PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AR MELALUI MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Enjelina Zees
Tedy Machmud - [ http://orcid.org/0000-0002-5830-8353 ]
Auli Irfah


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8260

Abstract


Kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan termasuk kompetensi fundamental yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik guna menunjang proses pembelajaran. Studi ini dirancang untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis AR yang diaplikasikan melalui model pembelajaran PBL terhadap kemampuan siswa saat memecahkan masalah matematis, khususnya pada topik Bangun Ruang Sisi Datar. Metode yang dipergunakan dalam studi ini ialah kuasi eksperimen melalui rancangan pretest-posttest control group design. Populasi studi terdiri dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tilongkabila. Pengumpulan data dijalankan melalui tes essay, yang kemudian dianalisa mempergunakan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji-t independent untuk melihat perbedaan signifikan diantara kelompok eksperimen serta kontrol. Hasil analisa mengindikasikan adanya dampak signifikan dari penggunaan media AR terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, ditunjukkan dengan nilai thitung = 2,448 ≥ ttabel = 1,677 serta nilai effect size senilai 0,69 yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, nilai N-Gain senilai 0,570 memperlihatkan efektivitas yang cukup tinggi dari penerapan media AR melalui pendekatan PBL dalam memberi peningkatan kompetensi itu. Oleh karenanya, bisa disimpulkan jika media pembelajaran berbasis AR yang dikombinasikan dengan model PBL memiliki kontribusi positif yang signifikan dalam memberi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Keywords


Augmented Reality; PBL; Pemecahan Masalah; Matematika; Bangun Ruang

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abidatul Imaroh, Ulumul Umah, T. M. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843–855. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.843-856

Fahlevi, M. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(4), 313–322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.313-322

Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021

Herman, H., Zalukhu, A., Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Manik, E., & Situmorang, A. S. (2023). Augmented Reality (AR) pada Geogebra Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Dimensi Tiga. Journal on Education, 5(3), 6032–6039. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1368

Jufrin, J., Isa, D. R., Nurwan, Majid, Bito, N., & Zakiah, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Operasi Bentuk Aljabar. Innovative: Journal of Social Science Research, 3, 12145–12154. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1838%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/1838/1351

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Linda, F. K. R. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(3), 2223–2226. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57112

Machmud, T. (2012). Kajian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di kota Gorontalo. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVI.

Mulianti, S., Susanta, A., Hanifah, H., & Haji, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Augmented Reality (Ar) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Smk Negeri 1 Lebong. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 930–939. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.358

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(2), 36–48. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267

Nafisah, K., Muh. Turmuzi, Wahyu Triutami, T., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 719–731. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.213

OECD. (2022). Programme for International Student Assessment (PISA) 2022. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-results-2022-volume-iii-factsheets_041a90f1-en/indonesia_a7090b49-en.html

Pauweni, K. A. Y., & Iskandar, M. E. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10372

PP. (2021). Peraturan Pemerintah RI No. 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 102501.

Primagara, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Desain Konten Media Sosial Untuk Kelompok Usia Kerja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat …, 1(1), 7–11. http://jurnalprisanicendekia.com/index.php/kalam/article/view/7%0Ahttp://jurnalprisanicendekia.com/index.php/kalam/article/download/7/10

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 (6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rifa`i, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 109. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5179

Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Suleman, M., Ismail, Y., Machmud, T., & Majid, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model PBL Dengan Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Materi Luas Dan Volume Kubus Dan Balok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4960–4974. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/917

Unonongo, P., Ismail, S., & Usman, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas IX. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 43–49. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10591

Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Andhita, K. (2022). Effect of Augmented Reality ( AR ) on Problem Solving Ability in 3D Spatial Modeling in Elementary Schools. Procedia Of Social Sciences and Humanities, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.369

Wibowo, V. R., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58–69. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, & Khairunisa. (2023). Buku Ajar: Metode Penelitian. CV SCIENCE TECHNO DIRECT.

Wulansari, M. D., Purnomo, D., & Utami, R. E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditorial. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1 (6), 393–402. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5776