PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AR MELALUI MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abidatul Imaroh, Ulumul Umah, T. M. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843–855. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.843-856
Fahlevi, M. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(4), 313–322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.313-322
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021
Herman, H., Zalukhu, A., Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Manik, E., & Situmorang, A. S. (2023). Augmented Reality (AR) pada Geogebra Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Dimensi Tiga. Journal on Education, 5(3), 6032–6039. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1368
Jufrin, J., Isa, D. R., Nurwan, Majid, Bito, N., & Zakiah, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Operasi Bentuk Aljabar. Innovative: Journal of Social Science Research, 3, 12145–12154. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1838%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/1838/1351
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Linda, F. K. R. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(3), 2223–2226. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57112
Machmud, T. (2012). Kajian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di kota Gorontalo. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVI.
Mulianti, S., Susanta, A., Hanifah, H., & Haji, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Augmented Reality (Ar) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Smk Negeri 1 Lebong. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 930–939. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.358
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(2), 36–48. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267
Nafisah, K., Muh. Turmuzi, Wahyu Triutami, T., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 719–731. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.213
OECD. (2022). Programme for International Student Assessment (PISA) 2022. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-results-2022-volume-iii-factsheets_041a90f1-en/indonesia_a7090b49-en.html
Pauweni, K. A. Y., & Iskandar, M. E. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372
PP. (2021). Peraturan Pemerintah RI No. 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 102501.
Primagara, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Desain Konten Media Sosial Untuk Kelompok Usia Kerja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat …, 1(1), 7–11. http://jurnalprisanicendekia.com/index.php/kalam/article/view/7%0Ahttp://jurnalprisanicendekia.com/index.php/kalam/article/download/7/10
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 (6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rifa`i, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 109. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5179
Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470
Suleman, M., Ismail, Y., Machmud, T., & Majid, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model PBL Dengan Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Materi Luas Dan Volume Kubus Dan Balok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4960–4974. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/917
Unonongo, P., Ismail, S., & Usman, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas IX. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 43–49. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10591
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Andhita, K. (2022). Effect of Augmented Reality ( AR ) on Problem Solving Ability in 3D Spatial Modeling in Elementary Schools. Procedia Of Social Sciences and Humanities, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.369
Wibowo, V. R., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58–69. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, & Khairunisa. (2023). Buku Ajar: Metode Penelitian. CV SCIENCE TECHNO DIRECT.
Wulansari, M. D., Purnomo, D., & Utami, R. E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditorial. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1 (6), 393–402. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5776