, menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dirancang memperoleh apresiasi tinggi dari peserta didik dalam hal kemudahan penggunaan dan kebermanfaatannya.

Keywords


iSpring Suite 11; media pembelajaran interaktif; pendekatan pembelajaran berdiferensiasi; PPE; peluang

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Anggara, B., Priatna, N., & Juandi, D. (2018). Learning Difficulties of Senior High School Students Based on Probability Understanding Levels. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012116

Ariansyah, F., Septiati, E., & Oktaria, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Pokok Asam Basa. Chemistry Education Review (CER), 2(2), 49. https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8754

Dasmo, Puji Lestari, A., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Ispring Suite 9. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 99–102.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Evendi, H., Rosida, Y., & Zularfan, D. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka SMPN 4 Kragilan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 181–186. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1454

Farhan, E., & Umbara, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Representasi Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 1–10. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.3949

Fina, S. N., Suasti, Y., & Ernawati, E. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. … : Jurnal Pendidikan Geografi, 5. https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8754

Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106

Fitra, D. K. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas Vii Smp. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 278. https://doi.org/10.31258/jta.v5i2.278-290

Hotimah, S. H., & Yudhanegara, M. R. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 432–439. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6588

Ismayanti, W., Santosa, C. A. H. F., & Rafianti, I. (2022). Minat Belajar, Efikasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Kritis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 943–952. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2847

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662

Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, F., & Fitriani, F. (2023). Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir Dan Bahasa Ilmu). Al Jabar: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731

Nurhayati, E., Dewi, S. V., Mulyani, E., & Nurjamil, D. (2024). Pengembangan Media Interaktif Dengan Articulate Storyline Berdasarkan Uji Rater Menggunakan Model Ppe Pada Teorema Phytagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 364. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8871

Nursalim, M., Sujarwananto, Yuliana, I., Rifayanti, Z. E. T., Jannah, N., & Adhe, K. R. (2022). Antologi Neurosains dalam Pendidikan. Surabaya : CV. Jakad Media Publishing.

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Soal Cerita Matematika pada Materi Peluang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 671–678. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.671-678

Rohim, M. A. M. R., Theis, R., & Anwar, K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Masalah Berdasarkan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 388–396. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1549

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Twiningsih, A. (2022). Penggunaan Media Ispring Suit Berbasis Mobile Learning Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 SD. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 138–144. https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.292

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Widyawati, C., Katminingsih, Y., & Widodo, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Ispring Suite 10 Materi Aritmatika Sosial. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT, 76, 128–134. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2022

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074