PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA SMK KELAS XI

Handi Maulana Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v7i2.3243

Abstract


Pembelajaran dengan menggunakan model PBL adalah pembelajaran yang setiap tahapnya mengajak siswa untuk melakukan kerjasama dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar terutama aspek pengetahuan dan keterampilan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitianya yaitu tipe one group pretest-posttest. Subyek dari penelitian merupakan seluruh siswa kelas XI AKL 3 di SMKN 1 Bandung Tulungagung yang berjumlah 35 orang. Data dikumpulkan dengan cara tes dan observasi. Selanjutnya data dianalisis melalui dua tahap yaitu (1) uji prasyarat, dan (2) uji hipotesis. Hasil uji prsyarat menyatakan bahwa data terdistribusi normal dan tidak homogen. Pengujian dilanjutkan untuk uji hipotesis dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 untuk aspek pengetahuan dan keterampilan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan sebelum dan sesudah model pembelajaran PBL; dan (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar aspek keterampilan sebelum dan sesudah model pembelajaran PBL.

Keywords


model pembelajaran PBL, hasil belajar, aspek pengetahuan, aspek keterampilan

Article Metrics :