PROSES BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS HOTS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Berliana Wahyu Rishmawati
Sri Sutarni


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7607

Abstract


Mendeskripsikan proses siswa dalam berpikir kritis menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS dengan mempertimbangkan gaya belajar merupakan tujuan dari penelitian. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang melibatkan enam siswa sebagai subjek penelitian, dengan mengambil dua siswa pada setiap gaya belajar serta hasil penelitian diperoleh dari wawancara, angket gaya belajar, dan tes kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa siswa dari ketiga gaya belajar berbeda dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis HOTS memiliki kesamaan secara umum pada indikator interpretation dan analysis, serta memiliki perbedaan pada indikator evaluation dan inference. Siswa kinestetik dapat menunjukkan seluruh indikator berpikir kritis, siswa auditori hanya dapat mengemukakan indikator interpretation dan analysis, dan siswa visual secara maksimal hanya dapat menunjukkan indikator analysis dan evaluation.


Keywords


gaya belajar; masalah matematika HOTS; proses berpikir kritis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Anggraeni, D., & Ramlah. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 407–420. https://doi.org/10.31949/th.v7i1.3708

Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10621

Chislett, V., & Chapman, A. (2005). VAK tes questionnaire. https://www.businessballs.com/freepdfmaterials/vak_learning_styles_questionnaire.pdf

Elfiandi Rizaldi, Fauziah Anugrah, Nisvi Sya’bania Octiani, & Puji Febriana Islamia. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(6), 213–219. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i6.323

Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts 2020 Update. In Insight Assessment.

Faiziyah, N., & Priyambodho, B. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Metakognisi Siswa. AKSIOMA:Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2823–2835. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5918

Firdaus, N., & Rustina, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Ishartono, N., Faiziyah, N., Sutarni, S., Putri, A. B., Fatmasari, L. W. S., Sayuti, M., Rahmaniati, R., & Yunus, M. M. (2021). Visual, Auditory, and Kinesthetic Students: How They Solve PISA-Oriented Mathematics Problems? Journal of Physics: Conference Series, 1720(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012012

Kamila, A., & Ufa, N. T. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i2.1491

Kempirmase, F., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI SMA Negeri 10 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 21–24. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/1610

Mulyawati, M. S., & US, S. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(3), 243–249. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i3.2425

Nisa, S. R., Utami, N. S., & Khotimah, R. P. (2025). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Materi SPLDV. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 544–559. https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.7332

Pebianto, A., Gunawan, G., Yohana, R., & Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahi pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Journal on Education, 01(03), 9–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.109

Rokhimah, S., & Rejeki, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar pada Pembelajaran dengan Model 4K. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.1-13

Rosarina, M., Zaki, M., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Matematika, 04(1), 284–291. https://ejurnalunsam.id/index.php/JDM

Rusminati, S. H., & Styanada, G. E. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Berbasis HOTS Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 408–412.

Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3222–3238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.828

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Setyawati, A., Rosyidah, U., & Astuti, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Quantum Learning Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Educatio, 8(1), 313–319. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1869

Singh, L., Govil, P., & Rani, R. (2015). Learning Style Preferences Among Secondary School Students. International Journal of Recent Scientific Research, 6(5), 3924–3928. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36377.72803

Wasqita, R., Rahardi, R., & Muksar, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Belajar. 11(2), 1501–1513. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5029

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2415