FENOMENOLOGI PEMAHAMAN TENTANG AKUNTANSI DARI KECERDASAN EMOSIONAL, SPIRITUAL, DAN SOSIAL MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan)

Aulia Dawam


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v4i2.1412

Abstract


Permasalahan dalam pendidikan akuntansi selama ini menekankan pada peningkatan kemampuan dan kecerdasan intelektual (akal). Oleh karena itu, pemahaman akuntansi seringkali diukur berdasarkan kecerdasan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman mahasiswa atas akuntansi berdasarkan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan sosial. Fenomenologi digunakan sebagai alat analisis pemahaman akuntansi dan kesadaran emosional, spiritual/ religius dan sosial mahasiswa. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, salah satu jenis dalam penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian fenomenologi. Peneliti memilih jenis penelitian fenomenologi karena peneliti ingin memahami dan mengungkapkan fenomena dalam pemahaman kecerdasan emosional, spiritual, dan sosial yang terjadi di lapangan secara alami, utuh, dan akurat.


Article Metrics :