PENGARUH PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: TINJAUAN META-SINTESIS

Ani Afiatur Rohmah
Kartono Kartono


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8297

Abstract


Pembelajaran matematika seharusnya tidak hanya berfokus pada pengembangan kemampuan kognitif siswa, tetapi juga memperhatikan aspek afektif sebagai bagian dari pembelajaran yang holistik. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dinilai mampu mengintegrasikan kedua aspek tersebut melalui pendekatan pemecahan masalah kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan kognitif dan afektif siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Systematic Literature Review dengan metode meta-sintesis. Sumber data diperoleh dari artikel yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2025 dan terindeks pada jurnal nasional bereputasi (Sinta 1 dan Sinta 2). Dari hasil penelusuran, diperoleh 12 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Problem Based Learning (PBL) berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dan juga berdampak pada aspek afektif. Dengan demikian, PBL merupakan model pembelajaran yang efektif untuk mendukung pengembangan kompetensi intelektual dan karakter siswa secara seimbang dalam pembelajaran matematika.

Keywords


PBL; kemampuan kognitif; kemampuan afektif; pembelajaran matematika; meta-sintesis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Aditomo, A. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. 1–72.

Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E., Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., Sumarmi, & Susilo, S. (2020). Effect of problem-based learning on critical thinking skills and environmental attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/10.17478/jegys.650344

Andrian, D., Nurhalimah, S., & Loska, F. (2024). Problem Based-Learning Performance in Improving Students ’ Critical Thinking , Motivation , Self-Efficacy , And Students ’ Learning Interest. 13(1), 259–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1873

Chrastina, A. J. (2018). Section EDUCATION AND EDUCATIONAL RESEARCH META-SYNTHESIS OF QUALITATIVE STUDIES: BACKGROUND, METHODOLOGY AND APPLICATIONS. Nordsci Conference, 113–121.

Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 463–474. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.830

Durasa, H., Mertasari, N. M. S., & Pujawan, I. G. N. (2024). Implementasi Problem-Based Learning Berdasarkan Independensi Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Mengontrol Kecemasan Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 620. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.7102

Finfgeld-Connett, D. (2018). Introduction To Theorygenerating Meta- Synthesis Research. A Guide to Qualitative Meta-Synthesis, 1–12. https://doi.org/10.4324/9781351212793-1

Fitrianawati, M., & Hartono, H. (2016). Perbandingan keefektifan PBL berseting TGT dan GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif dan toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9684

Hafizah, M., Solin, S., Purba, C. T., Sihotang, M. M., Rahmad, R., & Wirda, M. A. (2024). Journal of Digital Learning and Education Meta-Analysis : The Impact of Problem-Based Learning ( PBL ) Models on Students ’ Critical Thinking Skills. 04(3), 167–179. https://doi.org/10.52562/jdle.v4i3.1393

Hardiyanto, W., & Santoso, R. H. (2018). Efektivitas PBL setting TTW dan TPS ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kritis dan self-efficacy siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 116–126. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.11127

Hasanah, N., Cholily, M. Y., & Syaifuddin, M. (2023). The Effect of Problem-Based Learning Assisted by Video Animation on Students’ Self-Efficacy and Creative Thinking Ability. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 14(1), 61–74. https://doi.org/10.15294/kreano.v14i1.41374

Irfan, L., JAILANI, J., & Susanti, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2142. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5117

Kitchenham, B. (2004). Procedures for performing systematic reviews. Keele, UK, Keele University, 33(2004), 1-26.

Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas problem-based learning ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 118–129. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.26985

Masitoh, L. F., & Fitriyani, H. (2018). Improving students’ mathematics self-efficacy through problem based learning. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 26. https://doi.org/10.29103/mjml.v1i1.679

Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9629

Rahman, A. A., Mushlihuddin, R., ’Afifah, N., Refugio, C. N., & Zulnaidi, H. (2024). Problem-based learning innovation through realism and culture: Impact on mathematical problem solving and self-efficacy in primary school students. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 251. https://doi.org/10.24042/ajpm.v15i1.21932

Ramadhani, R. (2018). The enhancement of mathematical problem solving ability and self-confidence of students through problem based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 127–134. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13269

Roh, K. H. (2003). Problem-based learning in mathematics. ERIC Clearinghouse.

Savery, J. . (2006). Overview of problem-based learning: Devinition and distinction interdisciplinary. Journal Problem-Based Learning, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1002

Schettino, C. (2016). Framework for problem-based learning: Teaching mathematics with a relational problem-based pedagogy. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1602

Setyaningsih, T. D., & Abadi, A. M. (2018). Keefektifan PBL seting kolaboratif ditinjau dari prestasi belajar aljabar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.11300

Wijnen, M., Loyens, S. M. M., Wijnia, L., Smeets, G., Kroeze, M. J., & Van der Molen, H. T. (2018). Is problem-based learning associated with students’ motivation? A quantitative and qualitative study. Learning Environments Research, 21(2), 173–193. https://doi.org/10.1007/s10984-017-9246-9

Wilder, S. (2015). Impact of problem-based learning on academic achievement in high school: a systematic review. Educational Review, 67(4), 414–435. https://doi.org/10.1080/00131911.2014.974511