EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII

Musdalifa Musdalifa - [ https://orcid.org/0009-0003-9287-5647 ]
Ariantje Dimpudus


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8165

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning dan model project based learning pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai di kelas VII SMP Negeri 21 Samarinda. Menggunakan metodologi studi quasi-eksperimental, Kelompok Eksperimen 1 menerima pengajaran PBL, sedangkan Kelompok Eksperimen 2 menerima pengajaran PjBL. Kelas VII-C, Kelompok Eksperimen 1, dan Kelas VII-D, Kelompok Eksperimen 2, merupakan sampel yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest kelas yang menggunakan problem based learning mencapai ketuntasan sebesar 84,6%, sedangkan kelas project based learning mencapai ketuntasan belajar sebesar 88,5% atau lebih dari Kriteria Ketercapain Tujuan Pembelajaran (KKTP) mata pelajaran matematika yaitu 65. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dan project based learning masing-masing 35,5 dan 35 dengan kategori sangat baik, sedangkan pada hasil observasi aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata masing-masing adalah 51,5 dan 52,5 dengan kategori sangat positif. Hasil analisis respon siswa diperoleh masing-masing sebesar 42 (positif) dan 44,5 (sangat positif). Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dan project based learning efektif dalam pembelajaran matematika pada materi pokok perbandingan senilai dan berbalik nilai.


Keywords


Project Based Learning; Problem Based Learning; Efektivitas Pembelajaran; Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abdul Kadir. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo Di Man Lhokseumawe. Numeracy, 7(2), 225–239. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1198

Aniswita, A., Saputra, Y., & Medika, G. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 63. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.12589

Fitri, A. Z. & Nik, H. (2020). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Tulungagung: Madani Media.

Fitriyani, Houtman, Suroyo, & Saabighoot, Y. A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Nuansa Akademik, 8(1), 13–24.

Magdalena, I., Wahyuni, A., Hartana, D. D., & Tangerang, U. M. (2020). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF SELAMA PANDEMI DI SDN 1 TANAH TINGGI. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 366–377. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Maula, N. K. (2020). Analisis Peningkatan Keterampilan Problem-Solving Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan IDEAL Problem-Solving berbasis Game-Based Learning. Jurnal Petik, 6(2), 71–80. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.764

Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.

Noor Haykal, I. A., & Ismail, I. (2023). Proses Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Himpunan Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 12(1), 129–147. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n1.p129-147

Ratri, I. R., & Nurfalah, E, . (2023). Studi Komparasi Model Problem Based Learning (Pbl) dan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 10985–11001. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3454%0

Safitri, S. A., & Rizki, N. A. (2024). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Boarding-. (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.29100/jp2m.vxix.xxxx

Sandri, D., Isnaniah, & Tisnawati, T. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran Matematika. 2(1), 175–185.

Sianturi, R., Firdaus, M., & Susiaty, U. D. (2020). Komparasi Efektivitas Antara Problem Based Learning (Pbl) Dan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikr Kritis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 57–69. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1772

Uyun, M. & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Budi Utama