DAMPAK PEMBELAJARAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA: STUDI SLR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Amalia, A. R., Purwati, H., & Nursyahidah, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PMRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(4), 321–328. https://doi.org/10.26877/imajiner. v2i4.5883
Aprinsyah, S. (2016). Perspektif Makna "Real" Pendekatan Matematika Realistik antara Guru dan Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 364-366. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21495
Awaluddin, M. R. N., Hamdani, Hartoyo, A., Bistari, & Siregar, N. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(1), 205–215. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.20189
Budiarti, M. I. E. (2023). Kemapuan Berpikir Kritis Matematis: Pemecahan Masalah Pisa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 324–331. https://doi.org/10.47709/educendikia .v3i02.2731
Dian Fitra. (2023). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35141/jie.v1i1.524
Fredrich et al. (2024). What Shapes Statistical and Data Literacy Research in K-12 STEM Education? A Systematic Review of Metrics and Instructional Strategies. Internasional Journal of STEM Education, 11(8). https://doi.org/10.1186/s40594-024-00517-z
Hadi, N. F. & Afandi, N. K., (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Education Journal, 1(3), 64-71. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203
Harahap, S. P. R., Andrian, F., & Annisah, S. (2024). Efektivitas Media Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5676–5687. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12596
Herdiansyah, D., Puteri, N. H., Hamza, Q. A., & Naini, R. (2024).Optimalisasi Open-Mindedness Character Strengths dalam Upaya Meningkatkan Critical Thinking Siswa Guna Mencapai Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 2(3). https://doi.org/10.35508/jbkf. v2i3.19600
Herlawan, Armin, R., & Poa, I. R. (2023). The Effectiveness of Mathematics Learning Using PMRI Approach with the Assistance of Learning Videos on Students' Critical Thinking Ability. Edumatica: Journal of Mathematics Education, 13(3). https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i03.21918
Hesy, Poluakan, C., & Rungkat, J. A. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Genta Mulia, 14(2), 87-106. https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.366
Khaq, S. A., Hilyana, F. S., & Ernawati, D. (2024). Penerapan Pendekatan PMRI Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2). https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15230
Mardiah, D., Dewi, I., & Medan, U. N. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistikk Indonesia (PMRI) Berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–104. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3831
Mulbasari, A. S., Putri, R. I., Zulkardi, & Aisyah, N. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Journal of Mathematics Science and Education, 6(1). https://doi.org/10.31540/jmse.v6i1.2611
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15(1). DOI:10.31445/jskm.2011.150106
Nurmalita, R. A., & Hardjono, N. (2020). Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 47–53. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.543
Putri, E. S., & Ritonga, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA N 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21010–21019. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9607
Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan Matamatika Realistik Pendekatan Alternatif dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Ciptapustaka Media
Rosalia, D. M., Lestariningsih, & Kusumawati, I. B. (2022). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 177–187. https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.11
Sari, A. & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49
Sembiring, R. K. (2020). PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI): PERKEMBANGAN dan TANTANGANNYA. IndoMS. J.M.E, 1(1), 11–16. http://dx.doi.org/10.22342/jme.1.1.791.11-16
Sholihah, I., & Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Pembelajaran Himpunan. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1), 1–16. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.1.1-16
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605-612. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21554
Sukmawati, R., Nuraini, D., Aristy, S., & Raharjo, S. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Efikasi Diri Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 08(02), 224–234. https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3290
Wahyuni, I., Fazri, A., Zuhro, A. K., & Hasanah, U. (2023). Analysis of Students’ Mathematical Critical Thinking Skills With a Realistic Mathematics Education (Rme) Approach To Two-Variable Linear Equation System Material. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 11(2), 337–352. https://doi.org/10.24252/mapan.2023v11n2a9
Wibowo, A. & Putri, S. (2021). Pedoman Praktis Penyusunan Naskah Ilmiah dengan Metode Systematic Review. Universitas Indonesia. DOI:10.13140/RG.2.2.17871.20640