ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBAGIAN DESIMAL MENGGUNAKAN GAYA KOGNITIF VISUAL

Hezra Rindiyastika
Ima Mulyawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8220

Abstract


Tujuan studi ini mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep peserta didik dengan gaya kognitif visual terhadap materi pembagian desimal, mengidentifikasi faktor-faktor yang mengakibatkan kesalahan peserta didik dalam memahami konsep, serta menganalisis tingkat pemahaman konsep berdasarkan tipe kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dengan gaya kognitif visual dalam memecahkan pertanyaan pembagian desimal. Metode yang diterapkan deskritif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas V dan wali kelas. Perangkat yang dipakai dalam penelitian ini mencakup angket gaya kognitif visual, tes pemahaman konsep, wawancara yang dilakukan oleh peserta didik dan wali kelas. Hasil penelitian ini kesalahan disebabkan oleh kurangnya ketelitian saat menjawab soal pada indikator contoh dan bukan contoh, representasi matematika, serta kemampuan representasi. Kesalahan berikutnya pada pemahaman peserta didik pada indikator mengelompokan objek. Beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan, yaitu tidak menjawab pertanyaan dengan tepat, peneulisan soal yang salah, penempatan tanda koma, letak angka digaris bilangan, dan penggunaan rumus yang tidak tepat.

Keywords


Gaya Kognitif Visual; Kesalahan Peserta didik; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Aspreliha, I., Damariswara, R., & Rohmah, D. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembagian Desimal Melalui Media Sipintar Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1092–1104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1334

Ayu, I., Pradnyani, I., Mahayukti, G. A., Made, N., & Mertasari, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita SPLDV Menurut Tahapan Kastolan Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha, 21(1), 8–16. https://doi.org/10.23887/ika.v21i1.48331

Bouty, R. A. F., Pradana, O. R. Y., & Sasomo, B. (2022). Analisis Kesalahan Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Barisan Dan Deret Menurut Teori Newman. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 167–171. https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.7904

Chumairoh, L., Ana Rahmawati, & Mufida Asriningsih, T. (2022). Analisis Pengajuan Soal Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 102–112. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.102-112

Defiana, A., Anggoro, B. S., & Putra, R. W. Y. (2022). Studi Analisis: Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Persamaan Kuadrat. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 410–425. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.778

Erfani, G. A., Rokhman, M. S., & Sholikhakh, R. A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial menurut Polya. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 306–314. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6850

Ernawati, T., Faizin, A. K., & Fikriyah, S. N. (2025). Pengaruh Gaya Belajar Visual Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Mulyasejati 1 Kecamatan Ciampel Kabupaten Karwang. Jurnal Primary Edu (JPE), 3(1), 77–86.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515

Ilmiyah, L., Purnomo, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Linear dua variabel student mistake analysis in solving probability. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Magdalena, D., Septina, N., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Gaya Belajar Visual Siswa Kelas 3 Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di SD. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.6989

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Metode Diskusi Kelompok. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Mulyawati, I. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Dengan George Polya. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 201. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.912

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122

Nanduarti, N. F., Abida, A., Azzahra, H., Pratama, D. A., Arumsari, F. Q., Saputro, R. A., Nugroho, J. T., & Tidar, U. (2024). Analisis Gaya Kognitif Belajar Pada Mahasiswa. Journal of Language and Literature Education (JoLaLE), 1(4), 227–236. https://doi.org/10.70248/jolale.v1i4.1512

Novalin, E., & Mulyawati, I. (2023). Pengembangan Video Animasi Menggunakan Aplikasicanva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep KPK dan FPB. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.26858/jkp.v7i1.35769

Novitasari, D., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 05(02), 1476–1487. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/662

Nurussaniah, N., & Sari, I. N. (2020). Analisis kemampuan kognitif ditinjau dari gaya belajar siswa pada pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 159–165. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2270

Paulina, S. T., & Alpha Galih Adirakasiwi. (2022). Analisis Kekeliruan Dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 84–94. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1682

Prahesti, S. S., & Rizki, N. A. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMPN 18 Samarinda Dalan Menyelesaikan Soal AKM Berdasarkan Gaya Kognitif. JP2M ( Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 11(1), 1–15. https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.6698

Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 621–633. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2398

Rencitia. (2024). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 692–696. https://doi.org/10.59098/mega.v5i1.1455

Rindiyastika, H., Cahya, P., Nuraini, Y., Sukmawati, W. (2024). Penanganan Kesulitan Matematika Pada Anak Sekolah Dasar Kelas V SDN Cipinang Melayu 05. Jejak Pembelajaran : Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(7), 40–51. https://jurnalhost.com/index.php/jpp/article/view/570/722

Santoso, E., Pamungkas, M. D., Rochmad, & Isnarto. (2021). Teori Behaviour ( E . Throndike ) dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, 4, 174–178. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Septantiningtyas, N., & Subaida, S. (2023). Gaya Kognitif Field Independent Sebagai Ikhtiyar Kontrol Fokus Siswa dalam Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.378

Sidik, A., Ilham, A., & Rivai, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Perkalian Bilangan Desimal Melalui Media Takalintar Pada Siswa Kelas IV SDN 25 Kota Selatan. Student Journal of Element Education (SJEE), 2(1), 47–64.

Syukur, A., Sirajuddin, & Yunus, Y. (2021). Analisa Berpikir Statistis Siswa Berdasarkan Gaya kognitif Visualizer-Verbalizer untuk Kasus Statistik. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.4

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Velria Jun, Sri Hariyani, & Tatik Retno Murniasih. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 139–152. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722