PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN KELENGKAPAN ALAT PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN TEKNIK OTOMOTIF DI MA UNGGULAN JABAL NOOR TRENGGALEK

Ilham Fausi
Yelma Dianastiti
Rico Andhika Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v2i1.8394

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru dan kelengkapan alat praktik terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Teknik Otomotif di MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi nilai siswa, dan analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan regresi ganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 7,1%. Kelengkapan alat praktik juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan kontribusi sebesar 17%. Secara simultan, kedua variabel independen memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 17,5%. Artinya, 17,5% variasi dalam hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh metode mengajar guru dan kelengkapan alat praktik. Dengan demikian, peningkatan mutu pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Otomotif dapat dicapai melalui metode pengajaran guru yang lebih kreatif dan penyediaan fasilitas praktik yang memadai.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


A. Pane and M. Darwis Dasopang, “Belajar Dan Pembelajaran,” FITRAH J. Kaji. Ilmu-ilmu Keislam., vol. 3, no. 2, pp. 333–352, 2017, doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

Nurbaiti, Rijal, “Pengaruh Ketrampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa,” J. Pendidik. Ips, vol. 4, no. 1, pp. 13–19, 2023, doi: 10.32696/jpips.v4i1.2137.

H. Rahmat and M. Jannatin, “Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris,” J. Jur. PGMI, vol. 10, no. 2, pp. 98–111, 2018.

R. Susanto, “Pengaruh literasi pedagogik pendidik terhadap minat belajar siswa di sd rabbaniyyun islamic school,” Pendidikan, vol. 4, no. 4, pp. 338–346, 2020, [Online]. Available: https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/47/55

Jean Imaniar Djara, Mahrati Imaniar, Ester Sae, and Sentike Anin, “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 3, no. 2, pp. 226–233, 2023, doi: 10.55606/jurdikbud.v3i2.1907.

R. Dwicandra et al., “PENGARUH PERSEPSI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KELENGKAPAN BENGKEL PADA PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK MESIN THE EFFECT OF INDUSTRIAL WORK PRACTICE EXPERIENCE ON STUDENTS ’,” vol. 5, no. 4, pp. 364–370, 2023.

F. Rochman and A. Waris, “Contribution of the Utilization Practical Facilities in School, Practice Guiding and Implementation on Productive Learning Outcomes and Work Readiness of Vocational School Students,” JICTE (Journal Inf. Comput. Technol. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 38–45, 2021, doi: 10.21070/jicte.v5i1.1473.

S. Salam and M. Ilham, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Energi Bunyi dan Sifat-sifatnya melalui Metode Eksperimen Kelas IV MIN 1 Baubau,” JagoMIPA J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 4, no. 2, pp. 375–387, 2024, doi: 10.53299/jagomipa.v4i2.629.

S. Suprihatin and Y. M. Manik, “Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” PROMOSI (Jurnal Pendidik. Ekon., vol. 8, no. 1, pp. 65–72, 2020, doi: 10.24127/pro.v8i1.2868.