ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBAGIAN DESIMAL MENGGUNAKAN GAYA KOGNITIF VISUAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Aspreliha, I., Damariswara, R., & Rohmah, D. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembagian Desimal Melalui Media Sipintar Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1092–1104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1334
Ayu, I., Pradnyani, I., Mahayukti, G. A., Made, N., & Mertasari, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita SPLDV Menurut Tahapan Kastolan Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha, 21(1), 8–16. https://doi.org/10.23887/ika.v21i1.48331
Bouty, R. A. F., Pradana, O. R. Y., & Sasomo, B. (2022). Analisis Kesalahan Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Barisan Dan Deret Menurut Teori Newman. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 167–171. https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.7904
Chumairoh, L., Ana Rahmawati, & Mufida Asriningsih, T. (2022). Analisis Pengajuan Soal Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 102–112. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.102-112
Defiana, A., Anggoro, B. S., & Putra, R. W. Y. (2022). Studi Analisis: Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Persamaan Kuadrat. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 410–425. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.778
Erfani, G. A., Rokhman, M. S., & Sholikhakh, R. A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial menurut Polya. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 306–314. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6850
Ernawati, T., Faizin, A. K., & Fikriyah, S. N. (2025). Pengaruh Gaya Belajar Visual Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Mulyasejati 1 Kecamatan Ciampel Kabupaten Karwang. Jurnal Primary Edu (JPE), 3(1), 77–86.
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546
Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515
Ilmiyah, L., Purnomo, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Linear dua variabel student mistake analysis in solving probability. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018
Magdalena, D., Septina, N., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Gaya Belajar Visual Siswa Kelas 3 Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di SD. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.6989
Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Metode Diskusi Kelompok. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854
Mulyawati, I. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Dengan George Polya. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 201. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.912
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122
Nanduarti, N. F., Abida, A., Azzahra, H., Pratama, D. A., Arumsari, F. Q., Saputro, R. A., Nugroho, J. T., & Tidar, U. (2024). Analisis Gaya Kognitif Belajar Pada Mahasiswa. Journal of Language and Literature Education (JoLaLE), 1(4), 227–236. https://doi.org/10.70248/jolale.v1i4.1512
Novalin, E., & Mulyawati, I. (2023). Pengembangan Video Animasi Menggunakan Aplikasicanva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep KPK dan FPB. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.26858/jkp.v7i1.35769
Novitasari, D., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 05(02), 1476–1487. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/662
Nurussaniah, N., & Sari, I. N. (2020). Analisis kemampuan kognitif ditinjau dari gaya belajar siswa pada pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 159–165. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2270
Paulina, S. T., & Alpha Galih Adirakasiwi. (2022). Analisis Kekeliruan Dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 84–94. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1682
Prahesti, S. S., & Rizki, N. A. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMPN 18 Samarinda Dalan Menyelesaikan Soal AKM Berdasarkan Gaya Kognitif. JP2M ( Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 11(1), 1–15. https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.6698
Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 621–633. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2398
Rencitia. (2024). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 692–696. https://doi.org/10.59098/mega.v5i1.1455
Rindiyastika, H., Cahya, P., Nuraini, Y., Sukmawati, W. (2024). Penanganan Kesulitan Matematika Pada Anak Sekolah Dasar Kelas V SDN Cipinang Melayu 05. Jejak Pembelajaran : Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(7), 40–51. https://jurnalhost.com/index.php/jpp/article/view/570/722
Santoso, E., Pamungkas, M. D., Rochmad, & Isnarto. (2021). Teori Behaviour ( E . Throndike ) dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, 4, 174–178. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Septantiningtyas, N., & Subaida, S. (2023). Gaya Kognitif Field Independent Sebagai Ikhtiyar Kontrol Fokus Siswa dalam Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.378
Sidik, A., Ilham, A., & Rivai, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Perkalian Bilangan Desimal Melalui Media Takalintar Pada Siswa Kelas IV SDN 25 Kota Selatan. Student Journal of Element Education (SJEE), 2(1), 47–64.
Syukur, A., Sirajuddin, & Yunus, Y. (2021). Analisa Berpikir Statistis Siswa Berdasarkan Gaya kognitif Visualizer-Verbalizer untuk Kasus Statistik. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.4
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651
Velria Jun, Sri Hariyani, & Tatik Retno Murniasih. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 139–152. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722