DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Tri Ratna Sari
Neni Mariana
Tatag Yuli Eko Siswono


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7613

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar melalui kajian literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sistematis terhadap berbagai artikel ilmiah, jurnal, dan penelitian terdahulu yang membahas implementasi AR dalam pembelajaran matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan AR dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, terutama dalam materi yang bersifat abstrak seperti geometri dan bangun ruang. Selain itu, AR juga terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif siswa, serta keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan infrastruktur, kesiapan tenaga pendidik, serta keterjangkauan teknologi di lingkungan sekolah dasar. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk sekolah, guru, dan pengembang teknologi, agar AR dapat diimplementasikan secara efektif dan memberikan manfaat maksimal dalam pembelajaran matematika. Dengan strategi yang tepat, AR berpotensi menjadi inovasi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Keywords


Augmented Reality (AR); pembelajaran matematika; keterlibatan siswa; berpikir kritis; pemecahan masalah.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Apriza, B., Suprapto, I., & Mahendra, Y. (2024). The Influence of Augmented Reality-Based Learning Media on the Understanding of Mathematical Concepts in Elementary School Children. West Science Interdisciplinary Studies. https://doi.org/10.58812/wsis.v2i03.694

Apriza, B., Suprapto, I., & Mahendra, Y. (2024). The Influence of Augmented Reality-Based Learning Media on the Understanding of Mathematical Concepts in Elementary School Children. West Science Interdisciplinary Studies. https://doi.org/10.58812/wsis.v2i03.694

Dinarti, S. (2024). Pengaruh Alat Peraga Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 5(1), 9–18.

Ermawati, D., Riswari, L. A., Wijayanti, E., Prameswari, A., & Lathif, M. I. A. (2024). Pengaruh Media Mabarung Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Matematis Siswa SD. Scientia, 3(2).

Hadi, H., & Zahrani, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Geometri Dan Aritmatika Sosial Siswa Kelas V Menggunakan Media Augmented Reality. Renjana Pendidikan Dasar, 4(2), 135–141.

Hamzah, M. A. I., Alhusna, E., Ni’mah, M., Rahaju, E. B., & Wahyu, S. (2024). Penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi segitiga. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3943–3953.

Husnaidi, H. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG. Journal of Professional Elementary Education, 2(2), 281–288.

Indrayati, H., Handayani, R., & Hawazi, D. (2024). PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERPENDEKATAN TaRL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Renjana Pendidikan Dasar, 4(2), 91–100.

Jannah, R., & Oktaviani, R. N. (2022). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap kemampuan literasi numerasi digital pada pembelajaran matematika materi penyajian data kelas V MI At-Taufiq. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 123–138.

Johnson, E. T., & McNeal, K. S. (2022). Student perspectives of the spatial thinking components embedded in a topographic map activity using an augmented-reality sandbox. Journal of Geoscience Education, 70(1), 13–24.

https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10899995.2021.1969862

Joylitha, R. U., Agusdianita, N., & Lusa, H. (2024). Pengaruh Media Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 10–15.

Kamalia, A., & Rahmadhar, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 362–371.

Kuncoro, K., Kusumah, Y., Suryadi, D., Juandi, D., & Jupri, A. (2024). Augmented Reality for Supporting Student’s Engagement in Mathematics Education: A Systematic Literature Review. The Eurasia Proceedings of Educational and Social Sciences. https://doi.org/10.55549/epess.797

Kusuma, A. S., Setiadi, D., & Handayani, B. S. (2023). Pengembangan Instrumen Questioning Skills Berdasarkan Domain Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Untuk Evaluasi Kemampuan Bertanya Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2668–2680.

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Lestyono, E. F., Solihin, A., Rachmadyanti, P., Kristanto, A., & Dwinata, A. (2024). Leveraging Google Maps and Generative AI for Geography Education: Insights for Special Needs Students. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.70437/educative.v2i3.725

Nafian, M. (2024). Development of Augmented Reality Media to Grow Numerical Literacy of Elementary School Students. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia. https://doi.org/10.70177/ijeep.v1i3.947

Nurkarim, A. W., Qonita, W., & Isroil, A. (2024). Skala Kecemasan Matematika Siswa: Ukuran Gejala Fisiologis, Psikologis, Perilaku, dan Kognitif Matematika. Sains Data Jurnal Studi Matematika dan Teknologi, 1(2), 60–68.

Putra, G. M. C. (2024). Development of augmented reality media based on Assemblr Edu to enhance the learning outcomes. Research and Development in Education (RaDEn), 4(2), 924–939.

Setiawati, F., & Zainil, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 2(5), 159–171.

Sholehah, R., Wachid, N., & Majid, A. (2024). The Effectiveness of Augmented Reality Technology in Mathematics: A Case Study of SMP Al Azhar Plus Bogor. In Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI. https://doi.org/10.23887/janapati.v13i2.74582

Wijayanti, R., & Rachmawati, R. (2021). Pengaruh Acak Efektivitas Penggunaan Perangkat Matematika Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3(2), 162–171.