PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS IX
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.
Alamsyah, N., & Krisdiawan, R. A. (2021). Pengembangan Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Tingkat SD/SMP dengan Menggunakan Metode Marker Augmented Reality. Jurnal Nuansa Informatika, 15(1), 45513. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Andi Nurul Mutia, Apriyanto, A. A. H. D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bangun Ruang Augmented Reality Berbasis Android pada SMP Negeri 8 Palopo. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 1–11.
April, V. N., Liandri, T. W., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Pemahaman Konsep Bangun Ruang pada Pembelajaran Matematika dengan Media Interaktif di SDN 12 Padang Besi untuk menggali pemahaman tentang berbagai factor yang mempengaruhi pemahaman siswa ,. Jurnal Ilmiah Matematika, 3(April), 112–120.
Ariani, R. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. In Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (Vol. 5, Issue 2).
Fahdiansyah, R., & Anas, A. S. (2017). Teknologi Informasi sebagai Penunjang Perkembangan Sistem Informasi dalam Akuntansi. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT), 5(November), 246–253.
Haratua, Chandra Sagul; Maulana, Wirayudha Fauzan; Syarif, Maulana; Heriyanto; Romalaba, R. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Mata Pelajaran Geometri Matematika. Jurnal Genta …, 14(2), 193–206. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/468
Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/
Mutia, M. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107
Nurhasanah, Hayati, L., Salsabila, N. H., & Amrulah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 260–266. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________
Pangestu, I. A., Ruqoyyah, S., & Siliwangi, I. (2023). Pembelajaran daring materi bangun ruang pada Siswa Kelas V SD menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME). Journal of Elementary Education, 06(02), 228–234.
Pertiwi, A. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Pendekatan Resource Based Learning Untuk Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Vol. 4, Issue 1).
Sukma, L. R. G., Prayitno, S., Baidowi, B., & Amrullah, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. PALAPA, 10(2), 198–216. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.1897
Sungkono, S., Apiati, V., Santika, S., Matematika, P., Siliwangi, U., Siliwangi, J., 24, N., Tasikmalaya, J., Barat, I., & Com, S. S. (2022). Mosharafa: Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459–470. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Widyasari, N., & Ismawati, I. (2020). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar pada Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality dan Pasir Kinetik. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 63. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.442