PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif dengan materi sistem persamaan linear dua variabel untuk kelas VIII SMP Kristen Satya Wacana. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif yang dikembangkan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall, yang terdiri dari sepuluh tahap: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji coba lapangan pendahuluan, revisi produk utama, uji lapangan utama, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi . Penelitian dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu pada semester genap dan semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di SMP Kristen Satya Wacana. Data dikumpulkan melalui lembar validasi media dan materi, angket respon siswa, serta pretest dan posttest. Hasil validitas multimedia interaktif menurut ahli materi mencapai 82,2% dan ahli media 85,71%, yang menunjukkan hasil yang valid. Angket respon siswa menghasilkan skor 80%, yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif praktis digunakan. Keefektifan multimedia interaktif dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 8 poin, serta didukung oleh hasil signifikan < 0,05 yang menunjukkan efektivitas multimedia interaktif. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Andra, M., Wd, A., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L. D. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA UNTUK MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN. In Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya Edisi XXXV (Vol. 7, Issue 1).
Angraini, Y., Hardiansyah, F., & Kuswandi, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Vol. 8, Issue 2). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Darman, R. A. (2017). Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika V3.i2(73-87) 73 Diterbitkan Oleh Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Sumbar MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA TAHUN 2045 MELALUI PENDIDIKAN BERKUALITAS. Jurnal Edik Informatika. https://doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1320
Gusasi, N., Lukman, L., Jamaludin, J., Misnah, M., & Ratu, B. (2024). Pemanfaatan Multimedia dan Gaya Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Larobenu. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 71. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.605
Irawan, E., Kusumah, Y. S., & Saputri, V. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SCRATCH: SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA SOCIETY 5.0. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 36. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6226
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar (Junaidi). Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. In Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) (Vol. 2, Issue 1A). http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Lapengo, K. R., & Sumargiyani. (n.d.). INTERACTIVE MULTIMEDIA LEARNING BASED ADOBE FLASH ON THE SUBJECT OF SYSTEM OF LINEAR EQUATIONS IN TWO VARIABLES.
Lestari, M., Noviyla, D., & Ansyar, R. (2024). PERAN APLIKASI CANVA DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4, 172–181. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Mukhaiyar, R. (2019). PENGEMBANGAN TRAINER PROGRAMABLE LOGIC GONTROLLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI KOTA PAYAKUMBUH: Vol. V (Issue 1).
Mulyono, D., & Elly, A. (2023). E-Modul Interaktif Teori Bilangan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.20584
Setyaningsih, S., & Wahyudi, A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA.
Somba, G., Grace Maukar, M., Sulistyaningsih, M., Matematika, P., Matematika, F., Alam, I. P., Kebumian, D., & Manado, U. N. (2024). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.4026
Swara, G. Y. (2020). PEMANFAATAN VISUALISASI 3D PADA MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PENGENALAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH. Jurnal TEKNOIF, 8(1). https://doi.org/10.21063/JTIF.2020.V8.1
Syafira, S., & Ahmad, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran SAC (Smart Application Creator) dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD.
Telaumbanua, S. E., & Listiani, T. (2023). Penggunaan video pembelajaran dalam membantu pemahaman Konsep matematika siswa selama pembelajaran daring. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 2023.
Tunas, K. O., Daniel, R., & Pangkey, H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 06(04).
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Wulan, E. R., Rofiqoh, I., Saidah, Z. N., & Puspitasari, D. (2021). Fun with SPLDV: Multimedia Lectora Inspire Menguatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 83–98. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.83-98
Ziliwu, D., Novita Lase, S., Lase, P. E., Zega, I., Nias, U., Yos, J., Ujung, S., Ulu, O., Gunungsitoli, K., Gunungsitoli, K., & Utara, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 06(01), 4098–4105.