ANALISIS PENGGUNAAN VARIASI PEMBELAJARAN GURU KELAS DI SDN 1 PAPAHAN

Shintya Dewi Kusuma Wardani
Almuntaqo Zainuddin


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7493

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran dan hasil belajar siswa. (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi guru untuk mengadakan variasi dalam kegiatan pembelajaran. Variasi pembelajaran dianggap sebagai strategi efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa, meminimalkan kejenuhan, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi partisipatif selama proses pembelajaran berlangsung, serta analisis dokumen seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD Negeri 1 Papahan menerapkan variasi dalam metode mengajar, penggunaan media pembelajaran, serta penggunaan gaya mengajar guru. Kombinasi metode ceramah, tanya jawab,  diskusi, dan demonstrasi terbukti meningkatkan partisipasi serta pemahaman siswa terhadap materi. Penggunaan media audiovisual juga berkontribusi dalam meningkatkan daya ingat dan minat belajar siswa. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan teknologi pembelajaran, serta keterbatasan waktu dalam perencanaan pembelajaran yang variatif. Kesimpulannya yaitu variasi pembelajaran memiliki dampak positif dalam kinerja pengajaran guru. Untuk meningkatkan penerapannya, diperlukan dukungan dalam bentuk pelatihan bagi guru, penyediaan fasilitas yang lebih memadai, serta kebijakan kurikulum yang lebih fleksibel. Studi ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif di sekolah dasar.


Keywords


keterlibatan siswa; sekolah dasar; strategi pembelajaran; variasi pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Anggrayani, A., Iriani, T., & Sri Handoyo, S. (2023). Ragam Variasi Dalam Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 481–494. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.440

Cahya, L. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngebruk 01 Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 461–471.

Casetama, Y. W., & Utami, R. D. (2023). Analysis of Teachers’ Variation Skills in Teaching at Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5296–5305. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3363

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Fitriani, F., Lestari, Y., Japeri, J., Namira, S., Engkizar, E., & Anwar, F. (2022). Strategi Guru Dalam Mendidik Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 13. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.6161

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462

Gawise, G., Nurmaya. G, A. L., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2669

Hanifah, Q. H., Wijayanti, A. R., Shofiyatun, S., & ... (2022). Kemampuan Guru dalam Melakukan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Seminar …, 1(2019), 588–598.

Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3791–3798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402

Hidapenta, D., Dwiputri, F. A., Kurniawati, F. N. A., Febriyanti, N., & Amaliyah, S. (2023). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Metode Pembelajaran di Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 3375–3380. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1012

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287

Iswani, Akmaluddin, & Rita Novita. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Kualifikasi Mutu Internal Gugus Sekolah Dasar Negeri Lampanah Aceh Besar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 203–211.

Jesionkowska, J., Wild, F., & Deval, Y. (2020). Active Learning Augmented Reality for STEAM Education—A Case Study. Education Sciences, 10(8), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci10080198

Juliangkary, E., & Pujilestari, P. (2022). Kajian Literatur Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2571–2575. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3839

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.

Purani, N. K. C., & Susanto Putra, I. K. D. A. (2022). Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 8–12. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.125

Putri, R. D., Suhandi, A., & Alirmansyah, A. (2023). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Melakukan Variasi Gaya Mengajar pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Indo Green Journal, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.31004/green.v1i1.4

Rahmah, A. U., Kurniawan, S. B., & Budiharto, T. (2023). Analisis keterampilan mengajar guru mengadakan variasi pada pembelajaran tematik sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 1–6. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v8i2.60880

Rohmah, H. N., N, S. R. P., Zahra, S., & Munawaroh, A. (2022). Urgensi Penguasaan Penerapan Variasi dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 1718–1726.

Setiyaningsih, S. (2020). Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 9(3), 144–149. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i3.39940

Triswati, D., Normawati, Marhum, A., & Rahman, A. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas 3 di SD Kecil Padat Karya Desa Ogorandu: Implementation of the Demonstration Method in Improving Student Activity in Islamic Religion Cla. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17, 39–43. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i1.2177

Wedyawati, N., Bony Fransiska, & Lusila Parida. (2024). Keterampilan Variasi Mengajar Guru Di Kelas IV Sekolah Dasar Nanga Dangkan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1), 26–34. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.1.3

Wesli, M., Nugroho, B. A., & Wahyuni, N. (2024). J-04 Hubungan Gaya Belajar Siswa dan Motivasi Belajar Siswa Kelas 9 SMP. 51–55.

Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433

Wiratama, R., Irawan, W. H., & Abdussakir, A. (2024). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6001–6006. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4659